Wisata Ke Situ Bagendit Garut Jawa Barat.

Situ Bagendit merupakan objek wisata alam berupa danau dengan batas administrasi disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti. Jarak Situ Bagendit dari kota Garut ke objek wisata sekitar 4 KM. Untuk menuju kesana bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Situ Bagendit merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer di Garut selain Darajat pass,Talaga Bodas,Kampung sampireun,Gunung Guntur dll. Beberapa waktu lalu situ Bagendit ini pernah dikunjungi oleh Bapak Presiden dan Gubernur Jawa barat. Dan informasi terbaru adalah objek wisata Situ Bagendit akan di revitalisasi.

Sedangkan saya dulu pergi ke objek wisata tersebut menggunakan sepeda motor karena jarak dari rumah cukup dekat. Berangkat dari desa Sukalaksana,Kec Sucinaraja-Garut,waktu tempuh sekitar 30 menit ke lokasi objek wisata. Aktifitas wisata yang bisa dinikmati disana adalah melihat pemandangan alam,mengelilingi Situ Bagendit menggunakan rakit atau perahu. Persiapan khusus tidak ada yang saya siapkan hanya sejumlah uang saja.

Berangkat dari rumah sekitar jam sembilan pagi,udara di daerah Garut masih segar dan selama di perjalanan cukup menyenangkan. Melihat pemandanagan hamparan sawah.

Fasilitas dan Keindahan Objek Wisata

Sampai nya di tempat objek wisata, lahan parkir cukup luas sehingga pengunjung tidak perlu khawatir parkir kan kendaraan. Masuk dan membeli tiket per orang yang masih terjangkau.

Setelah masuk ke objek wisata Situ Bagendit Saya langsung ingin segera berkeliling Situ Bagendit menggunakan perahu yang bisa di sewa disana. Biaya sewa perahu bebek kayuh sekitar Rp20.000 saja per berapa menit sekali. Jika sudah selesai nanti juga akan dipanggil oleh pemilih perahu tersebut untuk bergiliran dengan pengunjung lainnya.

Sambil menggunakan perahu tersebut saya menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Setelah selesai Saya perut mulai keroncongan saatnya cari makanan. Tenang saja disana banyak ko penjual makanan berat ataupun sekedar kudapan,yang berjualan mie bakso juga ada. Fasilitas umum selain penjual makanan juga tersedia seperti Mushola dan toilet juga.

Ingin pulang bawa oleh-oleh tenang saja di dalam objek wisata situ bagendit terdapat tempat membeli berbagai oleh-oleh yang bisa Anda beli disana. Baik itu makanan atau pernak pernik khas Garut. Selain itu setahu saya selain situ,juga tersedia kolam renang bagi Anda yang akan berenang. Namun Saya sendiri tidak masuk ke kolam renang di sana karena memang tidak ada rencana berenang. Cukup jalan-jalan,menikmati hawa sejuk dan naik perahu bebek,makan dan jalan-jalan.

Mitos Situ Bagendit

Situ Bagendit ini juga memiliki kisah terbentuknya situ atau danau ini, seperti halnya gunung Tangkuban Perahu yang terbentuknya gunung tersebut dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang. Konon kisah terbentuknya Situ Bagendit ini adalah dikarenakan pada jaman dulu hidup seorang wanita namanya Nyi Endit ( Pelit). Ada seorang pengemis datang,tidak dikasih apa-apa oleh Nyi Endit , lalau Pengemis tersebut menancapkan tongkat di depan rumahnya. Setelah satu desa berusaha mencabut tongkat tersebut tidak berhasil. Lalu datanglah pengemis tadi mencabutnya dan keluar air rumah beserta Nyi Endit tenggelam tidak terselamatkan. Makanya disebut situ Bagendit atau Danau Bagendit.

Wisata lokal seperti Situ Bagendit biasanya cukup ramai ketika libur panjang seperti libur lebaran, akhir pekan dan liburan lainnya. Jadi mungkin harus ada persiapan eksatra sabar jika akan ke sanan ada kemungkinan macet biasanya.

Tinggalkan Balasan