Jalur Mudik Dari Karawang Garut.

Mudik atau pulang kampung biasanya dilakukan saat hari lebaran atau libur panjang lainnya. Setelah bekerja penuh lalu ingin mudik untuk menghilangkan kepenatan atau bertemu keluarga merupakan ide yang bagus. Namun bagi Anda yang belum tahu jalur mudik Karawang-Garut, berikut ini informasi jalur mudik Karawang-Garut yang bisa jadikan panduan untuk Anda sebelum mudik dari kota Karawang Garut. Baik itu menggunakan kendaraan mobil pribadi,kendaraan umum Bus Karawang Garut atau sepeda motor.

1. Menggunakan kendaraan Mobil pribadi.

Jika kamu hendak mudik menggunakan mobil pribadi maka jalur mudik agar lebih cepat yaitu melalui jalan tol Karawang Barat atau Karawang Timur nanti keluar pintu tol Cileunyi Bandung.
Sampai disana belok kanan lanjut jalur nagreg sampai di jalan cagak ambil kanan untuk menuju kota Garut.
Ikuti jalan sampai di kadungora>leles > Tarogong> Termninal Guntur>kota Garut dan sampai.
Pastikan etoll cukup,untuk tarif etoll saya belum punya informasi jika ada nanti saya update.

Jika kondisi jalan lancar dapat ditempuh sampai tujuan terminal garut sekitar 5-6 jam an.

2. Menggunakan Bus kendaraan umum dari Karawang Garut bisa menggunakan.

a. Menggunakan Bus Primajasa jurusan Jakarta-Garut.

Tempat berhenti dan cek di full primajasa Pom bensin KM57. Keberangkatan cukup banyak di siang hari kalau ga salah tiap jam ada sampai pukul 21.00 wib jalur JakarJika naik Bus di km57 ikut tarif jakarta sekitar 60.000an sampai di terminal Guntur Garut.

Di dekat full primajasa KM57 tersebut peneitipan motor yang bisa digunakan untuk menitipkan kan motor kamu.
b. Menggunakan kendaraan umum BUS Karunia Bakti Cikarang Garut .

Dari Karawang ke Garut bisa naik Bus Karunia bakti jurusan Cikarang-Garut,karena di terminal klari Bus Karawang Garut tidak tersedia jurusan tersebut

Jadi Anda harus menunggu mobil tersebut lewat Karawang. Tempat menuggu Bus lewat bisa di halte terminal Tanjungpura,di flayofer lamaran,di klari dekat terminal,sebelum pintu tol Karawang timur atau di sepanjang jalur jalan baru.
Bus Karunia melewati daerah Karawang bisa di tunggu di Flayover – Lamaran- Karawang Timur sekitar jam 6.00 jam 9.00 jam 11.00 dan jam 13.30 kalau bisa sudah di tempat di jam tersebut. Mungkin waktu keberankatan bisa saja berubah karena macet atau hal lainnya kadang saya juga menunggu agak lama.
Ongkos naik Bus Karunia Bakti Karawang sampai terminal Guntur- Garut Rp50.000an, harga bisa berubah di hari Raya seperti idul fitri sekitar Rp75.000 an.
Rutenya Cikarang-Karawang masuk tol Karawang Timur-keluar tol Cileunyi Bandung-Garut.
Terkadang kalau yang mobil AC ekonomi yang penumpangnnya masih sedikit masuk dulu ke Cikopo- Purwakarta baru masuk tol lagi.
Kekurang nyamanan sering terjadi ketika hari libur panjang yaitu tidak kebagian tempat duduk dan terpaksa penumpang harus rela berdiri itu saya pernah alami.

Baca Juga : Jadwal Bus Cikarang Garut.

c. Kendaraan umum Bus alternatif naik Bus Budiman.
Jika kendaran tadi penuh atau terlalu lama menunggu alternatif Bus yang bisa di naiki adalah Bus Budiman jurusan Cikarang -Tasik. Turun di Cileungyi di sambung lagi dengan mobil jurusan Bandung-Garut atau mobil Bus lain yang menuju ke Garut, ogkosnya sekitaran Rp25.000.
Dan ongkos pun nambah lagi dari Cileunyi- Garut sekitar Rp20.000.

3. Menggunakan kendaraan Sepeda Motor.

Mengunakan sepeda motor jalur mudi yang bisa melalui Karawang-Klari-Pasar Kosambi- Belok Kanan jalan Curug-Purwakarta-jln Cikalong-Padalarang-Cileunyi-Nagreg-Kadu ngora Garut-Leles-Tarogong-terminal-Garut kota.
Jika menggunakan kendaraan motor pastikan motornya sehat dan pengendara fit.
Service dulu motor agar di pastikan selamat sampai tujuan.
Informasi jalan yang akan di tempuh
Karawang – Garut banyak belokan dan turunan tajam sehingga kita harus berhati-hati menjaga kecepatan,apalagi saat hujan karena jalanan licin.
Utamakan keselamatan bukan kecepatan ya.
Waktu tempuh tergantung dari situasi dan kondisi. Ketika suasasa normal sekitar 5 sampai dengan 6 jam. Jika terjadi macet atau hal lain bisa saja berbeda dan tergantung dari si pengendara juga.

Baca Juga: Mudik pakai motor dari Garut ke Karawang dan sekitarnya.

Alternatif Jika tidak tahu jalan curug bisa lewat cikampek tepatnya sebelum flyover cikampek ambil kiri dan di bawah flyover belok kanan ke arah Purwakarta.

Malu bertanya sesat di jalan sekiranya ragu silahkan bertanya saat di perjalanan.

Selamat mudik …

Tinggalkan Balasan