Cara Pengaturan Google Analitycs di Opencart.

Sebelum masuk ke pembahasan pengaturan Google Analitycs di Opencart alangkah baiknya diulas sedikit apa itu Google Analytics.Terutama ini untuk Anda yang belum tahu? Berikut pengertian Google analytic yang saya kutip dari wikipedia.

“Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web,Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF”.

Seperti yang dijelaskan di atas, google analytic bisa menelusuri pengunjung,melihat tampil perhalaman dan mentrace pengunjung dari mana datangnnya dan data lainnya. Jadi alangkah baiknya juga di toko online opencart kita install Google analyitics.

Data-data hasil penelusuran tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengembangkan website toko online opencart seperti produk mana saja yang paling diminati dan data penting lainnya.

Bagaimana cara menghubungkan Google Analitycs di Opencart?.
Caranya cukup mudah yaitu dengan mengkoneksikan toko online dengan google analytic menggunakan kode ID opencart.

Pastikan sebelumnnya sudah mempunyai akun google analitycs terlebih dahulu. Daftarkan domain dan data lainnya baru dapat kode ID Pelacakan ,berikut link untk mendaftar di google ananalytics https://analytics.google.com/.

Jika sudah mempunyai akun google analytics tinggal tambahkan properti ke google analytics.

Berikut Pengaturan Google Analytics di Opencart :

1.Masuk ke panel administrator toko online anda.

2.Pada halaman Pengaturan extensi>Klik Google analytics klik tanda plus untuk install.

3.Pada domain toko online anda, lalu Klik edit.

4.Setelah klik edit pada  toko online,masukkan kode google analytics dengan  cara copy paste di kotak yang tersedia.

5.Aktifkan lalu simpan.

Setelah berhasil memasang google analytics ditunggu saja nanti beberapa saat akan tampil data-data di google analitycs.

Dengan begitu diharapkan kita bisa melihat data-data penting dari google analitycs yang bisa dimanfaatkan dari data tersebut.

Tinggalkan Balasan