Kenapa Lulusan SMA Susah Cari Kerja?

Jangan heran kenapa mencari kerja itu sulit,salah satu penyebabnya adalah antara jumlah pencari kerja dengan ketersediaan lapangan kerja yang tidak sesuai. Setiap tahun murid sekolah menengah atas (SMA) lulus sekolah. Sebagian melanjutkan belajarnya dan sebagian memutuskan untuk mencari kerja.

Selain penyebabnya karena timpangnya ketersediaan lapangan kerja dengan pencari kerja,bisa juga karena tidak sesuai nya skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan lebih membutuhkan pekerja yang mempunyai skill khusus tertentu misalnya bagian Engginering,IT,Tataboga atau skill lainnya.

Dengan sekolah menengah kejuruan atau SMK lebih sfesifik dalam hal melamar kerja. Ditambah dengan mengikuti kursus akan menjadi nilai tambah sehingga kesempatan mendapatkan pekerjaan jauh lebih besar. Walaupun hal tersebut bukan merupakan jaminan yang pasti juga. Tapi setidaknya sudah mempunyai arah tujuan akan melamat ke perusahaan apa.

Misalnya saja jurusan mesin kendaraan sepeda motor ya,mencoba terlebih dahulu ke perusahaan yang memproduksi sepeda motor. Baru Jika mentok tidak dapat pekerjaan yang diinginkan melamar ke perusahaan apa saja yang penting kerja.

Berdasarkan pengalaman jika lulusan SMA kadang memang baiknya untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi. Namun karena situasi dan kondisi tetap mencari kerja juga.

Sebetulnya lulusan SMA juga tidak perlu minder dan rendah diri dalam hal mencari kerja. Karena beberapa instansi swasta dan negeri juga masih menerima lulusan sekedar ijazah SMA. Misalnya mencoba mengikuti ujian CPNS untuk menjadi pegawai negeri. Atau mencoba melamar ke ke berbagai pabrik juga bisa.

Baca juga : Bagaimana gaji kerja di pabrik?

Kalau sudah rejeki kadang tidak memandang lulusan SMA atau bukan akan di terima juga. Toh kalau sudah masuk akan di training juga tentang pekerjaan yang akan dikerjakan.

Jika kamu adalah lulusan SMA /SMK baru lulus dan tertarik melamar di pabrik berdasarkan pengalaman dan sepengtahuan saya. Usia sangat berpengaruh untuk mendapatkan pekerjaan di pabrik semakin tua akan semakin sulit untuk di terima. Tidak tahu kenapa biasanya memberikan batasan usia yang diterima terutama lulusan SMA/SMK.

Kesimpulan Kenapa Lulusan SMA Susah Cari Kerja.

Jangan mudah menyerah ketika kamu sedang mencari pekerjaan walau hanya lulusan SMA. Pilih pekerjaan yang terdekat dan mungkin untuk dilakukan terlebih dahulu. Siapa tahu itu adalah jalan menuju pekerjaan yang kamu inginkan.

Baca juga: Tips mencari kerja di PT atau Pabrik dengan cepat.

Tinggalkan Balasan