Menghilangkan pegal di kaki dan Paha karena Bekerja Saat Berdiri
Photo by Keira Burton on Pexels.com

Menghilangkan pegal di kaki dan Paha karena Bekerja Saat Berdiri

Pekerjaan yang mengharuskan Anda berdiri dalam waktu lama tidak hanya menyebabkan kelelahan dan kelelahan, tetapi juga meningkatkan risiko timbulnya masalah pada tungkai dan tungkai karena berdiri memberi tekanan pada tulang, persendian, tendon, otot, dan ligamen.

Berdiri dalam waktu lama juga menyebabkan penurunan suplai darah ke bagian bawah kaki, yang bisa menimbulkan rasa pegal. Jika dilakukan terus menerus, berdiri dalam waktu lama juga bisa menyebabkan darah menumpuk di kaki atau sekitar pergelangan kaki.

Istirahat Sambil Duduk Lebih Sering

Duduk lebih sering saat bekerja. Meski banyak pekerjaan di zaman modern ini yang membuat orang harus duduk sepanjang hari, namun masih ada beberapa pekerjaan yang menuntut banyak orang berdiri, seperti kasir bank, kasir, pekerja pabrik, koki, penata rambut dan berbagai pekerjaan ritel dan konstruksi, hingga Beberapa.

Namun, sering kali ada kesempatan untuk duduk dan mengistirahatkan kaki Anda, tetapi tetap bekerja dan produktif. Jadi carilah kesempatan ini dan pastikan Anda memberi tahu atasan Anda apa yang Anda lakukan. Misalnya, duduk sambil menjawab telepon atau menyelesaikan dokumen mungkin baik-baik saja di tempat kerja, terutama jika tidak ada pelanggan yang bisa dilayani.

Orang tua lebih rentan terhadap cedera tungkai / tungkai akibat berdiri terlalu lama karena jaringan mereka (ligamen, tendon, tulang rawan, fasia) kehilangan elastisitas dan kemampuan untuk menyerap guncangan.

Duduklah untuk makan siang. Saat istirahat makan siang, pastikan Anda duduk dan mengangkat kaki saat makan dan minum. Anda mungkin sedang terburu-buru, tetapi gunakan kesempatan ini untuk mengurangi beban kaki Anda. Jika tempat kerja Anda kekurangan kursi atau tidak memiliki ruang makan, Anda dapat membawa kursi lipat atau bangku sendiri, atau mencari tempat makan lain di mana Anda bisa duduk dengan aman.

Pujasera di mal, meja piknik luar ruangan, air mancur, atau bahkan halaman rumput yang bersih di bawah pohon bisa menjadi pilihan yang baik untuk duduk santai dan menikmati makan siang.

Duduklah saat istirahat. Manfaatkan semua waktu istirahat Anda dan cobalah untuk duduk sepanjang waktu. Jika memungkinkan, angkat kaki Anda untuk mengurangi efek gravitasi sehingga dapat meningkatkan sirkulasi. Melepas sepatu saat beristirahat juga memungkinkan kaki menjadi dingin karena penguapan.

Saat beristirahat, pertimbangkan untuk memutar kaki telanjang Anda di atas bola golf. Rasanya luar biasa, meredakan ketegangan di telapak kaki dan bahkan dapat membantu mencegah plantar fasciitis (nyeri dan radang jaringan ikat yang menutupi bagian bawah kaki)

Memasang Kembali Dudukan

Berdirilah di tempat yang berbeda. Bertahun-tahun yang lalu, sebagian besar tempat kerja dilengkapi dengan lantai kayu, yang memiliki semacam bantalan meskipun lantai kayunya terlihat cukup keras untuk dijadikan alas jalan.

Namun, di zaman modern, kebanyakan bisnis cenderung memiliki lantai yang terbuat dari beton, ubin atau lantai marmer, yang pada dasarnya tidak memiliki sifat bantalan, penyerap guncangan atau isolasi.

Oleh karena itu, berdirilah di area yang dilapisi dengan bahan yang lebih kokoh seperti kayu. Jika tidak memungkinkan, ubah posisi berdiri sebagai gerakan olahraga. Gerakan ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan pada otot kaki dan tungkai.

Lantai beton dan ubin dengan mudah memindahkan suhu dingin ke kaki dan ini tidak baik untuk sirkulasi darah. Oleh karena itu, berdirilah di tempat yang lebih hangat tanpa terkena angin dingin.

Jika Anda bekerja di luar ruangan, cari halaman rumput untuk berdiri sementara Anda menyelesaikan pekerjaan atau menunggu tugas berikutnya.

Berdirilah di atas tikar anti-kelelahan. Alas kelelahan dirancang untuk mengurangi tekanan pada kaki dan tungkai dengan memberikan permukaan yang lembut untuk berdiri dalam waktu yang lama. Tikar ini biasanya terbuat dari karet tebal, tapi ada juga yang terbuat dari busa, kulit, vinyl atau bahkan kayu.

Dalam beberapa kasus, pemberi kerja akan dengan senang hati memberi Anda kasur non-kelelahan jika Anda memintanya karena telah terbukti mengurangi timbulnya masalah pada kaki dan tungkai bawah

Kasur tebal dan anti-kelelahan menimbulkan sedikit risiko di tempat kerja karena dapat membuat orang tersandung. Jadi, selalu berhati-hati saat memilih lokasi untuk meletakkan kasur dan sebaiknya juga waspadai kasur yang dipasang rekan kerja Anda.

Berdirilah di atas karpet. Lihatlah ke sekeliling tempat kerja dan lihat apa ada area berkarpet untuk berdiri sementara Anda mendapatkan pekerjaan dengan benar. Karpet (bahkan yang tipis dan murah) memberikan lebih banyak bantalan daripada beton dan akan membantu kaki Anda bertahan berjam-jam di tempat kerja. Jika tidak ada permadani yang dipasang di mana pun, tanyakan pada bos Anda apakah Anda boleh membawa permadani dari rumah.

Beberapa bisnis yang menjual permadani akan bersedia memberi Anda sampel yang cukup besar (cukup besar untuk tempat Anda berdiri) secara gratis.

Pastikan bagian bawah karpet tidak mudah tergelincir di lantai, jika tidak Anda berisiko terpeleset dan jatuh.

Baca juga: Kenali dan cegah kecelakaan kerja akibat slips,trip dan falls

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta di sebuah Pabrik KIIC Karawang. Selain kegiatan utama bekerja,saya juga suka nulis artikel di blog ini untuk berbagai pengalaman dan informasi.

Tinggalkan Balasan