Cara Membuat Blog dan Step by Step Selanjutnya

Cara membuat blog


Bagaimana cara membuat blog gratis tanpa biayanya,
tapi bisa menghasilkan uang? Sebenarnya  untuk menghasilkan uang dari menjadi Blogger cukup sulit apalagi dijaman sekarang banyak sekali blogger-blogger profesional yang sudah paham SEO dan tentunya berpengalaman.
Cara Membuat Blog Gratis
– Membuat blog sebenarnya tidak 100% gratis karena jika blog kamu ingin di terlihat profesional maka di perlukan biaya setidaknya biayanya untuk membeli domain, itu hanya opsi saja, kamu masih bisa tetap membuat blog tanpa biaya dengan menggunakan platform Blogger, yang dimana platform ini milik google dan kamu akan mendapatkan domain gratis berextensi blogspot.com.
Untuk menghasilkan uang dari Blogger tentunya kamu harus memiliki sebuah akun Google Adsense yang dimana nantinya Google Adsense ini akan menampilkan iklan di blog milik kamu dan secara otomatis kamu akan mendapatkan penghasilan melalui Blog.
Tapi untuk kamu yang baru terjun di dunia blogger apakah pantas mengharapkan penghasil menjadi seorang Blogger ? Mempunyai penghasilan dari menjadi seorang Blogger tidaklah semudah yang kamu bayangkan “jika kamu baru terjun di dunia blogger“, kecuali para blogger profesional yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya, mungkin mereka pantas jika mengharapkan penghasilannya dari menjadi seorang Blogger.
Hanya sekedar saran saja bukan maksud menggurui, buat kamu yang baru terjun ke dunia blogger jangan terlalu memikirkan ke Adsense, Fokus aja ke artikel/content blog kamu, karena untuk memiliki sebuah akun Google Adsense cukup mudah, yang sulit itu mendatangkan pengunjung ke blog kita, karena percuma jika mempunyai akun Google Adsense tetapi tidak memiliki pengunjung. Jadi bagaimana langkah yang tepat untuk menjadi seorang Blogger dan bisa menghasilkan uang ?

1. Memiliki blog

Nah disini hal yang paling utama untuk menjadi seorang Blogger yaitu kamu haru memiliki blog 🤣 ya lah. Sebenarnya ada banyak platform yang bisa di gunakan untuk landasan menjadi seorang Blogger, tapi disini saya rekomendasikan platform Blogger.

  • Pertama kamu buka Blogger  
  • Kamu daftar menggunakan email yang kamu miliki.
  • Judul Blog : Masukan nama blog yang ingin kamu buat.
  • Alamat Blog : Nah alamat blog ini adalah alamat blog yang akan menjadi identitas blog kamu, ini biasanya disebut URL, jadi ketika orang mau berkunjung bisa menggunakan alamat blog tersebut, seperti contoh saya disini akan membuat alamat blog saya gudanggamesmod.blogspot.com maka kamu akan menemukan blog tersebut di Google nantinya.
  • Profil : Silahkan buat profil blog kamu seusai nama kamu.

2. Memilih Template/Tema

Nah untuk template kamu bisa menggunakan template yang sudah di sediakan oleh Google, masuk ke menu TEMA terus kamu punya pilih deh tema yang menurut kamu bagus, jika kamu kurang tertarik dengan tema yang disediakan oleh blogger kamu bisa gunakan tema lain silahkan cari di google dengan kata kunci “Template Blogger Premium”. 
Kamu bisa membeli template premium jika tidak ingin menggunakan template bajakan atau menggunakan template bawaan blogger saja, itu terserah kamu.
Rekomendasi template premium SEO dan Responsif kamu bisa membeli nya di Mas Sugeng dan Mba Igniel kamu bisa membeli nya dengan harga yang cukup murah.

3. Membuat Artikel

Setalah membuat blog dan menentukan Template hal yang sangat penting pada sebuah blog yaitu Artikel. Membuat artikel yang baik dan menarik adalah hal yang tepat untuk seorang yang baru terjun ke dunia blogger. Yup untuk pemula seperti saya ini kamu hanya perlu membuat artikel yang baik dan menarik yang tentunya enak di baca.
Bukan nya menulis artikel SEO itu penting ? Menulis artikel SEO memang penting, tapi itu sulit tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena menulis artikel SEO membutuhkan tahapan yang banyak dan rumit seperti berikut, mencari keyword yang akan digunakan untuk menulis artikel, cek persaingan keyword, menyusun keyword di dalam artikel agar tidak terjadi keyword pengulangan dan masih banyak lainnya.
Fokus saja menulis artikel setiap hari dan membangun nilai blog kamu di mata Google, jika memang sudah mampu untuk menulis artikel SEO belajarlah sedikit demi sedikit mulai dari mencari keyword low competition, penempatan keyword, dan fokus keyword.

