Tips Mencari Kerja di PT atau Pabrik Dengan Cepat.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tips mencari kerja di PT atau Pabrik. Kerja di pabrik memang jadi opsi terbaik untuk untuk Anda yang tidak melanjutkan kuliah setelah lulus sekolah. Kenapa? karena Keunggulan kerja di pabrik menurut Saya adalah jam kerja yang tatap serta biasanya gaji sudah UMK serta ada tunjangan lainnya. Walaupun belum semua pabrik sudah bergaji UMK tetap pabrik menjadi incaran para pencari kerja.

Namun mendapatkan pekerjaan di pabrik tidak lah mudah karena beberapa fakor. Misalnya karena tidak sebanding dengan angkatan kerja dengan lowongan kerja tersedia. Sehingga mengakibatkan kompetisi di antara pencari kerja dan menambah sulit cari kerja di PT.

Dalam hal kompetisi mencari kerja di pabrik tersebut bagus,jika persaingan persaingan dapat kerja di PT secara jujur. Tapi terkadang ada saja yang tidak jujur misalnya adanya penyuapan alias harus nyogok istilahnya.

Lah, kita tujuannya mencari uang dengan bekerja,bukan nya mengeluarkan uang untuk mencari kerja,bukan.

Terkadang kalau kurang beruntung dapat kerja tidak uang hilang oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu kita harus hati-hati dengan modus penipuan lowongan kerja tapi harus bayar sejumlah uang,biasanya penipuan.

Lalu bagai mana cara Mencari Kerja di PT atau Pabrik dengan benar dan cepat?. Jawabannya saya akan uraikan di bawah ya,tapi perlu di ingat tips yang akan di sampaikan tidak menjamin 100% langsung dapatkan kerja dengan cepat. Tapi setidaknya akan lebih efektif dalam hemat waktu.

Tips Mencari Kerja di PT atau Pabrik

  1. Melamar di tempat resmi seperti di Depnaker atau di sekolah yang ada BKK (bursa khusus kerja). Di beberapa kantor Depnaker biasanya tersedia infromasi lowongan kerja sekaligus jadwal tes untuk PT tersebut. Untuk Anda yang lulusan SMK biasanya tersedia BKK khusus. Persaingan pasti ada namun kalau sudah rejeki nya pasti tak akan kemana. Perbanyak doa dan ikhtiar misalnya beli buku contoh soal-soal test untuk kerja atau bisa search di internet.
  2. Jika melamar di Depnaker atau di BKK sulit coba Melamar ke Yayasan penyalur kerja yang penempatan nya di PT atau Pabrik. Tips di nomor satu biasaya pelamar banyak banget, tidak salahnya melamar melalui Yayasan penyalur kerja. Jangan alergi dengan yayasan penyalur kerja ya,karena penyalur kerja yang betul, itu tidak motong gaji kita loh. Saya dulu lewat Yayasan penyalur kerja, sampai bisa dapat kerja di PT. Tanpa uang alias nyogok di terima di PT nya langsung kerja dan gaji full tanpa di potong yayasan. Hanya bayar untuk tes awal saja sekitar Rp25.000.
  3. Coba melamar via online misalnya lewat jobstreet.com dan sejenisnya. Manfaatkan kemajuan teknologi termasuk untuk melamar pekerjaan. Tidak sedikit orang yang mendapatkan pekerjaan di Pt melalui melamar online. Perlu diketahui bahwa sekarang menurut saya sangat jarang PT yang membuka lowongan secara terbuka untuk pendidikan SMA sederajat. Maksudnya di tempel lewat pengumuman gitu Tapi sudah online. Apalagi pendidikan Anda D3 keatas kesempatan lebih besar.
  4. Hubungi teman,saudara atau kenalan ini juga tips yang akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat di PT. Siapa tahu ada lowongan di tempat kerja teman,saudara atau pun kenalan dari situ bisa dapat kerja di PT.
  5. Bertanya di grup pencari kerja di media sosial,tapi tetap harus hati hati terhadap penipuan ya.
  6. Manfaatkan fresh graduate atau baru lulusan,misalnya Anda baru lulusan SMA sederajat ini adalah nilai plus. Segera melamar ke perusahaan yang bagus sekalian. kenapa?. Karena setahu saya penerimaan usia untuk Sma sederajat tidak lebih dari 22-23 tahun. Contoh PT yang bagus berbagai perusahaan otomotif dll. Jangan sampai leha-leha sudah usia lewat baru menyesal. Cara menemukan atau cara melamar bisa di search di internet.
  7. Jaga kesehatan dan kerapihan,ini juga termasuk salah satu sukses untuk mendapatkan pekerjaan di PT. Di beberapa perusahaan ada tes fisik nya jadi jangan sampai gagal pada saat tes tersebut yaitu dengan cara menjaga kesehatan badan walau sedang menganggur. Jaga kerapihan misalnya jangan pakai tato atau tindik untuk laki-laki karena ada sebagian perusahaan yang tidak boleh demikian.

Itu tadi 7 tips cara Mencari Kerja di PT atau Pabrik yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda. Sebetunya masih ada satu cara lagi untu mendapatkan pekerjaan di PT.

Yaitu mencari langsung ke kawasan Industri namun menurut saya itu sudah sulit,karena jarang sekali PT buka loker langsung si PT nya. Mungkin karena akan mengakibatkan terganggu nya proses produksi.

Dan hal itu yang saya lakukan dulu sehingga waktu kurang efektif tidak tahu bagai mana cara melamar kerja di PT. Muter-muter di area kawasan namun hasilnya nihil.

Baca juga: Berbagi Pengalaman Cara mendapatkan Pekerjaan

Dan Juga : Cara menghilangkan Jenuh Bekerja di pabrik.

Tinggalkan Balasan