Kabar Geevv Mesin Pencarian Buatan Indonesia.

Beberapa tahun belakang sempat santer di beritakan tentang situs mesin pencari buatan Indonesia yaitu Geevv. Baik itu dibahas di media televisi atau pun berita online. Dan kemarin sempat ramai lagi di berita online karena di klaim oleh salah satu pihak. Namun buka masalah klaim mengklaim yang saya akan bahas yaitu apakah geev tutup karena saat postingan ini dibuat tidak bisa diakses.

Perkembangan situs mesin pencari buatan dalam negeri ini,dari sudut pandang saya sendiri.

Kita berkenalan lebih dekat apa itu Geevv?

Geevv adalah social search engine yang mendonasikan 80% penghasilan iklan untuk program sosial di bidang pendidikan,kesehatan dan pengentasan kemiskinan. ( Sumber Playstore). Salah satu fitur nya adalah sebagi mesin pencari yang aman untuk segala usia.

Di playstore aplikasi Geevv saat tulisan ini di buat sudah versi 1.2.1. dan update terakhir 9 February 2017. Menurut saya sudah cukup lama juga sebuah aplikasi tidak diupdate.

Aplikasi tersebut sudah didownload lebih dari 100 ribu pengguna. Ditawarkan oleh Verbdigital.inc. Serta dirilis pada tanggal 10 November 2016.

Siapa pendiri Geevv ini? Bersumber dari Wikipedia Geevv didirikan oleh Azka Slimi, seorang pegiat dan aktivis organisasi masyarakat memiliki inisiatif untuk mengembangkan potensi teknologi digital dalam menghadapi segala isu dan masalah sosial dan lingkungan. Oleh sebab itu, Geevv berkomitmen untuk mendonasikan 80% pendapatan dan keuntungan untuk program sosial dan 20% sisanya untuk meningkatkan kualitas layanan dan operasional situs web.

Gevv tidak bisa diakses

Itu sekilas tentang geevv, sekarang saya coba buka situta geev dengan alamat https://geevv.com ,namu hasilnya adalah error. Tidak tahu kenapa apa situsnya sedang dalam perbaikan atau bisa juga handphone saya yang lagi error.

Screenshot situs Geevv error.

Masih penasaran saya juga coba download aplikasi Geevv langsung dari playstore. Setelah terdownload saya langsung buka aplikasi tersebut dan tampilannya depannya keren. Ada kolom pencarian serta ada total donasi.

Step selanjutnya adalah saya coba search enginenya yaitu dengan mengetik “lowongan kerja”. Hasilnya tidak muncul hasil pencarian, walaupun sudah ditunggu beberapa saat. Lagi-lagi apakah sedang perbaikan entahlah?. Tapi saya coba di Google lancar jaya untuk pencarian istilah lowongan kerja.

Saya kembali ke Playstore dan melihat-lihat komentar untuk aplikasi Geevv. Ternyata yang komentar rata- rata tahun 2018.

Lalu terbesit di benak apa situs Geevv tutup??? Atau bagaimana?? Saya buka menu untuk cek apakah fungsi menu aplikasi masih berjalan?? Yang terbuka hanya informasi donasi Rp40.

Saya semakin penasaran dengan membuka setiap halaman namun hasilnya hanya loading tidak muncul text atau gambar.

Baca juga: Ecosia Mesin Pencari Mirip Geev.

Apakah geev tutup?

Apakah geev tutup? Entah lah mungkin sedang perbaikan. Saya coba daftar ke Geevv tapi lama loading nya.

Memang untuk saat ini Google search engine paling populer. Namun melihat Geevv ini menunjukkan bahwa orang Indonesia juga mempunyai potensi untuk membuat search engine sendiri. Saya yakin suatu saat orang Indonesia juga mampu membuat sebuah aplikasi yang mendunia seperti Google.

Sekian postingan kali ini tentang kabar Geevv mesin pencari buatan Indonesia.

Baca juga : Alternatif search engine selain Google.

2 Comments

Netbook saya sejak 2016 atau 2017 juga sudah pakai geevv sebagai default, tp karna jangkauannya yg ga se-luas google, juga hanya sesekali dipake. Tp belakangan pas mau pake juga eror.. ditutup apa ya.. tp masih ngarep semoga hanya perbaikan.

Tinggalkan Balasan