Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli- Demokrasi berasal dari dua kata yaitu “Demos” yang berarti Rakyat, dan “kratos/cratein” yang berarti pemerintahan, sehingga dapet disimpulkan demokrasi adalah Pemerintahan Rakyat atau yang biasa dikenal pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat untuk rakyat. Kata “Demokrasi” diambil dari Yunani Kuno pada abad 5sm.

Menurut sumber dari Wikipedia, Demokrasi adalah sebuah bentuk pemerintahan yang dimana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam mengambil keputusan yang dapat mengubah kehidupan mereka kedepannya, baca selengkapnya di Penjelasan Demokrasi Menurut Wikipedia.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Demokrasi memiliki pengertian yang luas dan memiliki arti yang berbeda-beda menurut para ahli , dilihat dari sumber ilmu pengetahuan yang kemudian di rangkum yang menjadi arti luas demokrasi.

Berikut adalah pengertian demokrasi yang sudah dikemukakan oleh para ahli.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Demokrasi mempunyai 2 arti.

  • Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan yang dimana seluruh rakyatnya ikut serta dalam memerintah dengan cara perantara wakil yang mereka pilih.
  • Demokrasi adalah sebuah gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan dan kewajiban serta perlakuan yang sama untuk warga negaranya.

Menurut H. Harris  Soche (Yogyakarta : Hanindita, 1985)

Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan rakyat. Artinya rakyat merupakan pemegang kekuasaan dalam pemerintahan di suatu Negara. Rakyat memiliki hak untuk mengatur, mempertahankan, serta melindungi diri mereka dari adanya paksaan oleh wakil-wakil mereka. Yang dimaksud dari wakil-wakil adalah orang-orang atau badan yang memiliki wewenang dalam pemerintahan.

Menurut Hans Kelsen

Demokrasi adalah merupakan suatu pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Dalam hal ini, wakil-wakil rakyat yang terpilih merupakan pelaksana kekuasaan negara, yang dimana rakyat sudah memiliki keyakinan bahwa segala keinginan serta kepentingan mereka akan selalu diperhatikan dalam pelaksanaan pemerintahan tersebut.

Menurut Meriam, Webster Dictionary

Menurut Meriam demokrasi dapat didefinisikan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
  • Demokrasi merupakan suatu pemerintahan oleh rakyat, terutama kedaulatan Mayoritas.
  • Suatu pemerintahan yang dipegang tinggi oleh rakyat, yang secara langsung maupun secara tidak langsung pelaksanaannya dilakukan oleh mereka melalui sistem perwakilan yang dilakukan dengan cara mengadakan pemilihan umum secara berkala.

Menurut Yusuf Al Qordhawi

Pengertian demokrasi menurut Yusuf Al Qordhawi, Warga atau masyarakat dapat menunjuk seorang untuk mengurus maupun mengatur urusan mereka melalui suatu wadah yang bernama “Demokrasi”. Dalam hal tersebut ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, seperti:
  • Pemimpin yang tidak di benci oleh warga negaranya/masyarakat.
  • Peraturan yang ada bukan lah peraturan yang mereka tidak inginkan.
  • Masyarakat berhak untuk meminta pertanggung jawaban kepada Pemimpin dan Wakil apa bila mereka berbuat salah.
  • Masyarakat berhak untuk menurunkan/memecat Pemimpin dan Wakil jika terbukti melakukan penyelewengan pada masa kepemimpinannya.
  • Pemerintah tidak di perbolehkan untuk membawa masyarakat kedalam suatu sistem yang mereka tidak kenal, baik itu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan politik.

Menurut Affan Gaffar

Pengertian demokrasi menurut Affan Gaffar, yaitu;
  • Demokrasi yang secara ideal ingin diwujudkan oleh negara yang disebut sebagai demikrasi normatif.
  • Demokrasi yang terwujud dalam dunia politik yang disebut sebagai demokrasi empirik.

Menurut Amin Rais

Menurut Amin Rais ada beberapa kriteria yang harus di penuhi agar suatu negara dapat disebut sebagai negara Demokrasi, yaitu;
  • Keikutsertaan dalam mengambil suatu keputusan.
  • Memiliki kesamaan di hadapan Hukum.
  • Pendistribusian pendapat yang dilakukan secara adil.
  • Memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan.
  • Ketersediaan serta keterbukaan informasi.
  • Memperhatikan atau mengindahkan fatsoen atau tata krama politik.
  • Kebebasan perorangan atau individu.
  • Semangat untuk kerjasama.
  • Adanya hak untuk melakukan Protes.
Terdapat 4 macam kebebasan yaitu;
  1. Kebebasan dalam berpendapat
  2. Kebebasan dalam persuratkabaran
  3. Kebebasan dalam berkumpul atau berorganisasi
  4. Kebebasan dalam beragama.
Nah demikianlah artikel Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli, ada banyak negara yang menganut demokrasi termasuk Indonesia, Indonesia menganut demokrasi Pancasila.

Bagikan Artikel Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian demokrasi menurut para ahli, pengertian demokrasi menurut Amin Rais,pengertian demokrasi menurut Affan Gaffar, pengertian demokrasi menurut Yusuf Al Qordhawi,pengertian demokrasi menurut KBBI, pengertian demokrasi menurut ulama,

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta di sebuah Pabrik KIIC Karawang. Selain kegiatan utama bekerja,saya juga suka nulis artikel di blog ini untuk berbagai pengalaman dan informasi.

Tinggalkan Balasan