Cara Membuat Website Toko Online Dengan WordPress

Toko online memang sedang di gandrungi saat ini karena banyak manfaat yang ditawarkan, baik itu untuk Pembeli maupun Penjual. Pembeli diberikan kemudahan tidak harus keluar rumah untuk membeli barang tinggal order,bayar dan pesanan pun datang. Sementara pengusaha juga diuntungkan dengan adanya sistem toko online misalnya secara modal lebih efisien.

Membuat toko online berdasarkan prosesnya saya bagi tiga,pertama prosesnya Lama,midle dan cepat. Sedangkan berdasarkan biaya saya bagi dua cara, pertama Gratisan (cukup dengan kuota data dan gadget), kedua harus mengeluarkan Modal (minimal beli nama domain dan hosting). Pada artikel ini akan dibahas mengenai Cara membuat toko online dengan proses waktu midle dan berbayar. Secara garis besar cara ini adalah Beli domain dan hosting, install wordpress,install woocommerce,install plugin pengiriman,upload produk ,selesai. Untuk secara lengkap ,berikut langkah-langkahnya:

Domain Dan Hosting.

Mungkin untuk sebagian orang belum tahu apa itu Nama Domain dan hosting. Berikut pengertian Nama Domain yang saya kutip dari wikipediaNama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Masih bingung?, berikut ini saya kasih contohnya, bukalapak.com, tokopedia.com ,lazada.com dll.  Bagaimana sekarang sudah tahukan nama domain?. Jadi Nama Domain nama yang akan dijadikan buat toko online kamu Nama domain usahakan seunik dan mudah di ingat serta top level domain (TLD) berakhiran .com.

Sedangkan hosting adalah Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Jika di analogikan website itu adalah bangunanya nama domain adalah nama toko kamu dan hosting adalah tanah tempat berdiri dari toko kamu.

Domain dan hosting kita bisa membelinya  atau menyewa di perusahaan penyedia jasa hosting misalnya Domainesia. Harga Domain mulai dari Rp99.000,- per tahun untuk berkahiran .com dan hosting tergantung paket yang di inginkan mulai dari Rp 8000 perbulan. Kalu di Domainesia tersedia instant deploy saat pembelian domain dan hosting jadi kita bisa install langsung WordPress,jadi lebih cepat tanpa ribet. Jadi langkah proses install worpress bisa di lewati.

Langkah – langkah Cara Membuat Website Toko Online Dengan WordPress

Install WordPress.

Pengertian WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Dari penegrtiannya wordpress untuk membuat blog saja namun sekarang Kita juga bisa membuat toko online dengan wordpress.

Beriku ini langkah-langkah install wordpress melalui di cpanel:

1.Login ke Cpnel tokoonlineanda.com/cpanel,menggunakan username dan pasword yang didapat dari penyedia jasa hosting biasanya dikirim via email atau sms.

2.Jika sudah masuk ke cpanel selanjutknya skroll ke bawah dan cari instant deploy lalu klik wordpress.

3.Setelah terbuka halaman baru lalu klik insall Now. Lalu isi data sebagai berikut:

Choose Protocol : isi menggunakan ssl atau tidak jika tidak default dengan http://.

Choose Domain : Isi dengan nama domain kamu ,misalnya tokobaju.com.

Indirectory           : Kosongkan

4. Site settings isi dengan:

Site Name          : Nama toko online.

Site description : Deskripsi dari nama toko online.

5. Admin Account .

Admin Username : Isi dengan Nama pengguna untuk bisa masuk ke bagian admin toko online ,untuk keamanan hindari kata admin.

Admin Password : Isi dengan password untuk masuk ke admin diusahan dengan password yang aman dan mudah di ingat.

Admin Email         : Email admin yang di gunakan untuk toko online kamu.

Select leanguage : Pilih bahasa yang akan digunakan, Bahasa Indonesia.

Email installation details to :  Alamat email ini yang akan dikirim oleh wordpress untuk memberikan informasi detail mengenai Installasi atau uninstall cms wordpress.

5. Klik Install, tunggu hingga proses 100%.

Jika berhasil maka gambarnya sebagai berikut:

Terihat di gambar bahwa installasi aplikasi sudah berhasil terpasang, sekarang coba klik http://tokoanda.com dan untuk ke bagian admin klik  URL http://tokoanda.com/wp-admin/.

Jika berhasil installasinya seperti ini:

Itu adalah contoh tampilan awal setelah install wordpress yang akan dijadikan toko online. Selanjutnya Saya akan mengganti tema (sebenarnya dengan tema bawaan tersebut sudah bisa digunakan).

Tapi kali ini saya memilih untuk mengganti dengan tema lain.

Mengganti Tema di WordPress.

Berikut ini langkah demi langkah cara mengganti tema wordpress :

1. Login ke admin toko online (jika belum)  http://tokoanda.com/wp-admin/

setelah masuk ke bagian dashboard admin, coba lihat di kolom sebelah kiri dan cari Tampilan>>Tema.

2.Di halaman Tema klik atau pilih Tambahkan baru ,untuk mempermudah pencarian klik penyaringan fitur  lalu pilih toko online dan terapkan penyaringan fitur.  Maka hasil dari penyortiran tersebut akan muncul tema-tema yang cocok untuk toko online. Karena kita akan membuat toko online dengan woocommerce pastikan tema tersebut kompatibel dengan plugin tersebut. Misalnya saya pilih tema Customify yang mana di deskripsi cocok dengan woocommerce dan compatible dengan wordpress versi yang dipakai.

Berikut  ini gambar tema yang saya install:

3. Oh,ya sebelum menginstall tema klik Pra tinjau untuk melihat tema tersebut sebelum diinstall di WordPress ,jika sudah dirasa cocok silakan klik install.

Install Plugin Woocommerce.

Install WordPress dan Tema sudah,selanjutnya install woocommerce terlebih dahulu.

Apa itu woocommerce? Woocommerce adalah plugin untuk mengubah wordpress menjadi sebuah toko online yang fiturnya cukup lengkap. Berikut cara install plugin woocommerce :

1.Pastika kamu masih di dalam dashboar toko online kamu jika belum silahkan masuk lagi di url tadi.

2.lihat di bilah sisi sebelah kiri kamu dan lihat bagian tengah ada menu Plugin , klik Tambahkan baru.

3.Untuk memudahkan gunakan kolom pencarian yang ada di sebelah kanan lalau ketik plugin yang akan di cari . Contohnya kali ini kita akan meng install plugin woocommerce setelah ketemu ,install dan aktifkan.

Tampilan hasil pencarian plugin woocommerce.
Tampilan hasil pencarian plugin woocommerce.
Konfigurasi Woocommerce.

Setelah di aktifkan langkah selanjutnya adalah konfigurasi woocommerce,konfigurasi yang saya utamakan adalah  general,produk ,shipping dan payment.

General pengaturan umum untuk toko online kamu misalnya alamat toko,lokasi,pilihan umum dan mata uang terakhir save changes.

Products pada bagain Measurment yang perlu di isi terlebih dahulu satuan berat, dalam satuan kilogram atau gram(saran) dan dimensi centimeter atau milimeter jika sudah jangan lupa save changes.

Shipping atau Pengiriman halaman ini untuk pengaturan sistem pengiriman yang akan di gunakan di toko online yang sedang dibuat. Sistem pengiriman secara default woocommerce belum mendukung pengiriman yang biasa di gunakan oleh toko online di Indonesia . Maka dari itu kita butuh plugin pengiriman lokal seprti Jne,Pos, JNT dll.  Kita bisa mendapatkan versi gratisnya terlebih dahulu,jika dirasa kurang bisa di upgrade ke premium atau berbayar.

                 Tambahkan Plugin Pengiriman Lokal.

Berikut cara instal plugin pengiriman yang saya akan gunakan adalah Plugin Woongkir  yang di buat oleh Sofyan Sitorus dengan menggunakan API Rajaongkir.com. Cara instalasi pluginnya, Seperti biasa di halaman dashboard klik plugin>>tambahkan baru>>cari plugin di kotak pencarian cari woongkir lalu install dan aktifkan. 

Belum selesai sampai disitu kita harus setting woongkir terlebih dahulu, berikut ini caranya:

Setting Woongkir :

  • Shipping Origin Province                       : Di isi dengan provinsi Pengiriman
  • Shipping Origin City                                : Kota asal
  • Shipping Origin Subdistrict                    : Kec. yang akan dijadikan tempat pengiriman produk.
  • Tax Status                                                : Pajak penjualan jika tidak memakai isi deengan None.
  • Show ETA                                                 : Untuk memilih menampilkan estimasi waktu pengiriman.
  • Base Cart Contents Weight (gram)      : Perhitungan berat misalnya di isi 100 gr.
  • RajaOngkir API Key                                 : Kode API yang diberikan oleh raja ongkir jika sudah punya tinggal copy paste,untuk mendapatkannya kita harus daftar terlebih dahulu,klik here untuk daftar dan mendapatkan kode API.
  • RajaOngkir Account Type                       : default
  • Domestic Shipping             :centang pengiriman yang akan di gunakan misalnya jne reg dan jne yes.
    catatan:Karena masih member gratisan makan belum bia menggunakan semua jenis pengiriman.
Tambahkan zona pengiriman:

Klik  woocommerce >>settings>>shipping>>Add Shipping Zone.

Zona Name               :  Indonesia Shipping.

Zona Regions           : Indonesia.

Shipping Menthod   : klik add shipping menthod>>pilih Woongkir,lalu save.

Lihat pada bagian Chart Total dan shipping, ganti dengan alamat lain apakah menyesuaikan atau tidak antara jumlah barang, tarif. Kalau perlu buat email lain dan lakukan uji coba order untuk menentukan sistem pengiriman Ok.

Payments atau pembayaran merupakan sistem yang akan digunakan di toko online yang sedang kita buat. Misalnya yang sering di pakai adalah transfer melalui Bank. Berikut ini caranya:

Klik woocommerce>settings> Payments.

Klik Manage di direct bank transfer.

Centang enable.

Title                     : isi judul dari sistem pembayaran yang di gunakan di toko online  misalnya Transfer Bank.

Desription          : Jelaskan dari sistem pembayaran contoh transfer melalui Bank BCA

Instructions        :  Misalnya ,Silahkan transfer maksimal 1X24 jam,Jika terlambat pembayaran pemesanan dianggap batal dan Anda harus order ulang….terimakasih dst..

Account Details : Nama account di isi dengan nama pemilik akun ,Account Number diisi dengan nomor rekening Bank dan Bank Name di isi dengan nama Bank contohnya Bca,BNI dll, Untuk yang lainnya boleh di kosongkan dulu. Lalu save Changes.

contoh sistem pembayaran yang telah dibuat.
Contoh hasil dari Shipping dan payment sistem yang telah dibuat.

Upload Produk Yang Akan di Jual.

Sekarang saatnya untuk mengupload produk dan mencoba sistem yang sudah di buat tadi.

Berikut ini cara mengupload produk ke toko online yang sudah di buat:

1.Klik Products dan add new product untuk mulai menambahkan.

2. Isi Nama produk misalnya Hijab Murah

3.Isi deskripsi produk yang akan dijual.

4. Skroll ke bawah Isi Harga Produk.

5.Klik Shipping isi berat produk misalnya 500grm.

6.Set produk Image upload gambar produk.

7. Untuk kategori produk isi dengan uncategories terlebih dahulu karena kali ini kita akan mengupload produk dengan keterangan sederhana. Hanya untuk menguji sistem pengiriman sudah tersetting dengan benar tau tidak.

8.Klik terbitkan dan lakukan uji coba pembelian pembelian.

Contoh upload produk.
Contoh Toko online sederhana dan hasil upload produk.

Gambar di atas merupakan contoh upload produk pada halaman Shop. Setelah install woocommerce sebenarnya terdapat halaman yang di buat otomatis. Contohnnya  halaman Shop,Cart,Check Out,My Account dan Privacy Policy yang di gunakan sistem toko online.

Untuk menampilkan di area menu seperti contoh gambar di atas caranya ialah melalui pengaturan tema di dashboard

Tampilan>>Sesuaikan>>Cari Menu>>Buat menu baru>>Tambahkan item>>laman (masukan nama halaman yang seperti di contoh atau sesuaikan keinginan) lalu simpan.

Sekian artikel kali ini tentang Cara Membuat Website Toko Online Dengan WordPress. Perlu diketahui Toko online yang dibuat belum sepenuhnya selesai,namun secara fungsi sudah bisa tinggal di kembangkan saja . Nanti Insya Allah akan di lanjutkan…

Tinggalkan Balasan