DuckDuckgo Mesin Pencari Alternatif Selain Google

Google memang untuk saat ini merajai untuk mesin pencari yang paling popular di gunakan di dunia. Baik itu melalui smart phone atau pengguna desktop. Termasuk saya sendiri paling sering menggunakan Mbah Google untuk mencari artikel atau produk.

Namun apakah mesin pencari web hanya Google saja? Jawabannya tentu tidak kebetulan memang untuk saat ini Google paling populer. Jika ingin tahu situs pencari apa saja selain google mungkin bisa di baca postingan terdahulu yaitu 10 alternatif mesin pencari selain Google.

Dari ke sepuluh mesin pencari tersebut ada situs pencari yang namanya DuckduckGo. Untuk pertama kali mendengarnya akan terasa aneh mungkin karena ada kata Duck yang artinya adalah bebek. Jadi awal pendiri Duckduck Go ini mengambil nama situs ini memang dari nama mainan anak anak yaitu bebek bebek angsa atau duck duck goose.

Pendiri dari duckduckgo adalah Gabriel Weinberg yang bermarkas di Valley Forge, PA, United States situs ini diluncurkan pada tanggal 25 September 2008. Duckduckgo yang merupakan jenis mesin pencari web ini menggunakan data informasi dari berbagai sumber seperti dari wikipedia,yandex,yahoo,wolframalpha. Duckduckgo memberikan kelebihan dari mesin pencari lainnya yaitu masalah kebijakan privasi mereka tidak merekam data pengguna. Hal privacy sangat consern dilakukan oleh duckduckgo (DDG) ini terlihat dari misi DDG. Yaitu

Terlalu banyak orang yang percaya bahwa Anda tidak bisa mengharapkan privasi di Internet. Kami tidak setuju dan telah menjadikan misi kami untuk menetapkan standar baru kepercayaan online. Saatnya mengambil kembali privasi Anda! Dengan pencaran privasi dan menyederhanakan pencarian. Dan DDG Memberikan tips tentang privasi.

DDG

Untuk menggunakan situs ini tidak di perlukan daftar dan login. Peringkat duckduckgo di alexa pada tahun 2017 menempati posisi ke 147.

Saat Anda mengunjungi pertama situs duckduckgo menggunakan desktop dan menggunakan Chrome, sampai pada halaman awal akan ada pilihan untuk menambahkan DDG ke mesin pencari menjadi utama di browser. Jika ingin mencobanya Tap maka akan di arahkan ke webstore dan tambahkan ke Chrome. Jika di Smart phone dan menggunakan Google Chrome untuk mencoba mesin pencari Duckduckgo ini bisa di setting dengan cara. Buka aplikasi Chrome>Tap titik tiga di kanan atas pilih setelan>Mesin telusur dan selesai,coba lakukan pencarian maka situs pencari akan menggunakan Duckduckgo.

Nah itu tadi sekilas mengenai Duckduckgo salah satu situs pencari alternatif selain google dengan keunggulan lebih mengedepankan privasi penggunanya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai mesin pencari alternatif lain ada juga Geev mesin pencari buatan dalam negeri Geev dan juga Ecosia.

Tinggalkan Balasan