Berbagi pengalaman bagaimana cara agar betah kerja di pabrik. Saya sendiri alhamdulillah sudah bekerja di pabrik kurang lebih ada 10 tahun. Yah,mungkin di luar sana banyak yang lebih senior,tapi untuk orang yang baru akan melamar mungkin waktu segitu cukup dibilang betah lah ya.

Baca juga: Sistem kerja di pabrik yang harus diketahui.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan coba berikan tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda. Terutama yang baru bekerja di pabrik atau baru rencana melamar kerja di pabrik.

Bekerja merupakan aktifitas rutin yang dilakukan oleh karyawan,8 sampai 12 jam waktu dihabiskan di pabrik. Dan dalam seminggu ada yang 5 atau 6 hari kerja. Jadi kebayang kalau kita tidak betah kerja di pabrik akan terasa bagaikan kerja di neraka. Kalau sudah tidak merasa betah bisa jadi keluar dari pekerjaan terus nganngur lagi yang mana mencari kerja sekarang amat susah.

Perlu diketahui berdasarkan pengalaman saya bekerja baik itu pabrik atau dimanapun bisa mengambil kesimpulan tidak ada pekerjaan yang saya rasakan nyaman dan betah 100%. Jadi pasti ada rasa betah dan tidaknya. Cuman bagian mana yang paling banyak terasa itulah yang jadi poin betah atau tidaknya.

Namun kita tidak salahnya untuk meneruskan membaca tips berikut bagaimana agar betah bekerja terutama di pabrik. Jika Anda baru akan melamar diharapkan agar siap untuk bekerja dimanapun.

Tips cara agar betah kerja di pabrik.

  1. Bangun hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan. Ini adalah tips pertama hubungan yang kurang harmonis akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam bekerja. Pada akhirnya kerja menjadi tidak betah. Hubungan kurang baik terhadap rekan kerja atau atasan bisa disebabkan oleh diri pribadi yang tidak membuka diri untuk menjalin kerjasama yang baik. Selain harus bersikap profesional dalam bekerja harus juga mendekatkan diri sebagai manusia. Buat juga hubungan selain di tempat kerja misalnya melakukan aktifitas hobi bersepeda,bermain bola dll. Hal itu akan menambah betah bekerja di tempat Anda sekarang.
  2. Bekerja sesuai SOP (standar operasional). Disetiap perusahaan terutama yang formal memiliki standar operasioanl pada setiap bagian bahkan detail sampai ke langkah kerja. Hal ini bertujuan agar setiap langkah pekerjaan kita betul sesuai dengan aturan perusahaan. Dan efek dari pekerjaan yang sesuai akan menimbulkan perasaan betah karena bekerja sesuai dengan aturan. Maka dari itu pelajari dan banyak bertanya kepada senior agar pekerjaan kita berjalan sesuai koridor. Jika kita sudah bekerja dengan SOP maka kita tidak ada keraguan karena salah prosedur. Bekerjapun enak dan akan menambah betah kerja karena sudah sesuai dengan aturan.
  3. Rapihkan tempat kerjamu. mungkin ini hal sepele tapi menurut saya ini merupakan cerminan diri. Dengan bekerja rapih dan memelihara tempat kerja kita secara tidak sadar akan menambah betah di tempat kerja kita.
  4. Bersyukur kita telah bekerja. Bersyukur adalah menerima dengan baik dan memelihara pemberian dari Allah. Kita lihat masih banyak calon pencari kerja yang kesana kemari mencari pekerjaan. Coba ingat ingat perjuangan ketika melamar pekerjaan yang ada sekarang. Itu adalah ikhtiar yang sering saya lakukan untuk mempertahankan pekerjaan agar terus betah betah.
  5. Ingat keluarga dirumah. Bekerja tidak hanya untuk sendiri tapi lebih luas lagi hasil dari bekerja tersebut adalah untuk keluarga. Bagi yang sudah berkeluarga anak dan istri adalah yang utama. Dan bahkan bagi yang lajang pun setidaknya untuk masa depan dan kedua orang tua mu. Terus bekerja dengan penuh semangat.
  6. Bekerja adalah ibadah. Jangan hanya memikirkan dunia saja, tapi bekerja jika di niatkan untuk akhirat insya Allah dapat pahala juga. Apalagi pekerjaan kita di cari dengan halal dan untuk penghidupan keluarga insya Allah setara dengan jihad juga bukan.

Baca juga: Bagaimana masa depan kerja di pabrik.

Jangan Mudah Pindah Kerja

Jangan mudah keluar dari atau ganti ganti pekerjaan,jika sudah merasa agak nyaman dengan pekerjaan sekarang. Nikmatilah dulu rasakan manis dan pahitnya. Ingat ! mencari pekerjaan tidak semudah yang di bayangkan. Mungkin saja untuk mendapatkan pekerjaan yang sekarang di dapat mudah. Tapi bagaimana untuk mencari pekerjaan selanjutnya,Bisa saja berbeda cerita.

Terutama untuk Anda yang sudah berkeluarga jangan ambil keputusan berdasarkan hawa nafsu saja tapi harus lihat realita. Jika berhenti bekerja dan tidak ada penghasilan Keluarga akan terus untuk membutuhkan nafkah. Tentu itu sesutu hal yang tidak baik. Sekian dulu postingan kali ini semoga bisa bermanfaat.

Gambar oleh Lutz Kr├╝ger dari Pixabay.