IMEI Invalid Pada Handphone.

Handphone Anda mengalami masalah tidak bisa Internetan,SMS,atau menelpon,tapi indikator sinyal penuh sedangkan kuota internet masih banyak?. Coba cek di hanphone Anda dengan mengetik di papan tombol *#06#. Jika yang muncul adalah nomor IMEI hanphone, berarti masalah lain mungkin masalah hardware ,tapi jika hasil pengecekan nya adalah IMEI Invalid atau IMEI Null ,maka itu bisa jadi nomor IMEI handphone bermasalah. Apa itu nomor IMEI pada handphone ? Nomor IMEI (International mobile station equipment) merupakan pemberi informasi tentang ponsel yang digunakan,misalnya pabrik pembuat ponsel, model ponsel dan lain-lain. Nomor IMEI terdiri dari 15 digit yang mana nomor tersebut merupakan nomor identisan mesin handphone. Jadi setiap handphone nomor IMEI nya berbeda-beda. Nomor IMEI pada handphone bisa di temukan di kardus handphone atau pada mesin handphone.

Penyebab terjadinya IMEI invalid atau IMEI Null ini bisa terjadi setelah proses flashing upgrade,down grade atau juga bisa tiba-tiba hilang setelah direstart ulang. Jika mengalami hal tersebut jangan buru-buru dibawa ke tempat service bisa di coba oleh Anda di rumah, lumayan bisa menghemat waktu dan biaya sevice.

Kejadian IMEI hilang ini pernah saya alami setelah restart ulang karena sempat nge hang. Setelah dihidupkan kembali tidak bisa sms,nelepon ataupun internetan sementara kuota internet baru beli. Handphone yang saya miliki pada waktu itu adalah Polytron W8470. Menurut informasi yang saya rangkum cara ini untuk Handphone yang berchipset mediatex,made in china. Mungkin saja hasilnya berbeda oleh karena itu silahkan lakukan dengan resiko sendiri ya.

Cara mengatasi Imei Invalid pada handphone:

1.Install MTK Engineering Mode di hanphone Anda terlebih dahulu, ukuran data cuma 1,2MB bisa di download di Google Playstore. Oh ya,kan hanpdhone sedang bermasalah tidak bisa internetan,solusinya dengan menggunakan wifi bisa sambungan hotspot ke teman atau sodara Anda.
2.Setelah diinstall buka aplikasi MTK Engeenering dan pilih/tap MTK settings >Connectivity.
3.Pilih/tap CDS informastion>Radio Information.
4.Pada halaman Phone Information terdapat dua pilihan
  • Phone 1 merupakan tempat untuk input nomor IMEI sim card 1 masukan Nomor IMEI di antara tanda kutip (“nomor IMEI)”. Beriku caranya : tap/pilih Phone 1, di AT+ ketik E nanti akan muncul pilihan berupa dropdown dan pilih AT+EGMR=1,7,”Masukan nomor IMEI 1 disini”. Lalu pilih sent at command dan kembali.
  • Phone 2 merupakan tempat untuk input nomor imei simcard 2, jika hanphone kamu mempunyai dua sim card. berikut caranya tap/pilih Phone 2, di AT+ ketik E nanti akan muncul pilihan berupa dropdown dan pilih AT+EGMR=1,10,”Masukan nomor IMEI ke dua disini“. Lalu pilih sent at command.

5.Setelah selesai input dua nomor IMEI coba hp Anda dimode pesawat terbang atau di restart ulang,cek dengan mengetik *#60#. Kalau berhasil makan akan muncul nomor IMEI dari kedua simcard Anda.

Tips jika sudah melakukan hal tersebut tapi masih gagal, ulangi lagi langkahnya dan coba kasih spasi di AT+EGMR(spasi)=1,10″xxx”

Itu tadi cara mengatasi imei invalid menggunakan aplikasi MTK Engineering Mode ,Semoga tips dan trik buat mengatasi Imei invalid pada handphone Anda bisa berhasil.

Tinggalkan Balasan