Penyebab AC Tidak Dingin Setelah Dicuci.

Sudah lama tidak buat postingan lagi karena sibuk dengan aktifitas kerja dan keluarga. Kali ini ini saya akan berbagi pengalaman kembali melalui blog saya ini. Yang mudah mudahan bisa bermanfaat untuk Anda. Postingan saya kali ini adalah Penyebab AC Tidak Dingin Setelah Dicuci.

Berberapa waktu lalu AC (air conditioner) setelah di cuci udara tidak dingin dan ada es pada bagian luar tepatnya sambungan ke kipas yang ada di luar. Lihat gambar

Ac tidak dingin dan ada es menempel di kabel tembaga.

Duh,rasanya tidak enak banget pakai AC tapi tidak ada dinginnya sama sekali.

Apakah kalian mengalami hal yang sama dengan AC nya? Terusin bacanya ya..

Penyebab AC Tidak Dingin Setelah Dicuci

Lalu saya pun coba cari cari informasi lewat internet, biasa Google. Dan ketemulah kemungkinan penyebabnya. Masalahnya yaitu karena bocor freon atau apalah karena saya juga kurang faham nama kerusakannya.

Kalau lewat internet saja rasanya kurang untuk memastikannya akhirnya saya coba juga ngobrol dengan tetangga yang pas kebetulan sama kasusnya.

Kaget juga denger katanya kalau di biarkan bisa bisa rusak dan biaya service bisa sama dengan harga AC itu sendiri.

Selain itu juga kata tetangga saya biaya perbaikan juga cukup mahal untuk menambal yang bocor dan mengisi freon nyalagi. Kisaran harga service Rp 500 ribuan.

Dengan harga segitu cukup berat juga bagi saya,tapi mau gimana lagi AC sebuah kebutuhan pokok di perkotaan yang suhunya panas.

Akhirnya sesudah ambil keputusan saya coba tanya tanya dulu deh,ke tukar service salah satu langganan yang sering di pakai jasa cleaning oleh saya. Katanya bener bahwa ada yang bocor dan harus di isi freon lagi.

Yah,mau tak mau saya pun memutuskan untuk perbaikan. Setelah tanya harga perbaikan sekitar Rp650 ribu. Dengan garansi enam bulan.

Serasa kejaran dengan waktu hari itu pesan perbaikan . Besoknya selesai dan esok lusa selesai dikerjakan.

Dan akhirnya Bapak tukang service itupun menjelaskan bahwa itu bisa di sebabkan oleh cleaning atau mencuci AC yang tidak teratur. Jadi kotor dan bisa menyebabkan rusak.

Walah,aku baru sadar ternyata AC saya sudah lama tidak di cleaning.

Akhirnya setelah kejadian itu bisa ambil pelajaran AC Mesti dan harus di cleaning dengan teratur agar tidak cepat rusak seperti kejadian tadi.

Oh iya biasa cleaning itu harganya cuma Rp 75 ribu, tergantung daerah. Sedangkan perbaikan jika bocor freon tadi Rp 650 ribu. Nah loh kelihatan banget kan penting nya cleaning.

Jangan kelewat baca juga:

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp ES-F800T-BL.

Jadi Penyebab AC Tidak Dingin Setelah Dicuci kemungkinan karena cleaning atau bersihkan AC tidak teratur, 3 atau 4 bulan sekali katanya mesti di bersihkan. Agar udara yang keluar tetap bersih dan ke mesin AC jadi awet.

Sekarang mari rawat AC kita ya,supaya tetap dingin dan enak dipakainya.

ac tidak dingin

Tinggalkan Balasan