Kuliah di Teknik Mesin? Ini Dia Daftar Pekerjaan yang Siap Menanti Anda

Kuliah di Teknik Mesin? Ini Dia Daftar Pekerjaan yang Siap Menanti Anda

Kuliah di Teknik Mesin? Ini Dia Daftar Pekerjaan yang Siap Menanti AndaSeiring dengan revolusi industri dan perkembangan zaman, pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual sekarang sudah banyak dibantu dan digantikan oleh mesin. Mulai dari kendaraan sampai pemutar roda perindustrian semuanya sudah dibantu oleh mesin. Oleh karena itu, kebutuhan tenaga kerja di bidang permesinan juga semakin meningkat. Hal merupakan kabar baik bagi Anda yang sedang atau sudah menyelesaikan kuliah di jurusan teknik mesin

Daftar Pekerjaan Untuk Teknik Mesin


Di Indonesia sendiri, hampir segala jenis sektor industri memerlukan mesin. Hal ini menyiratkan permintaan tenaga kerja di bidang permesinan akan selalu ada. Selain di sektor industri masih banyak lagi peluang prospek kerja untuk lulusan teknik mesin di bidang lainya. Ini adalah daftar prospek kerja untuk kamu mahasiswa teknik mesin:

Daftar Pekerjaan Untuk Teknik Mesin

Menjadi Engineer di Industri Manufaktur

Industri manufaktur adalah industri yang mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi dalam sekala besar. Banyak sekali sektor-sektor usaha yang bergerak dibidang ini, seperti sektor industri dasar dan kimia, sektor industri pengolahan makanan, industri komponen otomotif, industri tekstil dan garmen, industri barang-barang elektronik dan lain-lain. Perusahaan besar yang bergerak di bidang ini seperti Astra Internasional, Unilever, Indofood, Yamaha Indonesia dan banyak lagi. Selain itu, beberapa daerah di Indonesia juga mengandalkan manufaktur sebagai penggerak ekonomi seperti Provinsi Banten, Provinsi Jawa Timur, Kepulauan Riau, Jabodetabek dan beberapa daerah lainya di Indonesia.

Sebagai sarjana atau ahli madya teknik mesin, beberapa pekerjaan yang ada di sektor ini seperti operator mesin, tenaga perakit, machinine analyst, teknisi, sampai peneliti.

Kerja di BUMN

Beberapa BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia juga membuka peluang untuk sarjana dan ahli madya teknik mesin. Seperti misalnya PLN, tidak hanya membuka lowongan pekerjaan untuk jurusan yang berhubungan kelistrikan tapi juga untuk teknik mesin lho. Bebepa BUMN lain yang membuka peluang kerja untuk Anda yang kuliah di teknik mesin seperti Semen Indonesia, Pertamina, PT. PAL, Krakatau Steel, sampai PT. Dirgantara Indonesia.

Kerja di Pertambangan Juga Bisa

Tidak hanya terbatas pada jurusan yang berhubungan dengan pertambangan seperti teknik pertambangan, teknik perminyakan dan lain-lain, perusahaan-perusahaan pertambangan juga membutuhkan tenaga ahli mesin. Demi kelancaran produksi pertambangan, tentu saja dibutuhkan mesin produksi yang berfungsi untuk mengolah hasil tambang. Dalam hal ini seorang ahli mesin dibutuhkan. Beberapa perusahaan besar yang berada pada sektor ini seperti PT. Freeport, Kaltim Prima Coal, hingga Chevron.

Beberapa daerah di Indonesia juga mengandalkan sektor ini sebagai pendapatan utama daerah seperti di Kalimantan Timur, Batam, dan banyak lagi.

Anda bisa Berdikari dengan Membuka Usaha Sendiri

Sudah menjadi impian banyak mahasiswa untuk membuka usaha sendiri dan menciptakan lapangan kerja. Sebagai sarjana atau ahli madya teknik mesin Anda bisa membuka usaha produksi suku cadang otomotif, membuka jual beli mesin, jual beli alat perbaikan mesin, bengkel, hingga membuka Industri otomotif. Dengan berwirausaha, tidak hanya bekerja untuk diri sendiri, Anda membantu orang lain dengan membuka lapangan kerja, hingga membantu mendongkrak pendapatan daerah dan negara.

Menjadi Pekerja Lepas

Bagi Anda yang tidak ingin terikat waktu dan kontrak, menjadi pekerja lepas bisa menjadi pilihan Anda. Beberapa pekerjaan freelance yang bisa dilakukan seorang ahli mesin seperti membuka jasa desain mekanik, dimana Anda menjual desain model-model mesin kepada perusahaan atau perseorangan.  Jasa lainya Anda bisa jadi machine consultant dimana Anda memberikan konsultasi tentang pemilihan mesin, memberikan informasi soal spesifikasi mesin, hingga mengedukasi tentang perawatan mesin. Anda juga bisa menjadi penulis lepas, misalkan Anda menulis di rubrik atau niche di bidang otomotif hingga mesin produksi.

Menjadi Tenaga Pendidik

Setiap tahunnya, pembukaan pekerjaan untuk tenaga pendidik selalu ada. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta setiap tahunya mencari tenaga pendidik seperti dosen, teknisi kampus, hingga praktisi. Bagi Anda yang ingin menjadi dosen, tidak ada salahnya Anda melanjutkan pendidikan karena persainganya lapangan kerjanya tidak terlalu tinggi. Anda juga bisa menjadi guru baik di SMK atau STM. Selain itu Anda bisa menjadi pendidik di lembaga kursus, atau balai latihan kerja.

Menjadi PNS

Bagi Anda lulusan Teknik Mesin, tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjadi PNS. Setiap tahunya, Kementrian ESDM, Kemeristekdikti yang sekarang sudah tergabung dalam Kementrian Pendidikan, serta kementrian dan lembaga-lembaga lainya selalu membuka lowongan untuk lulusan teknik mesin. Anda bisa melihat ketersedian posisi yang Anda inginkan, mendaftar dan mengikuti tahapan selanjutnya seperti Seleksi Administrasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKD).

Demkian uraian berbagai prospek kerja untuk Anda mahasiswa baik diploma, maupun sarjana teknik mesin. Jika Anda sedang berkuliah, mungkin daftar ini bisa membuka sedikit bagaimana prospek pekerjaan untuk Anda di masa depan. Untuk Anda yang sudah lulus, semoga daftar ini bisa menjadi referensi untuk Anda mencari pekerjaam sesuai dengan jurusan Anda.

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta di sebuah Pabrik KIIC Karawang. Selain kegiatan utama bekerja,saya juga suka nulis artikel di blog ini untuk berbagai pengalaman dan informasi.

Tinggalkan Balasan