Categories
Buat Dokumen

Membuat Akta Kelahiran Anak dengan Cara Daftar Online Via Whatsapp.

Sebagai orang tua kita berkewajiban memberikan hal yang terbaik untuk anak kita,termasuk dalam hal administrasi seperti pembuatan dokumen Akta kelahiran. Nah, disini saya akan berbagi pengalaman membuat akta kelahiran anak pertama saya melalui daftar online via whatsapp di kab.Karawan, untuk daerah lain saya sendiri belu tahu cara ini sudah ada apa belum. Menurut saya ini…

Membuat dokumen penting sebaiknya jangan ditunda-tunda keburu enggan untuk membuatnya. Jangan sampai nanti pas dibutuhkan baru buat dan akan terasa diburu-buru untuk membuatnya. Seperti dokumen Akta kelahiran Anak. Mengingat pentingnya akta lahir ini sebaiknya segera diurus ke kantor capil terdekat di daerah Anda. Apalagi sekarang Membuat Akta Kelahiran Anak dengan Cara Daftar Online Via Whatsapp.

Sebagai orang tua kita berkewajiban memberikan hal yang terbaik untuk anak kita. Termasuk dalam hal administrasi seperti pembuatan dokumen Akta kelahiran.

Nah, di sini saya akan berbagi pengalaman membuat akta kelahiran anak pertama saya melalui daftar online via whatsapp tepatnya di Kab.Karawang-Jawa Barat. Untuk di daerah lain saya sendiri belum tahu sudah tersedia layanan online ini apa belum. Mungkin Anda bisa mencari informasinya melalui internet atau media sosial catatan sipil di daerah Anda.

Menurut saya pelayanan online ini sangat membantu ,jadi kita tidak harus antre di kantor capil hanya untuk daftar saja. Kita cukup daftar di rumah secara Online,baru pergi ke kantor catatan sipil jika sudah selesai pembuatan akta kelahirannya,lebih hemat waktu,tenaga serta ongkos. Pembuatan akta kelahiran secara online ini tanpa dipungut biaya alias gratis,dengan catatan mengurus sendiri tanpa perantara.

Apa saja syarat untuk buat akta kelahiran online via Whatsapp:

  1. Foto copy KTP kedua orang tua.
  2. Foto copy Kartu Keluarga (KK) Dengan anak harus sudah masuk ke Kartu keluarga.
  3. Foto copy surat nikah/akta nikah
  4. Foto copy KTP dua orang saksi.
  5. Surat keterangan kelahiran(F-2.0.1) bisa di dapatkan di kelurahan atau jika online dikirim via whatsapp.
  6. Surat keterangan lahir dari bidan Dokter/Bidan (asli).
  7. Surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) Kebenaran data kelahiran ( tanda tangan diatas materai 6000).
  8. Surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) kebenaran sebagai pasangan, bagi pasangan suami istri yang tidak memiliki surat nikah atau akta nikah (tanda tangan diatas materai 6000).
  9. Foto copy ijazah bagi yang sudah lulus sekolah.
  10. Foto copy rapor bagi yang sudah masuk sekolah namun belum lulus sekolah.

Revisi atau Masukan Terlebih dahulu Nama Anak ke Dalam Kartu Keluarga

Seperti pada poin ke dua di atas,waktu itu anak saya belum masuk ke dalam kartu keluarga jadi pertama-tama saya harus memasukan nama anak saya ke dalam Kartu Keluarga terlebih dahulu (buat Kartu keluarga dulu,ada juga yang buatnya berbarengan tapi saya belum tahu kalau buat sekaligus). Cara membuat kartu keluarga baru bisa tanya-tanya dulu ke RT/RW setempat. Kalau saya dulu langsung ke RT untuk minta dibuatkan surat pengantar  RT/RW membuat Kartu Keluarga dan akta lahir. Jangan lupa di cap/legalisir oleh RT/RW surat pengantarnya.

Info update: Buat Kartu Keluarga atau Revisi KK di Karawang bisa lewat pesan WhatsApp.

