Kenali dan Cegah Kecelakaan Kerja Akibat Slips,Trips Dan Falls

Bekerja merupakan aktifitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bekerja dengan aman merupakan hal yang menjadi perhatian di setiap tempat bekerja dimanapun,termasuk dimana tempat kita bekerja harus diperhatikan masalah keamanan bekerja. Jika kita membicarakan tentang keamanan dan keselamatan bekerja cakupannya cukup luas,namun yang ingin saya sampaikan melalui artikel ini adalah mengenai kecelakaan akibat SLIPS,TRIPS DAN FALLS.

Jangan anggap remeh kecelakaan akibat slips,trips dan falls ini menurut data dari arbill.com insiden akibat slips, trips, dan falls menyumbang penyebab kematian sebanyak 15% dari semua penyebab kematian dan yang kedua akibat kecelakaan berkendara.

Tujuan untuk membuat postingan kali ini adalah untuk menghindari kecelakaan akibat slips,trips dan falls.

Manfaat yang akan di dapat adalah kita akan lebih sadar akan bahaya akibat slips,trips dan falls dan berusaha mencegah kecelakaan akibat dari ketiga penyebab tersebut.

Sedangkan bagi perusahaan akan lebih efsien karena tidak harus mengeluarkan biaya pengobatan akibat kecelakaan kerja akibat Slips,TRIPS dan falls.

Bagaimana ? apakah ingin tahu lebih lanjut tentang slips trips dan falls?

Jika iya,Kita ketahui sama-sama yuk apa itu accident akibat slips trips dan falls? 

Dampaknya, preventive serta implementasi di area kerja dan lingkungan untuk keselamatan bekerja.

Slips atau terpeleset bisa terjadi karena kondisi lantai basah karena ceceran atau tumpahan cairan seperti air,atau fat (minyak). Dampak akibat kecelakan karena slips ini bisa cedera ringan hingga kematian. Cidera akibat slips atau terpeleset misalnya tangan keseleo,memar dan dampak paling buruk misalnya kematian karena ketika terpeleset terbentur kepala.

Cara Mencegah Kecelakaan Akibat Slips atau Terpeleset

  • Pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat,jika sakit lapor ke atasan ketika bekerja.
  • Selalu Konsentrasi ketika berjalan kaki
  • Jika potensi terjadinya slips karena ceceran air bisa dilakukan dengan cara mengeringkan air tersebut dengan cara di pell. Berikan tanda peringatan agar orang yang akan lewat atau menginjak lantai yang masih basah dan sadar bahwa lantai di area tersebut masih basah.
  • Jika karena fat bisa dibersihkan dengan cara dipel dengan air hangat atau panas dan ditambah pembersih lantai.
  • Jika di area proses terdapat ceceran gunakan sepatu safety dan cek secara berkala sepatu yang digunakan untuk memastikan dalam kondisi baik terutama bagian bawah sepatu anti slip masih baik. Jika tidak layak bisa hubungi bagian terkait untuk ditukar dengan yang baru.

Trips atau tersandung kecelakaan ini terjadi ketika berjalan kaki terkena barang misalnya produk,pipa kabel dll. Potensi Trips atau tersandung bisa terjadi karena penyimpanan tidak sesuai dengan prosedur,misalnya menyimpan barang di jalur khusu pejalan kaki. Atau bisa juga karena kita sendiri yang berperilaku tidak aman misalnya ketika mencari produk atau barang kurang memperhatikan area sekitar.

Cara Mencegah Potensi Terjadinya Trips atau Tersandung:

  • Pastikan Konsentrasi saat berjalan,contoh yang bisa berpotensi menghilangkan konsentrasi saat berjalan adalah menggunakan Handphone. Dan berpotensi terjatuh ketika turun atau naik tangga.
  • Simpan produk atau barang sesuai dengan tempat yang telah ditentukan,terutama menyimpan produk atau barang di area khusus pejalan kaki. Kondisi tersebut selain untuk kerapihan,keselamatan tapi juga penting ketika situasi emergency.
  • Adanya kontrol dari atasan setiap shift dan area penyimpanan produk untuk sesuai dengan prosedur.
  • Sebelum memulai aktifitas kenali potensi trips atau tersandung.
  • Rapihkan area kerja sebelum pulang agar shift berikutnya lebih aman dari accident slips,trips dan falls.

Fall atau jatuh kondisi dimana kita terjatuh bisa dari tangga atau dari ketinggian. Resiko kecelakaan kerja ini bisa mengakibatkan luka ringan sedang bahkan kematian.

Cara Mencegah Terjadinya Falls

  1. Pastikan kondisi kita sebelum bekerja dalam keadaan sehat, jika sakit informasi ke Supervisor.
  2. Selalu memegang handrail ketika naik atau turun tangga.
  3. Jika alat untuk naik misalnya tangga pastikan dalam kondisi baik.
  4. Selalu gunakan alat pelindung diri saat bekerja di ketinggian.
  5. Desain tangga dengan pegangan atau hand draill.
  6. Cek secara berkala tangga yang digunakan serta alat APD di ketinggian dengan berkala juga.

Baik itu Slips,trip dan Falls jika terjadi bisa berdampak cidera ringan bahkan kematian dengan demikian kita tidak boleh menganggap remeh tentang slips,trip dan falls. Dari ketiga istilah accident slips,trips dan falls bisa berkaitan satu sama lain.

Contohnya satu kasus adalah ketika seorang karyawan hendak memperbaiki lampu ruangan yang mati hendak diganti dengan yang baru. Ketika naik berjalan lancar tapi begitu turun terpeleset (slips) karena lantai licin dan karena penyimpanan peralatan kerja tidak rapih dan akhirnya tersandung (trips) dan pada akhirnya terjadilah jatuh (falls)

Mungkin untuk menggambarkan kejadian tersebut adalah sudah terjatuh tertimpa tangga pula.Walaupun contoh kasus diatas merupakan hal  yang jauh dari kenyataan tapi hal itu bisa saja terjadi,jadi kita harus hati-hati terhadap slips,trips dan falls.

Kesimpulan dan Implementasi Pencegahan Akibat Bahaya Accident Slips,Trips dan Falls

  1. Jangan anggap remeh tentang keselamatan kerja termasuk slips,trips dan falls karena bisa mengakibatkan cedera ringan hingga kematian.
  2. Lihat potensi di area tempat kita bekerja saat ini, untuk menentukan prioritas potensi dari accident slips,trips dan falls. Misalnya di area potensi slips lebih besar dibandingkan dengan area area lainnya,karena tempat proses berbagai fat. Trips atau tersandung misalnya di arena penyimpanan produk. Dan Falls ketika penggunaan tangga bagi karyawan yang bekerja di area ketinggian ketika pasang lampu dll.
  3. Pada prinsipnya potensi slip,trips dan falls tidak hanya bisa diimplementasikan di area bekerja tapi juga bisa untuk di rumah dan lingkungan sekitar kita agar berhati-hati.
  4. Selalu diingatkan ketika breefing sebelum bekerja tentang bahaya accident slips,trips dan falls.
  5. Mulai dari diri sendiri preventive terhadap slips,trips dan falls.

Tinggalkan Balasan