Cara Menggunakan Aplikasi Samsat Online Nasional

Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi  kini pelayanan publik juga mulai beralih melalui teknologi tersebut. Sehingga dengan penggunaan teknologi digital dan internet dalam pelayanan publik,seharusnya pelayanan kepada masyarakat semakin dipermudah. Contohnya adalah pembayaran pajak kendaraan lewat  Samsat online nasional dengan menggunakan aplikasi ini kita tidak harus pergi ke kantor samsat.

Pengertian samsat online nasional yang saya kutip dari Indonesia.go.id adalah Samsat Online Nasional adalah layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Jadi pembayaran lewat samsat online nasional ini berlaku untuk pembayaran pajak tahunan ya.

Cara menggunakan samsat online Nasional

  1. Unduh aplikasi Samsat Online Nasional di Playstore.
  2. Jika Anda ingin membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), tekan menu pendaftaran.
  3. Setelah menekan tombol tersebut akan muncul pemberitahuan yang berbunyi “perhatian, TBPKP/SKPD dan stiker pengesahan STNK akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK.” Terdapat pilihan setuju dan tidak setuju. Apabila ingin melanjutkan pembayaran klik tombol setuju.
  4. Setelah menekan tombol setuju, akan muncul formulir yang harus diisi wajib pajak, yakni nomor polisi, NIK, lima digit terakhir nomor rangka, nomor telepon, dan email.
  5. Setelah selesai mengisi formulir, tekan tombol lanjutkan. Sistem akan memproses data tersebut selama kurang lebih satu menit. Jika data yang dimasukkan sudah benar, akan muncul data lengkap mengenai kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya dan besaran pajak yang harus dibayarkan.
  6. Setelah itu, wajib pajak tinggal menekan tombol setuju untuk mendapatkan kode bayar. Kode bayar yang digunakan untuk pembayaran melalui layanan E-Channel perbankan (e-Banking atau ATM) yang telah bekerja sama dalam pelayanan pembayaran.

Bank-bank yang bekerja sama untuk pembayaran samsat online nasional adalah:

  • Bank pembangunan daerah masing-masing
  • BRI
  • BNI
  • BTN
  • BCA
  • PERMATA
  • CIMB NIAGA

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Apabila kode bayar sudah keluar, wajib pajak tinggal membayarnya menggunakan mesin ATM. Kode bayar itu hanya berlaku selama dua jam.
  2. Setelah melakukan pembayaran, wajib pajak akan dikirimi E-TBPKP oleh pihak Samsat yang berlaku selama 30 hari sejak hari pembayaran.
  3. Setelah itu, dalam rentang 30 hari tersebut, wajib pajak harus datang ke Samsat untuk mengesahkan STNK dan meminta TBPKP/SKPD asli berdasarkan E-TBPKP atau struk pembayaran.

Namun ada hal yang menurut saya masih harus diperbaiki adalah di palystore aplikasi ini mendapatkan rating cukup rendah yaitu 2,4 dari 5. Dan saya juga melihat komentar dari pengguna yang kurang puas. Hal ini mungkin layanan ini sedang dalam pengembangan sehingga agak kurang memuaskan. Semoga saja untuk kedepan akan jauh lebih baik lagi dalam hal pelayanan di samsat online nasional ini. 

Untuk selengkapnya bisa di klik halaman tentang samsat online nasional di indonesia.go.id.

Baca juga : Lagi ada diskon triple untung di Sambara untuk bebas denda pajak kendaraan.

Tinggalkan Balasan