Cara Bayar Pajak Kendaraan Sepeda Motor Di Samsat Garut.

Halo selamat datang kembali di blog saya,kali ini saya akan berbagi pengalaman cara bayar pajak motor di Samsat Garut Jawa Barat. Mungkin untuk kendaraan mobil harusnya sih sama kali ya,tapi karena waktu itu Saya jenis kendaraannya adalah sepeda motor makan yang jadi contoh kendaraannya adalah sepeda motor. Contoh pembayaran yang akan bagikan adalah pembayaran manual ,jadi bukan melalui aplikasi tapi datang langsung ke kantor Samsat. Dan pembayaran pajak disini adalah yang tahunan bukan yang lima tahunan yang harus ganti Plat Nomor.

Baca juga : Berbagi pengalaman cara bayar pajak lima tahunan tanpa bawa motor ke Kampung halaman.

Alamat resmi kantor Samsat kab. Garut yang saya kutip dari situs Bapenda Jabar adalah Kantor Bersama Samsat Garut, Jl. Suherman, Tarogong, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151 . Untuk menuju ke kantor Samsat ini sudah tersedia angkutan umum ,contoh saya dulu dari arah wanaraja,berhenti di terminal lalu naik angkot lagi untuk sampai ke kantor Samsat tersebut.

Jam Buka Kantor Samsat Kab Garut adalah:

Senin08.00–14.00
Selasa08.00–14.00
Rabu08.00–14.00
Kamis08.00–14.00
Jumat08.00-14.00
Sabtu08.00–12.00
MingguTututp

Itu tadi jadawal buka SAMSAT KAB. Garut ,sekarang lanjut ke syarat yang harus di bawa untuk membayar pajak kendaraan tahunan sepeda motor.

Persyaratan Perpanjang Satu Tahunan Kendaraan

  • Foto copy E-KTP satu atau dua lembar untuk jaga-jaga di butuhkan,jangan lupa bawa juga E-KTP aslinya.
  • Foto copy STNK dan Surat PKB/BBNKB jangan lupa bawa juga yang aslinya.

Cara bayar pajak motor di Samsat Garut:

  1. Disarankan datang lebih pagi misalnya setengah jam sebelum buka kantor Samsat dan bawa pulpen untuk mengisi formulir (jika dibutuhkan).
  2. Jika sudah datang isi formulir dan simpan Persayaratan tadi di map biru ,nanti map biru tersebut akan di balik oleh petugas dan Anda akan di panggil untuk di berikan nomor antrean. Jika dikira belum paham boleh bertanya kepada petugas di bagian informasi atau kepada orang yang sudah datang duluan antreanya bagaimana. Jika lupa tidak difotocopy persyaratan tadi tenang saja ada tukang fotocopy di belakang gedung Samsat dan di depan gedung Samsat,bilang saja untuk perpanjang pajak tahunan.
  3. Siapkan sejumlah uang untuk membayar pajak kendaraan tahunan Anda ini bervariasi tergantung jenis dan cc sepeda motornnya atau ada progresif dan denda juga,bisa di lihat pada STNKnya untuk normal segituan lah. Kalu bisa siapkan uang pas agar proses lebih cepat.
  4. Nanti akan di panggil step-by step nya disana gampang ko,yang terpenting adalah awal ketika masuk untuk mendapatkan nomor antrean ,jangan diam karena bisa jadi di dahului oleh orang lain.
  5. Setelah selesai pembayaran akan di panggil dan STNK Baru sudah bisa Anda bawa jangan lupa cek dulu sebelum pergi dan jugaE-KTP asli Anda juga jangan sampai ketinggalan karena ketika saya pas bayar pajak banyak E-KTP yang di pajang karena ketinggalan.

Jika Saya dulu alhamdulillah sih tidak mengalami kendala selesai kurang lebih 30-45 menitan STNK baru sudah di terima. Oh,ya apakah Anda sudah tahu bahwa bayar pajak tahunan bisa di lakukan di samsat outlet atau melalui aplkasi Sambara. Ini untuk Anda yang di luar daerah tapi masih dalah lingkup polda Jabar. Jadi tidak harus pulang kampung kalau sekedar untuk bayar pajak kendaraan tahunan.

Cara Lain Bayar Pajak Motor Tahunan Kendaraan

Bisa juga : Cara bayar pajak kendaraan melalui aplikasi Sambara.

atau bisa juga: Bayar pajak kendaraan melalui Samsat outlet.

Bahkan untuk perpanjang SIM atau surat ijin mengmudi juga tidak harus pulang kampung yang penting di tempat Polres tempan pembuatan SIM sudah online. Nah, itu tadi cara bayar pajak motor di Samsat Garut semoga bisa menambah informasi untuk Anda yang akan membayar pajak kendaraan. Untuk daerah lain bisa di sesuaikan dengan alamat samsat daerah Anda. Jika ada yang kurang atau mau menambahkan, silahkan isi di kolong komentar untuk di perbaiki terimakasih.

Tinggalkan Balasan