Fungsi Email Yang Sering Digunakan

Membicarakan tentang email di saat ini tentu sudah banyak yang sudah mengetahui artinya. Yups! Email (elektronik mail ) dalam bahasa indonesianya adalah surat elektronik merupakan sarana untuk mengirim dan menerima surat melalui jaringan komputer...

Fungsi Email Yang Sering Digunakan adalah untuk mengirim surat berupa data digital. Data digital disini bisa berupa text,video,suara dll. Tapi sekarang tidak hanya itu saja, melainkan sudah bertrans formasi menjadi sebuah kebutuhan lainnya.

Kita ketahui lebih dalam apa itu email.

Email atau elektronik mail dalam bahasa indonesia adalah surat elektronik merupakan sarana untuk mengirim dan menerima surat melalui jaringan komputer dan internet. Data yang yang dikirim berupa data digital seperti dokumen,foto,videio dan data digital lainnya.

 Sedikit melihat kebelakang,ketika belum mengenal jaringan internet dan handphone. Jika ingin mengirim surat harus menulis diatas kertas lalu pergi ke kantor pos dan harus mengeluarkan biaya kirim untuk setiap pengiriman surat.

Setelah beberapa hari barulah sampai surat ke tempat yang dituju.

Namun kini kita cukup menggunakan Email untuk mengirim surat baik itu untuk kebutuhan pribadi atau dinas ketika bekerja. Jika dibandingkan surat yang biasanya tidak membutuhkan perangko sebagai biaya kirim ,namun menggunakan biaya akses internet untuk dapat mengirim pesan.

Sehingga dengan adanya email pengiriman surat jadi di mudahkan dan lebih hemat biaya.

Untuk bisa menggunakan sarana email kita harus daftar terlebih dahulu di penyedia email secara gratis. Misalnya daftar di layanan email Google atau layanan email dari Yahoo.

Email sekarang ini tidak hanya dapat diakses melalui komputer saja melainkan bisa juga melalui aplikasi android di smartphone Anda.

Seperti aplikasi layanan Google mail yaitu Gmail dan Yahoo mail dari yahoo,contoh alamat email menggunakan google mail [email protected] dibaca namasaya(et)gmail dot kom.

Sedangkan yang menggunakan yahoo [email protected] dibaca nama Anda et yahoo dot com.

Lalu apa saja Fungsi Email Yang Sering Digunakan

  • Fungsi utama Mengirim dan menerima surat dalam bentuk data digital melalui internet sehingga lebih cepat dan menghemat biaya.
  • Dapat mengirimkan email ke lebih dari satu orang secara bersamaan.
  • Mendaftar dan masuk ke situs internet atau aplikasi seperti aplikasi media sosial dll.
  • Reset Password. dll.

Mengingat penggunaan email seperti di atas sangat penting perlu diperhatikan kerahasiaan alamat email beserta passwordnya. Contohnya saja jika alamat email dan password yang sudah digunakan untuk daftar ke media sosial dan ada yang mengetahui selain Anda.

Akun tersebut bisa dimanfaat oleh orang tersebut untuk membuat postingan yang tidak bertanggung jawab seperti minta uang kepada keluarga atau teman.

Tentu hal tersebut tidak di inginkan,mungkin tipsnya adalah buat alamat email dengan password yang cukup sulit untuk ditebak namun mudah di ingat oleh Anda.

Sebenarnya masih banyak lagi penggunaan email dalam kehidupan sehari-hari. ..namun itu saja dulu nanti di sambung…

Baca juga: Cara Beli Pulsa Listrik di Aplikasi BCA .

Tinggalkan Balasan