Cerita Ketertarikan Penulis Online Membuat Blog.

Ini adalah postingan pertama Saya bagaimana ketertarikan dan sejarah untuk membuat sebuah blog yang sederhana ini. Pada mulanya Penulis ingin mempunyai sebuah bisnis online atau lebih tepatnya adalah ingin memperoleh penghasilan lewat internet. Dan dari niat itulah mulai melakukan ikhtiar dari membuat toko online,jualan juga lewat e-commerce,media sosial,cari kerja sampingan online dan membuat blog. Membicarakan blog,ini yang pertama kali karena “katanya” nge blog juga bisa memperoleh penghasilan maka dari itu nge blog in juga akan dilakukan secara “maksimal”.

Kenapa penulis tulis “katanya” di beri tanda tanda petik karena Saya sediri juga belum pernah mengalaminya. Oleh karena itu penulis online ingin membuktikan apa betul nge blog bisa menghasilkan penghasilan tambahan bahkan menjadi penghasilan utama. Melalui blog ini dengan niche tutorial membuat blog dan lain-lain alias campuran juga,dengan target minimal satu artikel seminggu. Dengan mengandalkan visitor dari organic search Google dan media sosial.

Kenapa penulis tadi secara serius? karena pada dasarnya semua orang bisa buat blog dengan yang gratisan tanpa memikirkan modal untuk biaya doamain dan hosting. Jadi tinggal daftar akun,fokus nulis-nulis aja tanpa ribet. Tapi dibalik itu tentunya fasilitas yang ditawarkan terbatas dan kalau tidak hati-hati “katanya” sewaktu-waktu blog kita bisa saja dihapus tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu jika melanggar kebijakan penyedia layanan. Seperti saya dulu pernah buat blog untuk iseng saja toh gartis ini ,yaitu memilih platform blogger yang gratisan bermodalkan alamat email dan pulsa internet saja.

Lalu beralih ke wordpress setelah saya membaca beberapa artikel baik itu yang dari lokal dan blog luar jika ingin serius merekomendasikan untuk menggunakan platform yang lebih mandiri yaitu CSM wordpress. WordPress ini merupakan cms paling populer katanya lagi berita-berita dan blog terkenal menggunakan platform ini. Jadi penulis online sudah mantap 100% menggunakan platform wordpress.

Sudah (mantap betul) menggunakan cms WordPress selanjutnya saya mencari perusahaan penyedia domain dan hosting. Saya mengandalkan Google untuk mencarinya dan juga melihat testimoni dari blog yang sudah mengulas hosting-hosting terbaik. Lalu saya memutuskan untuk memilih Domainesia. Di domainesia sampai dengan saat ini penulis cukup nyaman dengan harga terjangkau,pemebayaran mudah,kecepatan ok dan ada fitur instant deploy. Insatant deploy adalah intsall otomatis CMS misalnya wordpress setelah pembelian domain dan hosting diselesaikan. Maka secara otomais wordpress terinstall sehingga kita bisa menghemat waktu installasi wordpress.

Berikut pengalaman penulis online membeli domain dan hosting di Domainnesia untuk Membuat Blog .

Sebagai pemula penulis online membeli paket hemat karena,kan blog ini baru awal mungkin traffick nya juga masih sedikit.

1.Siapkan Nama domain untuk blog yang akan Anda buat. Buatlah nama domain yang mudah diingat pilih akhiran .com,.net,.id. atau lainnya, Jika saya lebih menyukai akhiran.com “katanya” .com ini meruapkan akhiran domain yang paling populer contoh nama domain penulisonline.com.

2.Tentukan paket hosting sesuai dengan kebutuhan jika dirasa kurang nanti bisa di upgrade. Jika sudah meimilih paket akan diarahkan langkah selanjutnya.

Contoh gambar paket extra,lokasi serve singapura,addon di centang dan addon DNS Zone Manager juga centang(gratis).

Selanjutnya adalah pilih instant deploy install wordpress lebih cepat,isi username dan pasword untuk masuk ke admin area blog WordPress Anda.

Boleh berbeda user name dan pasword dengan akun untuk masuk ke area admin domainesia. Lakukan pembayaran bisa melalui Bank BCA,Bank Mandiri,Pay pal,Visa,Go Pay,Virtual account,Indomaret dan Alfamart. Setelah melakukan pembayaran bisa melakukan konfirmasi pembaran untuk memberikan informasi ke domainesia.

Setelah proses pembayaran selesai dan pihak domainesia menerima pembayaran dari Anda jika sukses maka nanti akan menerima email dan juga sms pemeberitahuan account untuk masuk ke area admin blog dan jika anda mencoba mengunjungi situs anda pertama kali akan di arahkan untuk memilih tema,terserah Anda kalau saya dulu memilih default twenty seventeen baru nanti diubah.

Inilah tampilan pertama penulisonline.com. Selamat sekarang Anda sudah mempunyai blog sendiri. Masuk ke area admin dengan mengunjungi domainanda.com/wp-admin/. Setelah itu yang dilakukan pertama penulis online ialah pengaturan permalink. Caranya di dashboard klik Pengaturan>> Permalink,penulisonline memilih namadomain.com/judul-tulisan tapi itu tergantung selera Anda.

Pengaturan Permalink ini jika sudah mempunyai banyak post dan hendak di ubah akan mempengarungi SEO jadi pikirkan baik-baik dan lakukan di awal pembuat blog.

Jika ingin merubah pengaturan bahasa Situs di wordpess Anda dapat mengturnya di admin>>Pengaturan>>Umum>>Bahasa situs >>Bahasa Indonesia lalu simpan.

Sekarang blog sederhana dengan tema default sudah selesai dibuat selanjutnya jika Anda hendak mengganti tema bisa dilakukan di halaman admin>>tema>>tambahkan baru. Bisa langsung install atau pratinjau terlebih dahulu.

Baca juga : Cara menambahkan plugin di wordpress.

Sekian dulu postingan Penulis Membuat Blog kali ini Insya Allah nanti di lanjutkan dengan postingan-postingan berikutnya.

Tinggalkan Balasan