4. Submit Blog ke Google Webmaster Tools

Daftarkan blog kamu di Google webmaster tools agar blog kamu terindeks di mesin pencari google. Hal ini juga tidak kalah penting dengan step di atas karena tanpa kamu submit blog ke webmaster maka blog  kamu tidak akan muncul di mesin pencarian google yang dimana kamu akan di rugikan karena tidak akan mendapatkan pengunjung. Mendaftar blog ke Google webmaster tools ini cukup mudah, berikut adalah cara mendaftar blog ke google webmaster tools.
  • Pertama silahkan kamu buka Google Search Console 
  • Kemudian klik menu Search Console.
  • Kemudian kamu klik lagi menu garis tiga yang berada di atas kiri pojok.
  • Terus kamu klik Tambahkan Properti.
Cara daftar google webmaster tools
  • Pilih menu Awalan URL > Masukan alamat domain kamu di kolom yang no 2 > Kemudian kamu klik Terus.
  • Jika email yang kamu gunakan di sama dengan email Google Webmaster maka secara otomatis akan terverifikasi seperti berikut.
  • Jika tidak terverifikasi otomatis maka kamu perlu mengikuti cara ini.
  • Kamu klik lagi menu garis tiga yang berada di atas kiri pojok > Setelan > Verifikasi Kepemilikan > kamu pilih Tag HTML 
Daftar google webmaster tools
  • Copy kode no 2, masuk ke blogger > buka menu Tema > Edit HTML > letakkan kode tadi dibawah kode <head>
Cara daftar google webmaster tools
  • Kemudian klik deh Verifikasi
  • Masuk ke menu Peta situs > pada kolom “Harap Masukan URL Peta Situs” silahkan kamu masuk atom.xml atau bisa juga sitemap.xml
  • Dan selesai deh.

5. Menentukan Niche

Menentukan Niche, nah sebenarnya tahap ini adalah tahap yang posisinya ke 3, berhubungan saya lupa dan baru keingetan jadi posisi nya di no 5. 
Nah apakah penting menentukan Niche blog ? Ada beberapa orang yang beranggapan Penting dan Tidak, Kenapa ?
Menurut mereka yang beranggapan Penting, mereka beranggapan penting karena menurut mereka blog yang berfokus pada satu Niche akan mudah terindeks oleh google dan mampu meningkatkan jumlah trafik blog karena membahas semua satu permasalahan dan di temukan hanya pada satu blog.
Menurut mereka yang tidak penting, bagi mereka yang bilang tidak penting karena menurut mereka blog yang fokus satu Niche akan susah dalam menulis sebuah artikel apalagi tidak menguasai Niche tersebut.
Saya setuju dengan poin ke dua, karena Poin ke dua pembahasan topik nya meluas bisa merangkup apa saja dan berpotensi besar memiliki pengunjung.
Tapi itu semua tergantung kapasitas kamu, jika mampu menguasai satu Niche maka bagus, jika tidak menguasai yah pakai poin ke dua, biasanya kalangan blogger menyebutnya Niche gado-gado atau Niche campuran. 

6. Gunakan Domain TLD

Hanya sebatas saran dari saya, jika memang kamu ingin menekuni sebagai Blogger saya sangat sarankan untuk menggunakan Domain TLD, kenapa harus menggunakan Domain TLD ? Banyak sekali keuntungan menggunakan domain TLD salah satunya agar blog terlihat profesional dan dapat di percaya, kekurangan nya dari domain Tld kamu harus membayar setiap satu tahun sekali, untuk kisaran harganya yang paling murah di harga Rp.120.000-, dan setiap tahunnya kamu harus perpanjangan dengan harga segitu. Mungkin Next artikel saya akan membahas Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Domain TLD.
Gunakan domain Tld sebelum blog kamu berkembang dan besar, agar nantinya tidak perlu melakukan indexs ulang, karena setiap blog yang mengganti domain maka harus melakukan indexs ulang dan itu akan membuat penurunan trarifk pada blog kamu.

Penutup

Ok, itu lah beberapa tahapan awal yang perlu di perhatikan dalam membangun sebuah blog agar kedepannya berkembang dan besar. Dan perlu diingat membangun sebuah blog membubuhkan waktu yang sangat lama dan tidak semerta-merta setalah melakukan tahapan di atas maka blog yang kamu kelola akan cepat berkembang dan mendapatkan penghasilan.
Saya membuat artikel ini hanyalah sekedar berbagi pengalaman pribadi, yah meskipun blog yang saya kelola tidak mampu bersaing dengan blognya parah suhu setidaknya saya tidak pelit sharing 🤗 , ok cukup segitu saja yah sharing nya hihi… 
Tidak Bermaksud Menggurui

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta di sebuah Pabrik KIIC Karawang. Selain kegiatan utama bekerja,saya juga suka nulis artikel di blog ini untuk berbagai pengalaman dan informasi.

Tinggalkan Balasan