Cara membuat Website Toko Online Sendiri Untuk Pemula.

Bagaimana cara membuat website toko online sendiri untuk pemula?

Berikut jawabanya yang saya bisa uraikan berdasarkan pengalaman.

Pada awalnya tujuan Saya membuat website toko online adalah untuk coba-coba berjualan di internet siapa tahu sukses. Dan juga sekalian ingin menambah pengalaman dan pengetahuan tentang cara membuat berbagai webiste. Dari hasil itulah saya dapat sedikit pengalaman bagaimanana cara membuat website toko online,membuat blog,situs media sosial dan situs jual beli. Oleh karena itu ,mungkin Anda mengalami hal yang sama ingin membuat website toko online sendiri dan sekarang sedang mencari informasi tutorialnya disini saya akan share.

Tiga langkah membuat website toko online sendiri.

1.Tentukan Budget (anggaran) mau yang gratisan atau berbayar.

Pertama kita tentukan secara budget, mau gratisan atau berbayar. Menurut saya yang gratisan fitur-fiturnya kurang memuaskan dan terlihat kurang profesional. Dan jika menggunakan secara kurang leluasa untuk pengaturan toko online yang dibuat. Maka dari itu saya lewat dulu pembahasan membuat toko online secara gratisan. Mungkin nanti di artikel lain akan diulas mengenai membuat toko online yang gratisan.

Lanjut cerita saya bisa sedikit membuat toko online hasil dari perjuangan mencari informasi lewat internet dan mencobanya sendiri. Akhirnya baru bisa menemukan yang cocok sesuai dengan budget dan keinginan. Yaitu membuat toko online menggunakan content management system (CMS) wordpress. Secara singkatnya WordPress merupakan sebuah aplikasi terbuka untuk membuat berbagai website sesuai kebutuhan dan paling populer,seperti untuk membuat blog,situs jual beli,media sosial,toko online dan lain-lain. Dengan menggunakan wordpress kita bisa membuat toko online dengan mudah dan sangat membantu bagi pemula. Proses secara singkatnya adalah install WordPress,piliha tema yang sesuai dengan keinginan,intsall plugin woocommerce,setting,upload produk dan lakukan simulasi pembelian. Pada proses tahapan-tahapan tersebut jika ingin jelas nanti akan dibahas dalam artikel terpisah. Budget untuk membuat toko online sendiri yang pastinya dengan biaya seminimal mungkin yaitu dibawah Rp500 ribu.

2. Miliki domain dan Hosting.

Jika sudah menentukan menggunakan berbayar selnjutnya adalah siapkan nama Domain toko online Anda.Domain adalah nama unik buat di internet contohnya tokoonlinekamu.com, tokoonlinemurahpisan.net dll. Saran pilih nama domain yang berakhiran .com. Riset dulu nama domain yang akan digunakan seperti mudah di ingat tidak melanggar hak cipta dll.

Hosting merupakan tempat menyimpan file-file domain domain anda agar bisa di akses. Domain dan hosting bisa di dapatkan di perusahaan penyedia hosting misalnya Domainesia. Harga domain dengan berakhiran .com mulai dari Rp99.000,-/tahun dan hosting mulai dari Rp8.000,-/bulan. Cara pembayaran cukup mudah bisa melalui transfer Bank,Paypal,Kartu kredit,Go Pay,Indomart dan Alfamart.

3. Install WordPress dan Plugin Woocommerce.

Jika sudah mempunyai domain dan hosting install wordpress, install plugin woocommerce lalu configurasi. Maka hasilnya toko online sederhana bisa dibuat. Agar lebih jelas bisa dibaca di artikel berikut : Cara Membuat Website Toko Online Dengan WordPress.

Selanjutnya jika mempunyai budget lebih dan ingin lebih cepat selesai untuk pembuatan toko onlinenya. Anda bisa mengguanakan tema yang dirancang khusus untuk toko online yaitu menggunakan theme wordpress Smart toko. Theme Smart toko memiliki fitur-fitur cukup lengkap dan profesional untuk sebuah toko online, jadi kita cukup install wordpess install tema,atur sedikit dan selesai. Dengan menggunakan tema tersebut kita bisa menghemat waktu dan tenaga. lihat demo theme smart toko untuk mengetahui tampilannya.

Tinggalkan Balasan