Tips Membuat Penulisan yang Luar Biasa untuk SEO Friendly!
Photo by Pixabay on Pexels.com

Tips Membuat Penulisan yang Luar Biasa untuk SEO Friendly!

  • Post author:
  • Post category:Blog
  • Post comments:0 Comments

Pembuatan artikel atau konten artikel pada suatu website tidak bisa dilakukan sembarangan dalam mengaplikasikannya, karena akan berpengaruh pula pada kredibilitas konten nantinya. Perlu adanya penyegaran dalam hal penulisan artikel salah satunya dengan membuat tulisan yang SEO Friendly.

Sudah banyak blogger atau penulis yang mengetahui cara menulis artikel yang baik dan benar, namun sayangnya belum banyak yang mengetahui cara menulis artikel yang SEO Friendly. Meskipun banyak tips yang bertebaran di internet tentang cara menulis artikel SEO Friendly, namun tidak semuanya diterapkan, nyatanya ada beberapa tips yang tidak up to date atau out of date dengan perkembangan algoritma saat ini di Indonesia. Mesin pencari Google.

Agar anda tidak salah dalam menulis artikel, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan penulisan artikel SEO Friendly? Apa yang bisa dilakukan untuk membuat postingan yang SEO Friendly? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Penulisan SEO Friendly?

Website perusahaan bisa dikatakan stabil atau konsisten jika isinya SEO Friendly. SEO Friendly merupakan langkah yang bisa diambil agar konten artikel bisa masuk rangking teratas di hasil mesin pencari Google dan juga bisa meningkatkan trafik website perusahaan. Dimana secara umum SEO Friendly merupakan salah satu cara agar konten menjadi konten yang paling banyak diakses oleh pengunjung.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti pengoptimalan mesin pencari. SEO merupakan salah satu teknik pemasaran online yang paling banyak digunakan oleh para blogger. Jadi bisa dikatakan tulisan yang SEO friendly adalah tulisan yang SEO friendly.

Indikator Penulisan SEO Friendly

Ternyata ada berbagai indikator atau penanda yang bisa membuat sebuah artikel menulis SEO friendly. Indikator yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Riset Kata Kunci

Jika Anda ingin meningkatkan trafik pengunjung website yang bisa dilakukan melalui kolom pencarian di mesin pencari Google, Anda bisa melakukan observasi kata kunci sebelum mulai menulis.

Dengan melakukan observasi terlebih dahulu, dapat dipastikan tulisan Anda akan lebih fokus pada kata kunci yang Anda targetkan. Karena semakin sering suatu kata kunci dibahas di berbagai media sosial, maka konten yang Anda tulis kemungkinan besar akan banyak diakses oleh pengunjung.

Optimasi Kata Kunci

Untuk mengoptimalkan kata kunci dalam konten atau tulisan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu di mana dan bagaimana menggunakan kata kunci yang paling tepat untuk membuat konten.

Mengatur Konten

Membuat konten di website tentunya harus diatur dengan sangat baik. Tidak hanya digunakan untuk SEO, tetapi konten harus dapat membantu pengunjung website dengan mudah menemukan konten terkait. Jadi bisa dikatakan semakin lama seseorang mengunjungi website Anda, semakin baik pula performa konten yang Anda buat.

Melakukan Pemasaran Konten

Dalam melakukan pemasaran konten, tentunya yang bisa Anda lakukan adalah berbagi di berbagai media sosial dengan menyematkan backlink yang akan terhubung dengan konten baru yang Anda buat.

Menulis artikel yang SEO friendly merupakan salah satu strategi pemasaran kualitas terbaik yang digunakan oleh blogger untuk meningkatkan jumlah pengunjung website.

Selain itu Search Engine Optimization mampu memberikan efek yang sangat besar jika dibandingkan dengan strategi optimasi pada umumnya, salah satunya adalah melalui media sosial. Lalu bagaimana cara membuat tulisan yang SEO friendly? Berikut beberapa tipsnya, perhatikan baik-baik.

