Sate Bandeng, Oleh-Oleh Khas Banten Yang Wajib Anda Cicip

Sate Bandeng, Oleh-Oleh Khas Banten Yang Wajib Anda Cicip

Sate Bandeng, Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Anda Cicip


Sate Bandeng, Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Anda Cicipi – Anda sedang berkunjung ke Banten? Namun bingung mau membawa pulang oleh-oleh apa? Nah, jika Anda penyuka kuliner tidak ada salahnya mencoba salah satu kuliner khas Banten, sate bandeng. Sate Bandeng ini nikmat disantap diberbagai momen seperti momen kumpul keluarga, momen hari raya, ataupun jika disantap sendiri.

Sate Bandeng juga termasuk kuliner unik. Jika biasanya sate menggunakan daging atau jeroan ayam, sapi, atau kambing, sate spesial ini malah menggunakan ikan bandeng sebagai bahan utamanya.

Pengolahanya dan penyajianya juga tak kalah unik karena duri halus pada ikan bandeng sudah disisihkan dengan cara dipukul dan dicabut. Untuk Anda yang biasanya enggan menyicipi sajian ikan bandeng karena tidak mau kerepotan memisahkan duri dari daging ikan, sate bandeng ini bisa jadi pilihan Anda karena Anda bisa menyantapnya secara langsung. Selain itu, sajian bandeng tanpa duri atau tulang membuat sate bandeng ini bisa dinikmati segala usia.

Sate Bandeng ini juga sarat dengan historinya. Pada zaman dahulu, sate bandeng merupakan sajian makanan khas Kesultanan Banten.

Kenikmatan Rasanya

Soal rasa beuh, tidak usah ditanya lagi. Lembutnya daging ikan berpadu dengan rempah khas nusantara membuat rasanya sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Penyajianya dengan cara dibakar membuat aroma harum dari rempah yang dipadukan dengan ikan ‘menyerbak’ keluar menambah kelezatan dari rasa sate bandeng ini.

Baca juga : Aneka Kue Kering Khas Betawi

Ditambah lagi, seiring dengan perkembangan zaman, sate bandeng kini bisa dinikmati menyesuaikan selera Anda. Jika Anda suka makanan pedas, Anda bisa memesan sate bandeng dengan tambahan cabai sebagai bumbu pelengkap. Sajian sate bandeng ini nikmat disantap dengan nasi panas.

Tempat Menjumpai Restoran atau Warung Makan Sate Bandeng

Anda bisa menemukan sajian kuliner ini berbagai tempat di Provinsi Banten. Namun, lumrahnya sajian kuliner sate bandeng ini banyak dijumpai di Serang Banten terutama di daerah utara Serang yang dekat dengan laut dan banyak ditemukan tambak bandeng disana. 

Di Serang Banten, Anda bisa menemukan sajian sate bandeng dipajang di etalase kaca oleh pedagang. Hal ini bertujuan untuk membuat sate bandeng bisa lebih bertahan lama dikarenakan kondisi etalase kaca yang kedap udara.

Selain itu Anda juga bisa melihat variasi lain dari sate bandeng selain dengan cara dibakar seperti digoreng, dipanggang, dipanaskan dengan microwave, hingga dikukus. Tidak hanya sate bandeng, Anda juga bisa menemukan olahan lain ikan bandeng yang disajikan warung makan di banten seperti pecak banten.

Membuat Sate Bandeng Lebih Tahan Lama

Sebagai makanan basah, normalnya sate bandeng hanya bisa bertahan satu hari dalam suhu ruangan dan bisa bertahan lebih lama lagi bahkan sampai tiga hari jika dimasukan ke dalam lemari pendingin. Lalu bagaimana jika Anda ingin membawa kenikmatan sate bandeng ini ke rumah Anda alias dijadikan buah tangan? Anda tidak perlu risau, semua permasalahan ini bisa diselesaikan dengan kemajuan teknologi.

Di zaman yang modern ini, Anda bisa mendapati sate bandeng dengan kemasan kedap udara yang menggunakan teknik vacum packing. Vacum Packing, atau pengemasan vakum adalah metode pengemasan dengan cara makanan atau bahan makanan dimasukan ke dalam plastik khusus, setelah itu udara didalam kemasan di keluarkan dengan mesin, kemudian disegel dengan rapat dengan sealer panas. Diharapkan dengan menggunakan teknik pengemasan ini, sate bandeng bisa bertahan lebih lama lagi. Selama kemasan tidak bocor atau rusak, sate bandeng ini bisa disimpan selama tiga sampai enam hari.

Tempat Menjual Oleh-Oleh Sate Bandeng

Jika Anda ingin membawa sate bandeng sebagai oleh-oleh, Anda bisa mencarinya di sentral oleh-oleh khas banten yang tersebar di banyak daerah di Provinsi Banten. Tidak hanya di toko oleh-oleh, Anda bisa menjumpai sajian sate bandeng khas Banten ini di supermarket, khususnya di supermarket-supermarket yang berada di Banten.

Baca juga : Makanan Khas Betawi Yang Hampir Punah

Jika Anda ingin menikmati sajian ini tanpa perlu repot-repot mengunjungi Provinsi Banten, Anda bisa memesannya secara online. Anda bisa menjumpai banyak toko online yang menjual sajian kuliner sate bandeng ini. Namun, jika Anda memesan secara online, Anda harus menanggung risikonya karena sajian sate bandeng ini merupakan makanan basah. Banyak hal yang harus diperhatikan seperti pengemasan, kurir, maupun kedekatan lokasi seller dengan lokasi Anda supaya barang yang datang dalam kondisi sangat baik.

Harga Sate Bandeng

Setelah membaca uraian yang cukup panjang ini, mungkin  inilah dia saat yang ditunggu-tunggu oleh Anda. Tenang saja, Anda masih bisa menikmati sajian khas kerajaan ini dengan harga yang cukup ekonomis. Anda bisa menikmati sajian kuliner sate bandeng ini dengan harga dimulai dari Rp. 30.000,00-an untuk satu porsi. Harga mungkin bervariasi antara Rp. 30.000,00-an sampai Rp. 60.000,00-an tergantung dengan tempat Anda memesan, variasi yang Anda pesan, kualitas bahan serta pengolahan sate bandeng pilihan Anda.

Mungkin sampai saja ulasan yang cukup panjang tentang oleh-oleh khas Banten, sate bandeng. Jika Anda mengunjungi suatu daerah memang tidak lengkap jika tidak mencicipi masakan khas daerah tersebut. Anda juga bisa menjadikan makanan khas ini sebagai oleh-oleh untuk kemudian disantap bersama keluarga atau teman-teman Anda di rumah.

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta yang suka juga dengan teknologi internet. Blog ini merupakan media saya berbagi Pengalaman dan informasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda

Tinggalkan Balasan