Cara Membuat Kategori dan Sub Kategori di Opencart.

Cara Membuat Kategori dan Sub Kategori di Opencart.

Postingan kali ini Saya akan share cara membuat kategori dan sub kategori di opencart. Fungsi membuat kategori dan sub kategori pada toko adalah untuk memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mencari produk yang mereka inginkan. Selain itu dengan membuat kategori penyimpanan produk akan tertata rapih. Berikut ini merupakan contoh cara membuat kategori dan sub kategori di toko online pakain, kategori yang bisa di buat misalnya pakain pria,pakain wanita,pakain anak dll. Sedangkan untuk sub- kategori adalah kategori yang lebih spesifik lagi , Kategori:pakaian pria , sub kategori yang bisa di buat:T-shirt Pria,Kemeja pria dll. Begitu pun untuk pakaian wanita dan seterunya sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat kategori dan sub kategori di opencart :

Cara buat Kategori

1.Masuk ke panel admin toko online Anda.

2.Pengaturan barang >kategori.

3.Klik tanda plus di pojok kanan atas untuk menambahkan.

4.Di halaman General silahkan isi nama  kategori yang di inginkan contoh Kaos, tulis keterangan jika di butuhkan. Meta tag title,deskripsi dan kata kunci meta tag , isi untuk kebutuhan SEO.

5.Selanjutnnya klik Data,Parent (Induk) kosongkan karena kita akan buat Kategori terdahulu.

6.Untuk kebutuhan SEO silahkan isi SEO URLnya.Contoh kaos.

7.Beri tanda ceklis tampil di menu utama.

8.Columns 1, sort order 1 (sort order adalah nomor posisi penempatan kategori)

10.Status Aktif. Simpan dan selesai.

Cara membuat Sub Kategori:

1.Masuk ke dashboar toko online Anda

2.Klik Pengaturan barang>kategori

3.Buat kategori baru dengan mengklik tanda plus di pojok kanan atas, sama seperti membuat kategori , nanti kategori ini akan di rubah jadi sub kategori.

4.Di halaman General silahkan isi nama  kategori yang di inginkan  misalnyaa Kaos Pria, tulis keterangan jika dibutuhkan. Meta tag title,deskripsi dan kata kunci meta tag  di isi untuk kebutuhan SEO.

5.Di sinilah bedannya untuk membuat kategori dan sub kategori klik data,Parent (Induk) silahkan isi dengan induk kategori yang di inginkan contoh tadi kita sudah membuat kategori Kaos saya isi dengan KAOS.

6.Untuk kebutuhan SEO silahkan isi SEO URLnya.Contoh kaos-Pria, spasi antar kata diganti dengan strip (-) dan memakai hurup kecil.

7.Beri tanda ceklis tampil di menu utama.

8.Columns 1, sort order 1 (sort order adalah nomor posisi penempatan sub kategori)

10.Status Aktif. Simpan,selesai untuk membuat Sub kategori.

Dari contoh di atas jadi kaos adalah kategori sedangkan kaos pria adalah sub kategori.

Dengan membuat kategori dan sub kategori sekarang penempatan produk akan lebih rapih dan pengunjung akan di mudahkan dalam hal navigasi pencarian barang. Demikian cara membuat kategori dan sub kategori di opencart .

Tinggalkan Balasan