Buat Situs Jual Beli Online Sendiri Dengan Menggunakan CMS Osclass.

Mungkin dari Anda sudah tidak asing lagi dengan CMS WordPress untuk membuat blog atau toko online. Tapi kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai CMS Osclass dan Buat situs jual beli dengan CMS tersebut.

Apa itu Osclass?

Osclass adalah sebuah CMS (content management system) untuk membuat situs iklan baris dengan mudah tanpa kita harus mengetahui coding yang rumit dan sebagainya.

Memang kalau menurut saya kurang familiar di bandingkan dengan CMS WordPress,Opencart dll. Oleh karena postingan kali ini adalah mengenai CMS Osclass.

Kalau dicontohkan dengan situs sudah terkenal saat ini adalah situs jual beli OLX. Di situs tersebut member dapat melakukan jual beli barang dengan memasang iklan secara gratis, jadi situs tersebut berfungsi memepertemukan penjual dan pembeli.
Begitupun Osclass sebuah CMS yang memang mirip secara fungsinya untuk membuat sebuah situs jual beli namun bisa juga di gunakan untuk membuat situs lowongan kerja ,komunitas,kontak jodoh, komunitas dll.

Situs jual beli yang dibuat ini digunakan secara gratis oleh member. Lalu yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah dari mana keuntungan yang didapat oleh pemilik situs jual beli tersebut?

 

Jawabannya yaitu dari iklan premium, Iklan premium adalah iklan yang berbayar untuk membantu member yang memasang iklan di tempat yang strategis dengan tujuan cepat cepat laku. Misalnya iklan premium akan ditampil di halaman utama beberapa waktu tertentu agar banyak yang melihat produk tersebut dan membeli nya. Di Situs jual beli antara iklan regular dan premium di bedakan dengan tanda tertentu,agar terlihat berbeda dari iklan regular.

 

Contohnya jika sesorang ingin menjual motor bekas di sebuah situs jual beli. Lalu Dia ingin cepat laku maka pejual tersebut membayar sejumlah uang kepada situs tersebut agar ikan nya selalu tampil di halaman pertama atau paling atas untuk jangka waktu tertentu dan akhirnya kesempatan terjual lebih besar. Dengan begitu penjual untung karena akan terlihat terus oleh calon konsumen,sehingga barang atau produk kesempatan cepat terjual lebih besar. Karena jika iklan regular biasanya akan tertimpa oleh postingan member lain dan tidak terlihat lagi di halaman utama dan terbatas.

 

Cara Buat Situs Jual Beli ada dua cara yaitu ada yang Berbayar dan Gratis

1. Dengan Cara Berbayar

 
Cara pertama yaitu kita harus mempunyai domain dan hosting sendiri dengan mendapatkannya dari jasa perusahaan hosting. Cara ini memerlukan biaya sewa domain dan hosting biasanya pertahun atau tergantung lama kontrak.

 

Langkah membuat situs jual belinya adalah download CMS Osclass lalu upload ke server. Di beberapa penyedia jasa hosting pada softacolus installernya sudah tersedia Osclass sehingga instalasinya lebih gampang tinggal install cms tersebut melalui C panel dan setting. Untuk cara install CMS nanti akan di posting di kesempatan lainnya.

2. Dengan Cara Gratis

Cara kedua yaitu cukup dengan alamat email daftarkan ke Osclass dan situt jual-beli Anda sudah bisa dibuatkan. Cara ini cukup mudah Jika Anda pernah buat blog gratisan menggunakan blogger atau wordpeess tentu tidak mengalami kesulitan karena pernah tahu caranya hampir mirip seperti itu. Walaupun lebih mudah dan free kita harus rela ada sejumlah fitur yang dibatasi,misalnya masalah nama domain. Contoh kalau domain yang berbayar jualbelibarang.com tapi kalau yang gratisan dari osclas jadi jualbelibarang.osclass.org. Dan fitur yang di sediakan juga terbatas seperti jumlah upload gambar,pengaturan plugin dll.

Berikut cara membuat situs jual beli gratis dengan Osclass:

1.Silahkan kunjungi https://osclass.org/ scroll ke bawah dan cari osclss free site dan klik.
2.Di halaman tersebut terdapat daftar negara dan jumlah situs yang menggunakan Osclass. Lalu pilih Indonesia.
3.Silahkan klik try it free.

4. Silahkan isi dengan alamat email Anda buat password untuk login (jangan sampai lupa kalau perlu di catat), dan nama domain buat alamat situs jual beli Anda. klik create a free site.

5.Silahkan buka email untuk memvalidasi dan mengklik activate website. Selesai!!
 

6.Setelah itu silahkan login dan atur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hal yang perlu di perhatikan adalah pengguna situs ini di haruskan bertemu langsung karena tidak ada sistem rekening bersama.

Dan jika Anda akan serius buat situs jual beli Adalah tantangan persaingan dengan situs sejenis atau dengan toko online besar lainnya.

Baca juga : Cara buat toko online dengan wordpress.

Tinggalkan Balasan