Cara Mengatasi Mesin Cuci Yang Bocor Dan Tidak Mau Menampung Air
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Cara Mengatasi Mesin Cuci Yang Bocor Dan Tidak Mau Menampung Air

Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi mesin cuci yang bocor. Saat itu air tidak mau terkumpul di tabung cuci sehingga tidak bisa digunakan untuk mencuci pakaian.

Selain itu, saya juga pernah memperbaiki mesin cuci yang selalu merembes air dari bawahnya sehingga lantainya menjadi seperti bak mandi akibat genangan air.

Karena baik mesin cuci 1 tabung atau dua tabung memiliki sistem drainase yang sama. Yang membedakan hanya cara membuang air, baik otomatis (1 tabung) maupun manual (mesin cuci 2 tabung).

Lalu bagaimana cara mengatasi mesin cuci yang bocor?

Cara terbaik dan yang harus Anda lakukan pertama kali adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian karet penahan air yang biasanya terdapat pada saluran pembuangan, yang terhubung langsung dengan saklar saluran pembuangan air. Lihat, ini karetnya

Karet berfungsi untuk menahan air agar tidak terbuang dan akan terbuka serta mengeluarkan air saat sakelar pembuangan diputar. Kalau di mesin cuci otomatis karet akan terbuka saat waktu pengeringan dimulai.

Biasanya mesin cuci yang bocor atau tidak menahan air memiliki karet yang rusak dengan tandanya karetnya berlubang. Solusinya beli mesin cuci karet baru dari toko elektronik atau bengkel terdekat.

Tidak tahu dimana itu juga?

Karet terletak di saluran air mesin cuci. Jadi untuk mengetahuinya harus terlebih dahulu menyalakan bodi belakang mesin cuci agar alat kelamin mesin cuci terlihat jelas … maksudnya bagian dalam mesin cuci dari mulai mesin, kotak dan tiriskan

Apakah ada kerusakan lain selain karet?

Jika setelah melihat kondisi karet masih bagus yang ditandai dengan tidak ada lubang disekitarnya, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada saluran air, terutama yang karet masih tersumbat oleh benda, misalnya jaket (lakukan masuk?) Artinya koin, kertas dan lain-lain.

Benda tersebut akan mencegah karet menutup sepenuhnya sehingga air terus mengalir karena tidak tersangkut karet. Solusinya cukup mudah, bersihkan saluran airnya.

Kerusakan lain juga dapat disebabkan oleh mata air yang lemah atau rusak atau mata air di saluran air mesin cuci yang tidak menutup saluran tersebut. Silakan beli yang baru.

Ada masalah lain?

Menurut saya kerusakan yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada bagian-bagian yang sudah saya sebutkan diatas, adapun kerusakan yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada saluran pembuangan itu sendiri yang rusak atau bocor. Ganti saja mesin cuci ….. tapi itu kejadian yang sangat langka.

Memperbaiki mesin cuci yang merembes

Mesin cuci yang bocor bisa disebabkan oleh faktor yang cukup sulit diperbaiki. Biasanya kebocoran mesin cuci adalah akibat selang pembuangan yang robek. Jadi saat Anda mengalirkan air, air muncul di bawah mesin cuci.

Solusi terbaik adalah dengan mengganti selang dengan yang baru, yang bisa didapatkan di toko elektronik atau bengkel elektronik rumah tangga

Bagaimana cara memasang selang mesin cuci?

Jika anda bingung bagaimana cara memasangnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka bagian belakang mesin cuci (mesin cuci)

Ada sambungan antara selang dan pipa pembuangan dari mesin cuci. Tolong cabut slangnya saja. Jika ada pengikat kabel, harap potong. Namun jika Anda menggunakan lem yang menyatukan selang dan pipa, Anda bisa merobek selang tersebut.

Pasang selang baru dengan cara menekan sambil memutar selang pada pipa lalu ikat dengan pengikat kabel agar tidak ada air yang keluar. Jika tidak ada pengikat kabel, kabel dapat digunakan

Apakah ada kerusakan lain?

Kerusakan lainnya dapat disebabkan oleh bagian gearbox yang tidak dapat menahan air. Sehingga air pada bak cuci menjadi penyerap dan membasahi bagian dalam mesin cuci dan lama kelamaan akan merembes. Akibat dari kegagalan tersebut adalah kerusakan pada motor listrik DINAMO.

Gerabox yang rusak dapat dilihat dengan banyaknya air yang membasahi gearbox.

Untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah, sebaiknya segera ganti gearbox dengan yang baru. dimana sobat pasti udah tau beli dimana.

Bagaimana cara membuka gearbox?

Sebelumnya harus anda ketahui bahwa begini cara membuka gearbox pada mesin cuci 2 tabung, untuk mesin cuci satu tabung jarang mengalami kerusakan ini, padahal harus bongkar selnya. Hapus bagian bawang yang menempel pada tabung besar pada mesin cuci 1 tabung

Cara membuka gearbox pada mesin cuci 2 tabung

Pertama, balikkan mesin cuci hingga bagian bawah mesin cuci berada di samping. Dilanjutkan dengan membuka semua baud yang menahan bagian bawang dari mesin cuci.

Baca juga: Fungsi tombol pada mesin cuci

Buka bagian bawah mesin cuci sampai Anda melihat gearbox.

Gearbox biasanya dipasang kembali, silakan buka baud. Harap lepaskan gearbox dan ganti dengan yang baru

Setelah itu buka baud yang menempel pada agitator yaitu bagian dalam dari tabung mesin cuci yang berbentuk seperti baling-baling. Pasang kembali semua bagian di mesin cuci. Jangan lewatkan apapun. Mudah bukan, Atau bahkan sulit?. Jika ingin lebih aman sebaiknya bawa ke tempat servis khusu mesin cuci ya.

Sekian postingan singkat kali ini semoga bermanfaat untuk anda.

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta yang suka juga dengan teknologi internet. Blog ini merupakan media saya berbagi Pengalaman dan informasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda

Tinggalkan Balasan