Membuat Toko Online Menggunakan CMS Opencart.

Membuat Toko Online Menggunakan CMS Opencart
Membuat Toko Online Menggunakan CMS Opencart

Belanja online di situs e-commerce akhir-akhir ini semakin di gandrungi oleh masyarakat. Karena dengan belanja di e-commerce tersebut banyak sekali yang ditawarkan kepada konsumen seperti harga lebih murah,lebih mudah hingga gratis ongkos kirim. lalu apakah dengan maraknya situs e-commerce tidak membutuhkan website toko online sendiri. Menurut Saya tidak, tetap masih diperlukan hal itu untuk menambah kepercayaan kepada konsumen. Selain untuk tujuan menguatkan brand (terutama bagi UKM) jualan online juga agar toko online di e-commerce terlihat lebih profesional. Dan juga selain itu bisa untuk mengajak konsumen untuk langsung belanja di website toko online yang sudah dimiliki. Jika belum mempunyai website toko online sendiri bisa membeli di jasa pembuat website toko online atau membuatnya sendiri. Jika akan membuat sendiri Kita bisa menggunakan CMS opencart bisa disebut toko Online opencart.

Bagi pemula seperti di atas di singgung agar lebih mudah untuk membuat toko online kita bisa menggunakan content management sistem (CMS). Pengertian CMS menurut wikipedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Contoh CMS yang bisa kita gunakan membuat toko online adalah CMS Opencart. Cms opencart ini cukup mudah digunakan untuk pemula dan gratis untuk digunakan dengan fitur yang cukup lengkap. Lihat demo toko online opencart dan situs resminya di opencart.com.

Secara umum untuk membuat toko Online Opencart adalah:

  • Persiapakan Domain dan Hosting.
  • Install Opencart Melalui Control Panel (Cpanel).
  • Ganti bahasa dari bahasa default bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.
  • Ganti atau tambahkan mata uang dari dolar US menjadi Rupiah.
  • Setting pengiriman toko Online Opencart.
  • Setting Pembayaran di toko Online Opencart.
  • Upload produk ke toko online Opencart.
  • Lakukan uji coba untuk memastika sistem berjalan baik di toko online Opencart.

Persiapkan Domain dan Hosting


Sebelum membuat toko online opencart ada beberapa hal yang harus di persiapkan terlebih dahulu yaitu kita harus mempunyai domain dan hosting sendiri atau selfhosted. Bagi Anda yang belum tahu apa itu domain dan hosting akan dijelaskan sedikit. Domain adalah nama unik untuk mengenali anda di internet contoh bajumurah.com,bajubatik.net dan lain-lain. Sedangkan hosting merupakan tempat menampung data-data domain Anda. Baik domain maupun hosting ada yang gratisan dan berbayar. Tapi untuk membuat toko online Opencart membutuhkan domain dan hosting yang berbayar dan setiap tahun harus diperpanjang agar dapat mengakses toko online kita. Domain dan hosting Kita bisa membelinya/menyewa dari Perusahan jasa hosting misalnya Domainesia.

Jika sudah membeli domain dan hosting,nanti akan di berikan username dan password dikirim lewat email untuk login ke cPanel. Setelah dapat email tentang informasi domain maka langkah selanjutnya adalah instalasi CMS Opencart. Install CMS Opencart sendiri ada beberapa cara disini akan dicontohkan paling mudah ialah melalui control panel (cpanel).


Install Opencart Melalui Control Panel

1.Login ke cPanel toko Online Anda contoh www.tokoanda.com/cpanel. Untuk mengetahui user name dan password, ada di email yang dikirim dari perusahaan hosting.

2. Scroll ke bawah cari instant deploy app >categories > E-commerce>klik Opencart.

3.Pada halaman berikutnya klik ” Install Now”.

4.Pada halaman Software Setup isi sebagai berikut:

  • Choose the version you want to install : Isi dengan versi yang akan anda gunakan misalnya yang akan digunakan adalah yang terbaru 3.0.2.0.
  • Choose Protocol                                    :   Isi dengan protocol doamin yang anda gunakan apa     menggunakan www atau tanpa www serta penggunaan https.
  • Choose Domain                                    :  Masukan nama domain anda.
  • In Directory                                           :  KOSONGKAN.

5. Selanjutnya di Store Setting isi sebagai berikut:

  •  Store Name                : Nama TOKO.
  •  Store Description       : Deskripsi toko online anda.
  •  Store Owner               : Pemilik toko.
  • Store Address             : Alamat toko.

6. Admin Account adalah account untuk masuk ke dashboard toko online Opencart isi sebagai berikut:

  • Admin Username  : Isi dengan user name untuk masuk ke dashboard Opencart.
  •  Admin Password : Buat Pasword yang aman dan mudah di ingat.
  •  Admin Email       : Alamat email admin yang digunakan toko onine anda.
  •  First Name          :  Nama depan.
  • Last Name           :   Nama belakang .

7. Advance Option biarkan default saja.
Email installation details to : isi dengan alamat email pribadi untuk mendapatkan informasi installasi opencart.
Untuk advance boleh di isi sesuai kebutuhan Anda jika pun tidak diisi akan dibuatkan secara default oleh sistem.

8. Klik Install tunggu hingga proses Selesai!!.

9. Ketik di bar alamat tokoanda.com jika berhasil akan tampil halaman default Opencart. Jika ingin melihat demo toko online silahkan kunjungi demo toko online Opencart.

Halaman depan toko online opencart setelah berhasil install.
Halaman depan toko online opencart.

12. Akses ke area Admin toko online dengan cara tokoanda.com/admin. lihat demo admin toko onlie opencart.

Halaman admin opencart.


Proses installasi sudah selesai,namun toko online yang sudah di buat harus di atur terlebih dahulu,mulai dari bahasa,mata uang pengiriman dan lainnya.

Mengganti Bahasa dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.

Secara default CMS opencart bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Dengan menggunakan bahasa tersebut tentu akan menyulitkan kepada konsumen yang rata- rata belum bisa berbahasa inggris. Jika di paksakan menggunakan bahasa Inggris di khawatirkan konsumen enggan membeli produk karena tidak mengerti penjelasan produk yang dijual dan akan memepenaruhi target penjualan produk. Maka  dari itu kita harus mengganti bahasa di opencart, caranya mudah tinggal download https://www.opencart.com/ lalu install  .

Berikut Cara Mengganti Bahasa di Opencart:

1.Download modul bahasa Indonesia yang sesuai dengan versi opencart yang Anda gunakan. Misalnya yang saya gunakan adalah Opencart versi 3.0.2.0. maka modul bahasa yang akan digunaka juga sama yaitu Modul bahasa 3.0.2.0.

2. Cari hasil download modul bahasa tadi lalu Extract hasilnya di tempat yang mudah ditemukan,disarankan untuk membuat folder baru setiap akan install modul.

3.Klik hasil extract modul bahasa tersebut di folder yang sama,di hasil extract terdapat tutorial cara upload juga. Di Admin Panel klik> Extentions>Installer. Pada halaman
Extentions Installer Klik Upload lalu pilih file : oc3.ocmod.zip. Tunggu hingga selesai proses Upload modul tersebut. Jika sudah akan tampil di halaman install history. Dan jangan lupa untuk di refresh dengan cara di Extension -> Modifications ,ceklis modul bahasa Indonesia tadi lalu klik di pojok kanan atas Refresh.

4.Langkah terakhir klik System -> Localisation -> Languages. Pada bagian “Languages” silakan klik tombol “Add New” di pojok kanan atas yang bertanda Plus. Pada halaman Add New isi sebagai berikut:

Language name : Indonesia,
Code                 : id-id,
Locale               : id_ID.UTF-8,id_ID,id-id,id_id,indonesia
Sort order         : 2
Satatus             : Enable.
Lalu klik Simpan dengan cara mengklik save di pojok kanan atas.

5.Untuk penggunaan bahasa indonesia secara default, baik pada “Administrator” maupun “Halaman Depan ikuti langkah sebagai berikut: menu : System -> Settings -> Pilih dan Ubah Pengaturan Toko. Pada pengaturan toko Pilih lokal.

Bahasa Toko : Indonesia.
Bahasa Admin     : Indonesia.

Secara default seluruh sistem OpenCart Anda sekarang sudah dalam bahasa indonesia. Jika pengaturan ingin didefault ke bahasa indonesia. Silakan ganti “Sort Order ke angka : 1”.

Mengganti atau Merubah Mata Uang di Toko Online Opencart Ke Rupiah

Selain mengganti bahasa kita juga harus mengganti mengganti dengan mata uang rupiah untuk memudahkan dalam pembayaran,caranya cukup mudah berikut caranya:

  • Di halaman admin klik pengaturan sistem>Pengaturan lokal>mata uang.
  • Tambahkan mata uang dengan cara klik tanda plus yang di pojok kanan atas.
  • Pada halaman daftar mata uang klik di pojok kanan atas untuk menambahkan mata uang Rupiah.
  • Lalu isi sebagai berikut: Nama mata uang: Rupiah, Kode:IDR,Simbol di kiri: Rp,Status dan yang lainnya boleh di isi sesuai kebutuhan. Status Pastikan Aktif.

Setelah menambahkan daftar mata uang rupiah,sekarang saatnya untuk menampilkan mata uang rupiah di toko onlie Anda. Caranya di Admin Area klik>Pengaturan Sistem>Pengaturan Umum>Edit toko dengan mengklik yang bertanda pensil di bagian Aksi. Pada halaman edit toko klik> lokal>Mata uang (Pilih Rupiah),lalau simpan dan buka toko online Anda.

Pengaturan Pengiriman di Toko Online Opencart

Membuat Toko online pasti akan mengenal dengan yang namanya metode pengiriman. Metode pengiriman atau cara pengiriman barang kepada pembeli misalnya menggunakan jasa kurir,COD ,free ongkir atau flat rate dl yang dihitung secara otomatis.

Sistem pengiriman di toko online opencart perlu di lokalisasi seperti pengaturan bahasa dan mata uang agar cocok dengan pembeli di Indonesia. Pengeiriman yang sering digunakan di toko online di Indonesia misalnya JNE,JNT,POS Indonesia ,Wahana dll yang mana perhitungannya berdasarkan berat (weight based shipping). Oleh karena itu jika kita akan menggunakan metode pengiriman tersebut bisa menggunakan modul tambahan. Modul pengiriman juga ada yang berbayar atau gratis. Modul yang gratis saya belum mendapatkan yang cocok untuk infokan tutorial kali ini, kalau berbayar Saya pernah membelinya di fujicell  seharga Rp150.00,- dan untuk meilhat ekstensi pengiriman yang sudah terinstall bisa lihat di:

Dashboard Admin Panel>Pengaturan Ekstensi>klik Pada kotak drop down  > klik pengiriman.

Salah satu metode pengiriman yang mirip ialah metode Weight Based Shipping, penentuan ongkos kirim berdasarkan berat produk. Kekurangan modul pengiriman default opencart adalah berdasarkan provinsi sedangkan kurir di Indonesia penentuan harga berdasarkan kota/ kecamatan tujuan,jadi perhitungan hasil ongkos kirimnya berbeda.

Pengaturan Pembayaran di Toko Online Opencart

Halaman pengaturan pembayaran ini dilakukan setelah pembeli memilih produk dan menentukan pengiriman. Cara pembayaran di toko online bisa di atur sesuai menggunakan metode yang bisa diterima oleh Anda dan disarankan untuk mempermudah calon pembeli. Misalnya yang sering di gunakan oleh toko online menggunakan metode transfer Bank dan Paypal. Kli ini akan membuat contoh pembayaran mengunakan pembayaran menggunakan Transfer Bank. Caranya cukup mudah di Panel Administrator>Pengaturan Ekstensi>Pembayaran. Aktifkan Bank Transfer,setelah aktif lalu ubah. Pada halaman Edit bank transfer yang perlu di isi adalah:

  • Instruction Bank Transfer: Isi dengan Nama bank,nomor rekening,dan atas nama penerima transfer (Anda). Isi juga yang berbahsa Inggris dengan copy paste.
  • .Status AKTIF
  • Sort order urutan metode ini di pakai contoh ingin dipakai pertama berarti 1 jangan lupa untuk disimpan.

Sekarang Toko online Anda sudah memenuhi secara standar untuk sistem toko online mulai dari sistem pengiriman dan pembayaran. Selanjutnya ialah sekilas menambahkan produk.

Menambahkan Produk di Toko Online Opencart

Upload produk Anda di opencart di Panel administrator>Pengaturan Barang>Produk>Tambah Produk dengan mengklik tanda panah di pojok kana atas. Seteleh selesai jangan lupa untuk menyimpan hasil kerjanya.

Baca juga:

Lakukan Simulasi Pembelian di Toko Online

Hal ini merupakan penting untuk mencoba semua sistem dengan baik sebelum Anda mempublikasikan toko online Anda. Lakukan simulasi dengan berbagai ukuran ,jumlah barang yang dibeli serta alamat yang berbeda-beda. Jika perlu dicoba dengan alamat email yang berbeda dari alamat email yang dipakai untuk admin toko. Lihat setelah proses pemesanan mendapatk email konfirmasi pemebelian.

Tips Pencarian Modul Opencart

1.Silahkan kunjungi situs resmi opencart di Marketplace-nya Opencart.

2.Di kotak pencarian posisi ada di sebelah kiri website opencart, ketik nama modul atau tema yang anda cari jangan lupa  sesuaikan dengan versi opencart yang di gunakan.

3.Opsi lain jika merasa kurang bisa di dengan berdasarkan Commercial (berbayar) dan Free gratisan. Dengan memilih salah satu misalnya yang comercial atau yang free pencarian menjadi lebih sempit sesuaikan dengan keinginan.

3.Pencarian berdasarkan kategori seperti tema,modul,bahasa,cara pembayaran,pengiriman dll.

4.Berdasarkan versi opencart (opencart version) yang kita pakai misalnya 3.0.1.2.

5.Sort by menyortir berdasarkan update terbaru,terakhir di tambahkan,rating,nama dan harga.

Setiap mengupload  modul atau tema, baca terlebih dahulu cara installasinya untuk menghindari kesalahan yang mengakibatkan  toko online opencart error,jika memungkinkan ialah coba dulu di localhost.

Setiap mendownload modul atau tema di opencart kita harus sudah terdaftar,jika belum mempunyai akun tinggal klik register dan lanjutkan pendaftaran sampai selesai.
Sekian dulu untuk tutorial membuat toko online opencart,semoga berhasil.

Menggunakan CMS wordpress tidak perlu membeli modul Pengiriman Baca juga : Cara Membuat Toko Online Sendiri Menggunakan WordPress dan Plugin Woocommerce.

Tinggalkan Balasan