Penyebab Artikel Tidak Muncul di Pencarian Google
Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

Penyebab Artikel Tidak Muncul di Pencarian Google

Apakah anda pernah mengalami artikel yang anda posting di blog tidak muncul di pencarian google?.

Jika iya, tentunya Anda berpotensi kehilangan banyak trafik atau trafik ke website tersebut. Apalagi jika artikel atau halaman tersebut berada di halaman pertama hasil pencarian Google untuk kata kunci populer.

Saat ini Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, demikian pula di Indonesia. Hal tersebut karena Google deindex artikel sehingga tidak muncul di mesin pencari Google.

Oleh karena itu pada artikel kali ini, kita akan membahas penyebab artikel tidak muncul di Google dan cara mengatasinya. Simak artikel ini sampai akhir.

Apa itu Google Deindex?

Google Deindex adalah keadaan dimana artikel, halaman atau website anda tidak diindex oleh Google yang mengakibatkan artikel atau website tersebut tidak muncul di hasil pencarian Google.

Bahkan jika Anda mencoba mencari berbagai kata kunci, artikel tersebut tidak akan muncul di mesin pencari. Anda dapat mencoba memeriksa dengan menambahkan sites: di depan URL. sites: domainname.com/url-articles.

Hal ini sebenarnya dilakukan Google untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna saat berselancar di internet menggunakan Google. Sehingga pengguna yang mengakses artikel atau website dapat yakin bahwa website tersebut tidak mengalami masalah.

Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Umumnya karena website atau artikel tersebut melanggar aturan Google, seperti duplikat konten, sehingga terdapat indikasi malware pada website tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebab Google deindex, silakan baca bagian selanjutnya.

Berikut ini adalah alasan artikel tidak muncul di Google atau Google deindex yang harus Anda hindari. Jika Anda sudah pernah melakukan salah satu hal tersebut. Kamu tidak perlu khawatir karena kami juga akan menjelaskan bagaimana cara memperbaikinya atau cara mencegahnya.

Visibilitas Salah Konfigurasi

Di WordPress sendiri terdapat konfigurasi untuk mengatur visibilitas website di search engine. Situs web Anda dapat dikonfigurasi untuk menghindari perayapan mesin telusur yang menyebabkan situs web Anda tidak muncul di hasil penelusuran Google.

Fungsi konfigurasi ini sebenarnya sudah umum digunakan oleh developer agar trafik dari hasil pencarian tidak terganggu saat website sedang dibangun, diperbaiki atau membuat website uji coba.

Cara Pengaturan visibilitas di Mesir pencarian:

Jika Anda pengguna WordPress, silahkan masuk ke halaman admin terlebih dahulu. Kemudian buka bilah menu Pengaturan – Membaca. Pastikan bagian “Visibilitas Mesin Pencari” tidak diberi daftar periksa.

Konten Duplikat

Jika Anda tidak tahu, sebenarnya ada 2 jenis konten duplikat, yang pertama adalah konten duplikat dari situs Anda sendiri dan konten duplikat dari situs web orang lain. Ini biasanya terjadi ketika Anda ingin memperbarui konten menggunakan URL baru.

Untuk jenis kedua yaitu menyalin hampir semua konten dari website orang lain dan mempublikasikannya di website sendiri. Ini disebut copy-paste dan sangat dilarang oleh Google. Google sendiri dapat mendeteksi dan membedakan konten mana yang dibuat sendiri dan konten mana yang digandakan atau disalin dari situs web orang lain.

Cara Mengatasi konten duplikat:

Redirect

Redirect adalah akses redirect dari domain ke domain baru. Ada 2 jenis pengalihan, yaitu pengalihan 301 dan pengalihan 302

Redirect 301 mengalihkan URL lama ke URL baru secara permanen, dan untuk Redirect 302, mengarahkan URL lama ke URL baru yang bersifat sementara.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan pengalihan 301. Pengalihan 301 ini akan memberi tanda pada mesin telusur Google agar Google merayapi URL baru.

Anda dapat dengan mudah mengalihkan menggunakan plugin seperti RankMath atau Redirection.

Buat Konten Anda Sendiri

Jika Anda ingin menghindari masalah duplikat konten yang menyebabkan artikel atau situs web tidak muncul di Google, buat konten Anda sendiri. Buat konten orisinal yang menarik dan berkualitas baik.

Menggandakan konten atau menyalin konten dari situs web orang lain adalah hal-hal yang harus Anda hindari dan jangan lakukan sejak pertama kali membuat situs web atau blog. Jika Anda melakukan ini, ini akan memberi sinyal kepada Google bahwa situs web Anda tidak asli dan mungkin akan sulit untuk mendapatkan posisi terbaik di Google.

Penjejalan Kata Kunci

Pengisian kata kunci adalah salah satu teknik SEO lama yang sudah ketinggalan zaman. Cara kerjanya adalah dengan menulis artikel sekitar 300 – 500 kata dan pada artikel tersebut masukkan kata kunci yang tidak wajar atau berlebihan seperti 60 kata kunci dan berharap mendapatkan posisi di halaman pertama pencarian kata kunci tersebut.

Saat ini Google sudah memiliki sistem dan algoritma yang dapat menilai konten. Apakah konten tersebut dimasukkan dengan kata kunci secara tidak tepat atau dalam tahapan yang wajar. Perlu diketahui bahwa konten atau artikel yang ditempatkan dengan terlalu banyak kata kunci akan mengakibatkan artikel tersebut mendapatkan skor buruk di Google dan kemungkinan terburuk adalah artikel tersebut tidak muncul di Google atau mengalami deindexed.

Cara Mengatasi:

Misalnya jika kata kunci utama Anda adalah “Cara Membuat Website” maka Anda bisa memasukkan variasi kata kunci yang masih berhubungan dengan kata kunci tersebut seperti “Cara Membuat Website”, “Langkah Mudah Membuat Website” dan lain-lain. Dengan begitu maka anda harus memasukkan kata kunci yang lebih unik lagi.

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta yang suka juga dengan teknologi internet. Blog ini merupakan media saya berbagi Pengalaman dan informasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda

Tinggalkan Balasan