Categories
Buat Dokumen

Perpanjang SIM C di Karawang.

SIM atu surat izin mengemudi seperti kita ketahui ada masa berlakunya yakni selama lima tahun. Sebelum masa berlakunya habis disarankan agar cepat-cepat mengurusnya karena jika sudah terlewat maka nanti harus buat SIM baru lagi. Perpanjang masa berlaku SIM ,Anda dapat pergi ke Polres setempat atau SIM keliling. Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana memperpanjang SIM C di Karawang.

Tapi Ktp berbeda domisili masih dalam satu provinsi yaitu Jawa Barat. Lebih tepatnya waktu itu Saya perpanjang SIM C di Karawang sementara alamat pembuatan SIM di Garut. Untuk daerah lain saya kurang tahu pasti bisa atau tidaknya, misalnya jika Anda dari Jawa Tengah atau dari Jawa Timur ,bisa atau tidak perpanjang SIM di Polres Karawang.

Tapi sepertinya bisa jika membaca dari berita online liputan6.com yang berjudul kini perpanjangan SIM bisa dimana saja begini caranya. Jika ingin lebih jelas bisa ditanyakan langsung ke petugas SATPAS Polres Karawang.

Lanjut ke cerita saya tadi ,pertama-tama saya mencoba untuk perpanjang SIM C di Technomart Karawang. Namun setelah saya sampai disana dan menanyakan ke Petugas bagian SIM Outlet memberitahu bahwa tidak bisa perpanjang SIM dengan berbeda domisili, jadi disana khusus melayani lokal saja. Informasi bagusnya dari  petugas disana ialah memberitahukan bahwa masih bisa perpanjang SIM walaupun berbeda domisili dengan langsung ke Polres Karawang karena Polres Karawang sudah online.

Baca juga : Jadwal SIM Keliling di Karawang.

Keesokan harinya saya pun pergi ke Polres Karawang dan akhirnya Alhamdulillah SIM C saya dapat di perpanjang di sana tanpa harus mudik ke kampung halaman.

Berikut ini langkah-langkah perpanjang SIM C di Karawang

1.Persiapkan syarat untuk perpanjangan SIM C,dengan membawa SIM lama (foto copy 2 atau 3 lembar jaga-jaga bila diminta),foto copy KTP( 2 lembar atau lebihkan saja untuk antisipasi tidak cukup), siap kan uang untuk biaya admin, dan membawa pulpen sendir untuk menulis.

2.Pergi ke Polres Karawang di jam kerja Senin-Sabtu. Di usahakan berangkat lebih pagi supaya antreannya lebih awal. Waktu itu saya berangkat agak siang jadi antrian agak terakhir an.

3.Karena kita akan memperpanjang SIM ,pertama Anda langsung saja ke bagaian cek kesehatan terlebih dahulu,waktu itu saya cek kesehatan di Polres Karawang lokasinya di sebelah kanan tempat pendaftaran SIM dengan biaya Rp30.000. Pengambilan nomor antrean cek kesehatan bisa langsung mengambilnya di dalam ruangan,siapkan foto copy KTP.

3.Jika sudah langkah selanjutnya adalah pergi ke ruangan Pendaftaran,dengan menyerahkan SIM lama Anda , beserta hasil cek kesehatan tadi. Setelah seleseai menyerahkan berkas nanti diminta untuk menunggu lagi ,lalu di panggil.

4.Setelah menunggu beberpa lama Saya pun dan beberapa orang dipanggil ke ruangan untuk input data. Setelah didata nanti di persilahkan untuk duduk kembali lalau menunggu untuk dipanggil ke ruangan Pencerahan.

5. Di ruangan Pencerah kita akan di sajikan video tentang tataterbib dan langkah -langkah membuat SIM dan perpanjngan SIM.

6.Setelah dari ruangan pencerahan nanti berpindah ruangan untuk di foto,tanda tangan dan sidik jari yang nantinya akan digunakan di SIM baru.

7. Selesai di foto,tanda tangan dan sidik jari berpidah tempat lagi untuk mengisi form pembayaran SIM. Jadi tidak di tes teori dan praktek untuk perpanjangan langsung ke pembayaran.

8.Langkah terakhir ialah setelah mengisi form dan bawa formnya ke bagian Bank. Serahkan berkasnya lalu Antre lagi untuk dipanggil dan bayar biaya admin perpanjangan SIM C sebesar RP75.000. Jangan lupa cek SIM yang Anda terima untuk memastikan SIM C sesuai dengan data diri Anda.

Selamat ! sekarang SIM C Anda sekarang sudah diperpanjang dan masa berlakunya lima tahun. Dengan begitu mengendarai sepeda motor akan terasa nyaman karena secara administratif sudah lengkap. Oh,ya untuk waktu dari awal sampai selesai cukup lama jadi harus bersabar dan antre ya.

Baca juaga : Bayar Pajak Kendaraan Tahunan Di Samsat Outlet Techno Mart Saja.

4 replies on “Perpanjang SIM C di Karawang.”

Setahu saya kalau ga salah 14 hari mau habis baru bisa diproses…jika masih panjang masa berlakunya khawatir..tidak diproses,kebetulan waktu itu ada yang balik lagi karena belum waktunya diperpanjang. Kalau saya dulu seminggu mau habis masa berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *