KIIC Karawang Barat Sebuah Kawasan Industri Bertaraf Internasional.

KIIC (Karawang International Indutrial City) adalah kawasan industri yang di kembangkan oleh ITOCHU Corporation dari Jepang dan Sinarmas Land dari Indonesia. KIIC berlokasi di Karawang Barat,Jawa Barat- Indonesia. Penyewa lahan KIIC dari seleuruh dunia dari berbagai macam Industri.

KIIC sebagai perusahaan pengelola kawasan industri memiliki tujuan utama untuk menciptakan lingkungan dimana penyewa KIIC dapat fokus pada bisnis mereka.

Lokasi dan Transportasi Umum ke KIIC

Lokasi KIIC  tidak jauh dari pusat kota Karawang bisa di tempuh dengan kendaraan mobil pribadi kurang lebih 15 menit. Dan juga bisa menggunakan angkutan kendaraan umum atau angkot nomor 16 sampai Badami. Lanjut dengan naik ojek pangkalan untuk ke KIIC karena angkot tidak sampai Kawasan. Atau opsi lainnya bisa pakai ojek online dari Karawang Kota.  KIIC ini tidak berdekatan dengan kota dan perumahan sekitar,sehingga tidak di ganggu dengan aktifitas warga sekitar.

Baca juga: 9 rute angkutan umum di Karawang.

KIIC merupakan objek vital nasional,itu terlihat dari banner dekat pos sekuriti . Keamanan yang terjamin membuat para pengusaha dan pekerja merasa aman melakukan kegiatan bisnis dan bekerja di area kawasan ini. Dengan adanya pos Polisi,pos satuan pengaman(SATPAM) dan pos Pemadam Kebakaran. Di dalam kawasan terdapat fasilitas umum seperti pom pengisian bahan bakar,ATM, Restoran,dan lainnya.

KIIC terus berkembang pesat dari tahun ke tahun seperti yang saya lihat perkembangnnya banyak perusahaan yang mendirikan usahanya di kawasan tersebut. Bahkan sekarang nambah luas lagi seperti Kawasan KJIE.

Perusahaan-perusahaan Besar Di KIIC Karawang Barat

Perusahaan -perusahaan besar yang berada di KIIC yang saya tahu seperti pabrik mobil PT.Toyota, pabrik pembuatan motor Yamaha,,Isuzu ,Ajinomoto,PT.Sharp,PT.Sampoerna dll.

Lokasi kawasan ini sangat stategis mudah di jangkau karena dekat dengan jalan tol jakarta cikampek, belok di KM 47 keluar pintu tok Karawang Barat 2.

Kalau Anda hendak ke Kawasan KIIC dari kota Karawang seperti di awal ditulis misalnnya dari Pemda atau dari Pasar Johar tranportasi umum yang bisa di gunakan adalah angkutan kota (angkot) nomor 16 yang berwana pink. Angkot tersebut berhenti di Badami. Bisa lanjut naik ojek pangkalan karena angkot tidak masuk kawasan KIIC. Tips jika naik ojek pangkalan tanya dulu ongkosnya berapa setahu saya kisaran Rp 20.000 sekali jalan. Khawatir kemahalan jika tidak deal ongkos di awal.

Atau bisa dari kota Karawang naik ojek online.

Baca juga : Cara pesan grab di smartphone.

Salah satu dampak positif dengan adanya kawasan KIIC di Karawang menurut saya adalah kegiatan ekonomi di sekitar Kawasan menjadi lebih ramai. Seperti usaha tempat Kos,makanan, transposisi dan lain-lain.

KIIC mungkin saja menjadi salah sartu tujuan para pencari kerja karena Karawang tertinggi untuk upah minimum kelayakan di Indonesia. Hal yang menjadi bisa negatif ialah pemerataan dalam hal ketenaga kerjaan. Dimana tenaga kerja lokal susah mendapatkan pekerjaan di daerahnya sendiri.

Salah satu sisi negatif lainnya menurut Saya yaitu areal persawahan makin berkurang,berubah menjadi perumahan,ruko-ruko,dan tempat bisnis lainnya. Nentu tidak ingin Karawang yang tadinya Kota padi jadi kota Industri, dengan mengorbankan Persawahan.

Referensi artikel:

kiic.co.id

Tinggalkan Balasan