Prioritaskan Pengalaman Pengguna

Saat mengarang kata dalam konten atau tulisan, pernahkah Anda mengalami kebingungan? Entah bingung karena sudah menggunakan struktur tulisan menggunakan kaidah SEO yang benar tetapi kurang nyaman dibaca atau sudah membuat tulisan menarik tetapi sia-sia karena tidak ditemukan oleh pengunjung di mesin pencari.

Kalau sudah seperti itu, mana yang akan kamu prioritaskan dulu? Mimin menyarankan agar Anda memprioritaskan pengalaman pengguna atau pengalaman pengguna di atas yang lain. Karena selain tulisan yang bisa dinikmati oleh pembaca yang sesuai dengan prinsip SEO yang ada juga bisa mendatangkan penjualan dengan keuntungan yang besar.

Dengan mengaplikasikan pengalaman pengguna dalam menulis, diharapkan Anda dapat menyajikan artikel di website yang lebih berkualitas dengan selalu menempatkan pembaca sebagai salah satu target utama. Karena sebagus apa pun Anda menulis Artikel, jika Anda tidak memperhatikan pengalaman pengguna, Anda dapat yakin bahwa pesan yang ingin Anda sampaikan di konten tidak akan ada gunanya.

Mengukur Kata Kunci yang Tepat

Saat Anda ingin menulis artikel, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan kata kunci yang tepat untuk tulisan Anda. Menentukan kata kunci yang tepat juga tidak bisa sembarangan, Anda perlu memperhitungkan kata kunci berdasarkan jumlah pencarian di mesin pencari dan juga jumlah persaingan yang ada.

Jika website Anda sudah memiliki kekuatan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority), memasukkan kata kunci dengan jumlah pencarian yang banyak tidak akan menimbulkan masalah yang berarti. Namun, apa yang menjadi masalah jika Anda menulis konten dengan jumlah pencarian yang banyak, namun nyatanya umur website Anda masih setua jagung. Akibatnya, situs web Anda akan hilang seiring waktu.

Sebagai referensi untuk mencari kata kunci yang tepat, Anda dapat menggunakan beberapa tools seperti Ubersuggest, Keyword Sheeter, Google Trends dan lain sebagainya.

Buat Judul Yang Berisi Kata Kunci Target

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat menulis artikel adalah Anda harus menentukan judul yang tepat untuk tulisan Anda. Karena judul artikel merupakan elemen utama yang di-crawl oleh Google untuk menentukan topik suatu postingan. Sehingga pemberian kata kunci pada judul artikel akan memudahkan Google dalam membaca tema postingan Anda.

Oleh karena itu, penempatan kata kunci yang baik untuk Anda lakukan adalah di awal judul kata tulisan Anda. Namun hal ini tidak menjadi keharusan, karena Anda juga harus menyesuaikan judul secara keseluruhan agar tetap nyaman saat membaca dan bisa mengundang orang untuk mengklik artikel Anda.

Perhatikan jumlah kata dan jumlah kata kunci

Dalam menulis artikel, anda juga harus memperhatikan jumlah kata dan banyaknya kata kunci yang anda masukkan dalam tulisan anda. Semakin banyak dan mendalam artikel yang Anda buat, semakin baik rangkingnya di mesin pencari Google.

Artikel yang memiliki jumlah kata yang banyak dan mendalam artinya artikel yang tidak hanya panjangnya jumlah kata per kata, tetapi juga dapat mencakup topik artikel secara lengkap dan menyeluruh.

Idealnya jumlah kata terbaik dalam menulis dan direkomendasikan untuk SEO adalah antara 600 dan 800 kata. Tetapi jika Anda ingin tulisan Anda masuk ke peringkat tertinggi di mesin pencari Google, maka Anda perlu menulis artikel pilar. Dimana jumlah kata dalam artikel pilar minimal 2000 hingga 10.000 kata.

Dan untuk jumlah kata kunci yang termasuk dalam artikel Anda harus menyesuaikannya. Anda tidak bisa sembarangan memasukkan kata kunci sembarangan, seperti saran mimin tadi, Anda harus mengamati dulu kata kunci yang tepat yang Anda masukkan ke dalam artikel Anda.

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta yang suka juga dengan teknologi internet. Blog ini merupakan media saya berbagi Pengalaman dan informasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda

Tinggalkan Balasan