cara membayar pajak motor online jawa barat

Sebagai warga negara yang baik tentu kita harus taat membayar pajak tepat waktu,termasuk membayarnya pajak kendaraan bermotor. Seperti kita ketahui pajak kendaraan seperti sepeda motor, pajak nya hanya berlaku untuk satu tahun dan harus diperpanjang. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman membayar pajak motor online Jawa Barat melalui aplikasi “Sambara”.

Apa itu aplikasi Sambara? Bersumber dari keterangan yang ada di Google play aplikasi Sambara ( Samsat mobile Jawa barat) merupakan aplikasi yang di buat BAPEDA Jawa Barat untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor di wilayah Jawa Barat.

Di dalam aplikasi ini tidak hanya untuk pengecekan pajak kendaraan saja tapi juga untuk melakukan order pembayaran pajak kendaraan nantinya.

Sebaiknya bayar pajak sebelum memasuki tanggal jatuh tempo agar tidak kena denda.

Dengan melihat pengertian tersebut tentu aplikasi ini untuk digunakan di wilayah Jawa Barat. Sementara untuk daerah lain ,saya sendiri belum tahu apa sudah tersedia layanan seperti ini apa belum. Mungkin Anda bisa mencari informasi di internet untuk daerah Anda.

Pada postingan kali ini saya tidak akan menuliskan secara detail tahap demi tahap,tapi secara umum saja.

Jika ingin lebih detail nya Anda dapat membaca di menu Panduan yang tersedia di aplikasi Sambara tersebut.

Cara membayar pajak motor online Jawa barat

1. Download terlebih dahulu aplikasi Sambara di Playstore.

2. Jika sudah Anda cek terlebih dahulu berapa besaran pajak yang akan dibayar pada menu info PKB. Masukan atau input nomor kendaraan Anda makan akan muncul besaran pajak kendaraan motor Anda.

3. Jika sudah ,tekan atau tap pendaftaran online. Nah,setelah itu akan muncul nih,nomor kode pembayaran. Simpan nomor tersebut,kalau saya dulu di screen shoot. Agar nanti memudahkan saat pembayaran di ATM. Oh,ya nomor NIK KTP yang digunakan di STNK harus sama dengan nomor induk rekening bank ya.

4.Selanjutnya pergi ke ATM untuk melakukan pembayaran. Untuk Bank nya sendiri saya dulu menggunakan Bank BCA. Jika ingin melihat Bank yang mendukung untuk pembayaran pajak online ini bisa dilihat di aplikasi bank apa saja dan lihat juga tutorialnya cukup mudah ko.

5. Jika sudah melakukan pembayaran pastikan struk atau bukti pembayaran di bawa , kalau saya dulu di foto copy untuk jaga jaga di butuhkan. Pada struk tersebut tertera juga batas maksimal penukaran STNK baru jadi pastikan tidak melebihi waktu yang telah ditentukan.

6.Pergi ke Kantor Samsat terdekat,ini salah satu kelebihan menggunakan aplikasi Sambara. Jadi kita ga harus ke kantor Samsat asal untuk pembayaran dan pengesahan STNK ,cukup di yang terdekat saja. Kalau saya dulu di Samsat outlet Tecno mart Karawang.

7.Jika sudah sampai di tempat,coba saja tanya dulu ke bagian informasi untuk pembayaran melalui aplikasi. Saya dulu di arahkan langsung ke bagian pembyaran tanpa antre mungkin masih banyak yang belum tahu kali ya., Padahal di belakang banyak yang sedang antre untuk pembayaran pajak juga.

8. Setelah ke bagian pembayaran lalu di kasih lembaran STNK nya dan diarahkan ke bagian pengesahan. Disini akan di tanya identitaa KTP sesuai apa tidaknya. Jika tidak ada kendala makan STNK baru pun bisa Anda bawa pulang dan selesai.

Info terbaru tadi tata cara pembayarannya lewat ATM,bisa juga bayar via tokopedia.

Menurut saya ini sangat membantu jadi antrean tidak terlalu lama dan lebih sederhana. Hanya kurang dari 10 menitan waktu itu STNK saya sudah selesai.

Nah,bagi anda yang akan mencobanya diharapkan baca baik-baik petunjuk nya ya supaya tidak salah,baca langsung di aplikasi Sambara.

Baca juga: Cara bayar pajak motor lima tahunan tanpa harus bawa motor mudik ke kampung halaman.

Akhir kata semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda…sekian wassalam.

Lihat video berikut.

Tinggalkan Balasan