Categories
Buat Dokumen

Smart SIM Dengan Manfaat Lebih Banyak Salah Satunya Adalah Bisa Menjadi E Money.

Sebelum ke smart SIM Di kutip dari wikipedia Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan.

Itu tadi pengertian dari SIM secara resminya yang Saya kutip dari wikipedia. Dengan mempunyai Sim tersebut Kita dengan tenang mengendari kendaraan karena sudah mengikuti aturan yang berlaku. Sementara bentuknya mirip seukuran E ktp cukup buat di dompet. Sementara fungsi Sim lama funsinya lebih terbatas di bandingkan Smart SIM.

Dan sekarang ada info terbaru seputar SIM yang saya rangkum dari berita online yaitu hadirnya smart SIM. SIM pintar ini adalah surat ijin mengemudi terbaru yang merupakan terobosan polri dalam bidang informasi teknologi (IT). SIM tersebut merupakan perpaduan antara perubahan fisik dan data Chips dalam bentuk SIM dengan memberdayakan teknologi secara terpusat dan terpadu.

Kapan pertama kali Smart SIM ini di luncurkan? Sim ini di luncurkan pertama kali di jakarta 22 september 2019. Setelah itu mungkin akan disusul dengan daerah-daerah lainnya. Mungkin yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apa perbedaannya dengan SIM yang lama?. Perbedaannya yang saya baca-baca di internet adalah dari segi fisik dan secara fungsi dari SIM tersebut. Dalam SIM terbaru terdapat chips canggih yang di dalamnya tersimpan data forensik kepolisian dan pelanggaran lalu lintas pengendara.

Smart SIM Bisa Berfungsi Sebagai E-money

Selain itu Smart SIM ini bisa berfungsi sebagai uang elektronik atau e-maoney. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan untuk mengisi saldonya sementara bisa melalui bank BNI danBRI. SIM terbaru ini bisa diisi saldo maksimal dua juta rupiah. Saldo uang elektronik tersebut bisa digunakan untuk membayar Toll,KRL,belanja yang ada EDC nya hingga untuk bayar denda tilang.

Tentang cara pembuatan Smart SIM ini adalah melalui online nanti jika Saya ada pengalaman akan dishare di sini. Sedangkan untuk pengguna lama tidak harus buru-buru ganti dengan SIM ini tunggu saja sampai habis masa berlaku SIM yang lama nanti akan diganti dengan SIM yang baru.

Baca juga: Berbagi pengalaman perpanjangan SIM.

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *