Resep Masakan Sate Bandeng Khas Banten

Resep Masakan Sate Bandeng Khas Banten

Resep Masakan Sate Bandeng Khas Banten – Sate Bandeng adalah makanan khas provinsi Banten yang sangat banyak peminatnya, baik di provinsi Banten maupun di kota lain.

Resep Masakan Sate Bandeng Khas Banten

Berbeda dengan sate pada umumnya yang biasanya menggunakan daging kambing dan ayam tetapi sate Bandeng ini menggunakan bahan pokok daging ikan bandeng, yang dimana daging ikan bandeng di pisahkan dari kulit & duri.

Baca juga Makanan Khas Betawi Yang Hampir Punah

Untuk bahan bahan membuat sate bandeng, sebagai berikut

Resep Masakan Sate Bandeng Khas Banten

Bahan Bahan

  1. 2 Ikan Bandeng (masing-masing 500gram)
  2. 50gram kelapa parut, sangrai
  3. 1 Sendok Teh garam
  4. 1 Sendok Teh Aji-No-Moto®
  5. 1/2 Sendok Makan Air Asam
  6. 2 Butir telor (yang sudah di kocok)
  7. 100 ml santan kental
  8. 2 Sendok makan minyak (untuk menumis)
  9. Daun pisang untuk membungkus
  10. Bambu untuk menjepit

Bahan Rempah rempah

  1. 4 Buah cabai keriting
  2. 1/2 Sendok teh Ketumbar
  3. 1/2 Sendok teh Jintan
  4. 1 buah jahe kecil (ukuran 1 Cm)
  5. 1 buah Lengkuas kecil (ukuran 1 Cm)
  6. 1 buah Kunyit kecil (ukuran 1 Cm dan dibakar)
  7. 7 Siung bawang merah
  8. 4 Siung bawang putih

Cara Memasak Sate Bandeng Khas Banten

  1. Bersihkan ikan bandeng dari kotoran melalui lehernya, pukul pelan-pelan tubuh ikan bandeng sampai lunak, jika dirasa sudah lunak keluarkan daging dan tulang nya melalui bagian ekor, sambil di tekan bagian dalam ikan.
  2. Ketika bagian dalam ikan berada di luar, bersihkan kulit ikan bagian dalam dari dagingnya dengan cara di kerok bagian yang ada daging.
  3. Hasil kerokan ikan bandeng dimasak hingga berubah warna, angkat dan dinginkan. Cabut duri-duri kecilnya, setelah di bersihkan dari duri sekarang haluskan daging ikan dengan menggunakan Blander.
  4. Panaskan santan kental, ketika sudah mendidih matikan api dan ambil bagian santan yang mengambang, masukan kelapa sangrai, gula merah yang sudah di iris-iris, garam, ketumbar, jinten, jahe, lengkuas, kunyit, bawang goreng yang sudah di haluskan dan 10 Sendok makan santan kental. 
  5. Setelah semua teraduk rata masukan telor satu per satu kedalam adonan dan aduk sampai rata kembali. Kemudian masukan adonan kembali di sarung ikan dan bungkus dengan daun pisang.
  6. Kemudian kukus selama 15 menit, dan panggang kukusan ikan bandeng tadi jangan lupa untuk di bolak balik hingga kering.
  7. Memanglah harus sabar untuk membuat sate bandeng, jangan sampai gosong.
  8. Potong-potong ikan bandeng tadi dan jadikan sate. Dan berikut adalah penampakan sate bandeng khas Provinsi Banten
Resep Masakan Sate Bandeng Khas Banten

Perlu ketelatan dan kesabaran dalam membuat Sate Bandeng, jika tidak ikan bandeng akan gosong dan rasanya akan aneh di mulut.
Mungkin segitu aja dulu, semoga Resep Masakan Sate Bandeng Khas Banten ini bisa menjadi inspirasi  bagi kamu yang ingin mencoba membuat.

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta yang suka juga dengan teknologi internet. Blog ini merupakan media saya berbagi Pengalaman dan informasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda

Tinggalkan Balasan