Jika sudah memegang surat pengantar RT/RW perg ke kelurahan bilang saja mau membuat kartu keluarga dan akta kelahiran anak. Waktu itu saya langsung dikasih form pembuatan Kartu keluarga dan dikasih juga form keterangan lahir anak untuk di isi. (catatan: jika tersedia mungkin ketika di RT/RW akan dikasih juga form pembuatan kartu keluarga dan form keterangan lahir jadi bisa diisi d irumah ke Kelurahan tinggal cap/legalisir lanjut ke Kecamatan>Capil membuat KK).

Lanjut cerita Saya ,Setelah saya mempunyai surat pengantar dari RT/RW, saya pergi ke kelurahan. Di sana saya bilang akan membuat kartu keluarga sama Akta Kelahiran,form pembuatan Kartu keluarga selesai dan di cap juga oleh kelurahan bawa ke Ke Kecamatan untuk membuat draft KK. Karena sudah agak siang untuk pembuatan KK karena sorenya harus kerja,saya putuskan melanjutkannya esok hari ke kantor catatan sipil.

Baca juga : Bayar Pajak Lima Tahunan di Karawang Dengan KTP Beda Domisili.

Ke esokan harinya baru saya membawa Draft KK untuk membuat KK (jika ingin selesai sehari pembuatan Kartu keluarganya sebaikanya datangnya pagi-pagi banget sebelum jam 7 pagi untuk mengambil antrian,karena kalau agak siang antrean keburu banyak).

Setelah kartu keluarga selesai maka saya putus kan untuk pulang karena mau daftar lewat online dikarena kan tidak memungkin kan untuk lanjut antre .

Cukup di Rumah Daftar Online Via Whatsapp Untuk Membuat Akta Kelahiran.

Pas di rumah saya foto persyaratan tadi sebagus mungkin,lalu kirim (pagi-pagi di hari dan jam kerja) ke nomor yang tertera di atas pilih salah satu saja. Tak berapa lama dari pihak capil merespon akan segera diproses katanya,dan Alhamdulillah ke esokan harinya sudah selesai pembuatan Akta kelahirannya.

Pemberitahuan tersebut lewat pesan WA juga bahwa Akta Kelahiran anak saya sudah selesai dan sudah bisa diambil. Sebelum berangkat ke kantor catatan sipil,jangan lupa bawa persyaratan yang sudah di upload tadi dibawa sebagai syarat pengambilan Akta kelahiran dan tidak dapat diwakilkan kecuali orangtua nya.


Setibanya di kantor capil kita tinggal bilang saja mau ngambil akta kelahiran yang sudah jadi daftar lewat online. Tidak butuh berapa lama tidak lebih dari sepuluh menit akta kelahiran pun diserahkan dengan tanda tangan serah terima. Setelah menerima akta kelahiran nanti cek terlebih dahulu akta yang sudah di buat sesuai tidaknya dengan kartu keluarga (pastikan tidak ada kesalahan ketik nomor KK,NIK,nama dan tanggal lahir anak).

Selesai sekian postingan saya kali ini semoga bisa memberikan informasi khususnya bagi Anda yang akan membuat Akta kelahiran anak.

Lihat video Berikut ilustrasi cara buat akta kelahiran online.

Dan juga Baca artikel resmi dari karawang.go.id tentang akta kelahiran online.

6 replies on “Membuat Akta Kelahiran Anak dengan Cara Daftar Online Via Whatsapp.”

Daftar akta kelahiran via Wa bisa, bulan februari kemarin saya buat untuk anak saya Alhamdulillah cepat . Di coba saja..

Iya tadi sudah di respon pak . Formulirnya di print terus di isi manual pake pulpen kemudian di foto dan dikirim via WA ya pak . Saya Kelas 11 SMK apa boleh membuatkan akta untuk adik saya .Karena ayah saya kurang paham jika mengurus sendiri . Untuk pengambilannya nanti gimana ya pak .

Coba wa saja dulu ke nomor capilnya via wa.supaya lebih jelas..nanti di kasih file pdfnya…kalau engga di kasih, nanti saya kirim via email ya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *