Kendala dan Solusi Membuat Toko Online Sendiri.

 
 

Membuat website toko online sendiri memang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah untuk saat ini. Walaupun Kita hanya seorang pemula dalam dunia web, kita masih bisa mewujudkan membuat toko online sendiri dengan menggunakan content management sistem (CMS).
CMS atau content management sistem,secara sederhananya adalah sebuah aplikasi untuk membuat website misalnya untuk membuat website toko online atau blog. Proses membuatnya yaitu dengan menginstall CMS,install plugin,lalu atur sesuai keinginan. Maka toko online Anda siap untuk digunakan dengan mengupload produk terlebih dahulu. Untuk membuat website toko online salah satu CMS yang bisa Anda gunakan adalah WordPress atau Opencart.

Membuat website toko online dengan CMS tersebut hasil yang diperoleh sudah cukup memenuhi sistem toko online seperti keranjang belanja ,payment system,metode pengiriman dll. Dan dari desai webite juga sudah sangat bagus.

Supaya bisa menggunakan CMS tersebut harus mempunyai domain dan hosting sendiri jadi tidak bisa yang gratisan.

Domain dan hosting bisa disewa di perusahaan jasa hosting untuk paket bulananan atau pertahun.

Setelah Anda mempunyai domain dan hosting dan toko online Anda sudah jadi. Yang menjadi harapan untuk Kita adalah banyak pengunjung dan banyak juga yang membeli produk.

Namun antara harapan dan aktual sering kali berbeda seperti ingin sukses dalam bisnis online dengan membuka toko online. Membuat toko online memang menurut saya cukup mudah namun yang sulit adalah membuat toko online yang sukses . Belum lagi Contoh kasusnya adalah menarik pengunjung ke toko online dan setelah banyak pengunjung tidak mudah juga untuk meng goalkan penjualan produk. Jika lama-kelamaan seperti itu maka toko online yang kita buat cape-cape bisa terbengkalai dan akhirnya tutup. Tentu itu tidak ingin terjadi pada toko online kita. Pada artikel kali ini akan Saya berikan informasi kendala apa saja dan sedikit solusi buat Anda yang akan berniat membuka toko online sendiri.

 Kendala dan solusi membuat toko online sendiri:

  • Kendala pertaman yang akan dihadapi bagi pelaku usaha penjual di toko online yang di buat sendiri ialah Modal.Tidak hanya jualan offline saja yang butuh modal bagi pelaku penjual online juga butuh modal. Modal juga tidak sedikit terutama bagi Anda yang akan menjual barang dengan stok produk sendiri. Tentu dengan stok produk sendiri maka resiko kerugian jika gagal akan lebih besar. Solusi untuk meminimalkan kerugian tersebut ialah dengan mencoba menjadi reseller dan dropshipper terlebih dahulu. Banyak suplier-suplier yang terpercaya untuk Anda,dengan menjual produk mereka di toko online Anda.
  • Kendala kedua ialah persaingan yang sangat ketat dengan toko online atau e commerce sudah terkenal seperti Tokopedia,Bukalapak,Shoppe dll. Promosi yang sangat intens di berbagai media akan membuat toko online kecil sulit untuk berkembang. Untuk masalah promosi toko online kita yang bisa dicoba yaitu dengan prormosikan wesite toko online kita secara gratis lewat media sosial seperti facebook,tweeter,instangram dll.
  • Kendala ketiga susah mendapatkan kepercayaan calon konsumen. Tidak bisa dipungkiri memang kepercayaan di dunia usaha online merupakan sesuatu yang sangat penting karena kita menjual barang tidak langsung bertatap muka ,hanya berdassarkan dekripsi semata. Jadi untuk membangun kepercayaan terhadap toko online akan cukup sulit. Solusi yang bisa dicoba ialah dengan menjual kepada teman terdekat terlebih dahulu.
  • Kendala ke empat ialah butuh waktu untuk mempelajari membangun website toko online kita terutama yang belum terutama bagi pemula,walaupun menggunakan cms setidaknya tetap kita akan meluangkan waktu untuk belajar menggunakannya. Solusi yang bisa di coba ialah dengan banyak membaca artikel dan bealajar melalui tutorial dari youtube.

Itu tadi kendala berjualan dengan membuat toko online sendiri. Semoga bisa memberikan informasi yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan