Cara Mengurus STNK Hilang

Cara Mengurus STNK Hilang

Selain BPKB yang harua di miliki oleh pemilik kendaraan yapi juba lmsyahrikaAda beberapa syarat penting yang harus di miliki oleh pemiliki kendaraan bermotor yang kehilangan stnk untuk membuat yang baru.

Berikut langkah-langkah untuk proses STNK yang hilang:

1. Bawa kendaraan ke kantor Samsat untuk pemeriksaan fisik.

2. Fotokopi hasil tes dan isi formulir pendaftaran di loket pendaftaran.

3. Pemilik datang ke loket untuk mengurus STNK yang hilang di Samsat. Kepala Dinas Lalu Lintas dan Pengawasan Polda DIY Kompol Yugi Bayu Hendarto menjelaskan, biaya yang dikeluarkan untuk membuat prangko baru karena hilang sama dengan biaya pembuatan prangko baru. Artinya, untuk sepeda motor Rp 100.000 dan untuk mobil Rp 200.000.

Cara mengurus barang hilang

kehilangan sesuatu yang berharga pasti bikin pusing. Apalagi yang hilang adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jika hal ini terjadi maka anda harus segera mengurusnya agar bisa mendapatkan sertifikat baru yang menjadi bukti identitas kepemilikan kendaraan bermotor.

Untuk di Indonesia, STNK dikeluarkan oleh Samsat yaitu tempat pelayanan penerbitan STNK oleh 3 instansi yaitu Kepolisian, Dinas Pendapatan Provinsi dan PT Jasa Raharja. Jadi kalau pajak motor yang sudah hilang belum dilunasi harus dibayar dulu.

Tapi bila sudah lunas, penerbitannya bisa langsung diproses. biaya penerbitan STNK baru, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp. 100 ribu. begitulah cara merawat stnk yang hilang.

Prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan dalam cara proses stnk yang hilang

Dalam proses pengelolaan STNK yang hilang tersebut Anda perlu mendatangi dua instansi pemerintah yaitu kepolisian dan kantor Samsat setempat. Mengenai apa saja yang perlu diperhatikan serta persyaratan dokumen yang diperlukan, nah berikut daftar lengkapnya.

Surat Keterangan Nomor Kendaraan merupakan salah satu dokumen pribadi yang cukup berharga karena, stnk merupakan bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang sah. STNK juga merupakan bukti registrasi dan otorisasi kendaraan berdasarkan identitas kepemilikannya.

  • Fotokopi STNK yang hilang (jika ada)
  • KTP asli dan
  • Fotokopi pemilik kendaraan;

Tata Cara Pengurusan Gambar STNK Hilang Kartu STNK (Surat tanda naik kendaraan) Jika persyaratan diatas sudah lengkap, berikut prosedur pengurusan STNK Hilang:

Datang ke kantor Samsat terdekat dengan membawa semua dokumen yang dipersyaratkan sekaligus map.

Cara merawat stnk yang hilang anda harus menyiapkan file sebagai syarat untuk mengganti stnk. Kondisi tersebut meliputi berikut ini.

  • fotokopi KTP asli pemilik kendaraan;
  • fotokopi STNK;
  • fotokopi dan BPKB asli;

Caranya cukup simple sob, syarat dan cara perawatan stnk hilang yang harus anda bawa saat melakukan penggantian stnk.

Lost stnk: jika stnknya hilang tidak perlu khawatir karena bisa di ganti dengan yang baru. hanya saja ternyata masih banyak yang belum memahami cara atau syarat dan tata cara pembuatan stnks baru karena masih ada yang hilang. Secara teori cukup mudah, hanya saja diperlukan antisipasi khusus sebelum stnk hilang.

Meminta fotokopi BPKB dan / atau surat pengantar dari dealer.

Khusus untuk kendaraan bermotor yang masih dalam masa kredit maka bpkb yang diurus untuk mengurus stnk hilang adalah fotocopy beserta surat lamaran yang bisa di minta di diler tempat anda membeli kendaraan bermotor tersebut.

Mungkin ada diantara kalian yang mencari cara untuk mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang hilang tapi motornya masih kredit. Tak sedikit pemilik kendaraan yang masih berstatus kredit di leasing juga mengalami kejadian ini.

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah apakah motor tersebut baru dibeli atau apakah itu motor bekas. Jika motor tersebut sebelumnya milik orang lain dan stnk yang hilang masih atas nama pemilik sebelumnya, maka ada dua pilihan untuk membuat stnk baru. Jakarta, sebuah motor hilang akibat banjir di metro jaya polisi jaya dapat dipulihkan.

Namun, pemilik kendaraan tetap akan dikenakan biaya sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif untuk jenis. Di sini Anda harus memberikan semua file dan sertifikat yang hilang. Anda harus membayar pajak kendaraan bermotor terlebih dahulu, baru Anda dapat membuat stnk baru.

Membayar biaya pengelolaan STNK. Cara Perawatan Bpkb Yang Hilang Tahun 2020 – kepemilikan kendaraan bermotor ditunjukkan dengan adanya bpkb (buku pemilik kendaraan bermotor) dan stnk (surat keterangan nomor kendaraan). Namun seringkali BPKB hilang karena berbagai sebab, seperti lupa disimpan atau dicuri.

Jadi jika hilang, maka kita harus segera menjaganya. Biaya perawatan stnk yang hilang dan angka pengelolaan stnk yang hilang tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2010 tentang PNBP. Artinya, untuk kendaraan roda dua Rp 50.000 dan untuk kendaraan roda empat Rp 75.000.

Sekian dulu postingan kali ini dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta di sebuah Pabrik KIIC Karawang. Selain kegiatan utama bekerja,saya juga suka nulis artikel di blog ini untuk berbagai pengalaman dan informasi.

Tinggalkan Balasan