Berbagi Pengalaman Cara Mendapatkan Pekerjaan.

Sudah hampir sepuluh tahun Saya bekerja di sebuah pabrik cokelat di KIIC Karawang Barat Jawa Barat. Senang dan sedih sudah dialami semuanya sebagai seorang pekerja. Berawal harap-harap cemas ketika masih pekerja kontrak dan sampai di angkat menjadi karyawan tetap yang boleh di bilang merupakan kebanggaan tersendiri. Dengan lama waktu tersebut mungkin sudah bisa dianggap betah dan senior kali ya. Enaknya sudah menjadi karyawan tetap kita tinggal bekerja sebaik-baiknya tanpa perlu memikirkan kontrak kerja akan berakhir. Tinggal fokus bekerja sebaik-baiknya dan akhir bulan dapat gaji dan seterusnya begitu. Dengan memperoleh pekerjaan yang layak saya alhamdulillah bisa menghidupi minimal untuk saya dan keluarga hingga saat ini.

Saya hanyalah lulusan sekolah menengah atas (SMA) tahun 2006 di Garut. Saya sama seperti anak lulusan SMA kebanyakan setelah lulus ingin rasanya untuk melanjutkan sekolah. Namun takdir berkata lain,karena ter kendala biaya akhirnya keinginan untuk melanjutkan sekolah pun terpaksa harus terhenti. Setelah diputuskan tidak akan melanjutkan sekolah rencana selanjutnya adalah mencari pekerjaan. Cara ini yang lumrah dan mudah untuk mendapatkan uang dan melanjutkan aktifitas. Habis bagai mana, mau buka usaha belum punya modal, bahkan mau jadi tukang ojek juga belum punya sepeda motor. Kembali menjadi seorang petani ?saya kira tidak ada bakat di profesi tersebut.

Namun mencari kerja tidaklah semudah yang saya bayangkan. Melamar pekerjaan sana-sini,kirim-kirim via pos dan hasilnya nihil bahkan kena setengah penipuan.

Disini Saya akan berbagi pengalaman dan akan berbagi tips bagaimana cara mendapatkan pekerjaan.

1.Manfaatkan Teknologi Informasi.

Pada tahun 2006 ketika saya mencari informasi lowongan kerja cukup kesulitan. Saya harus mendengarkan radio atau pergi ke pasar, sewa warnet dan beli koran hari sabtu untuk memperoleh informasi lowongan kerja. Namun sekarang kita bisa mencari lowongan dan melamar via smartphone cukup dirumah. Mungkin tidak semua orang tidak mempunyai smartphone namun masih bisa menyewa komputer di warnet karena harga nya cukup terjangkau.

Bagaimana cara mendapatkan Informasi Lowongan Kerja Via Smartphone Android?.

  • Lewat Google.Anda dapat langsung ketik di Google lowongan kerja yang di iginkan dengan kata kunci yang lebih spesifik misalnya saja ” lowongan kerja untuk SMA” DLL. Silahkan tambahkan dengan kata kunci lokasi yang di inginkan juga. Misalnya “lowongan kerja untuk SMA di Bandung” dan seterusnya.
  • Daftar via website penyedia informasi lowongan kerja misalnya Jobstreet.com. Dengan menggunakan situs ini kita akan mendapatkan informasi lowongan kerja di kirim via email yang sesuai dengan pencarian yang di inginkan.
  • Melalui aplikasi Android. Seperti jobstreet. juga sudah tersedia aplikasi di Play store. Dan banyak juga aplikasi serupa yang bisa Anda manfaatkan. Bisa mencari aplikasi dengan mencari di apliasi Play strore” aplikasi pencari kerja” atau dengan kata kunci yang di inginkan”
  • Melalui media sosial, seperti Facebook,tweeter dan lainnya. Bisa gabung di grup media sosial misalnya saja grup facebook lowongan kerja yang di inginkan atau grup facebook di daerah Anda. Untuk mencari grup lowongan kerja di fb misalnya cari saja di kotak pencarian fb ” lowongan kerja untuk SMA ” DLL.
  • Mencari informasi lowongan kerja via media cetak seperti koran. Cara ini termasuk jadul,namun masih bisa kita gunakan biasanya lowongan kerja perusahaan besar di informasi kan juga lewat media cetak. Perlu diketahui kita harus hati-hati memilah dan memilih lowongan kerja yang baik.

Perhatian!

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatas nama kan lowongan kerja yang informasinya di dapat melalui internet,pamplet dan selebaran lainnya.

2.Mencari informasi lowongan Kerja melalui Bursa kerja.

Selain mencari infromasi lowongan kerja melalui media baik itu media online atau offline. Tidak salahnya mencoba mencari lowongan kerja melalui bursa kerja yang di adakan oleh swasta,pemerintah ataupun oleh sekolah dengan bursa kerja khusus yang membuka kesempatan bagi pelamar umum. Di bursa kerja tersebut merupakan tempat berkumpulnya perusahaan yang sedang mencari pekerja jadi Anda dapat mengunjungi bursa kerja . Untuk mengikuti bursa kerja biasanya ada biaya yang harus di keluarkan sekitar 25-50 ribu rupiah tergantung even bursa. Jika Anda lulusan SMK biasanya tersedia BKK atau bursa kerja khusus manfaatkan fasilitas tersebut. Tips Cara Mendapatkan Pekerjaan lewat cara ini adalah:

  • Pilih Bursa kerja yang terpercaya misalnya perusahaan yang mengikuti bursa kerja tersebut merupakan perusahaan yang sudah ternama,atau bisa juga yang diadakan oleh pemerintah.
  • Datanglah pagi-pagi karena yang mencari kerja tidak sedikit.
  • Siapkan lamaran yang agak banyak dan siapkan berupa softcopy dan hard copy.
  • Pilih dan masukan lamaran ke perusahaan yang sesuai dengan kualifikasi agar tidak buang-buang surat lamaran.
  • Sabar karena pengalaman saya mengikuti bursa kerja berdesak-desakan.

3. Melamar Kerja via Yayasan Penyalur Kerja atau Outsourching.

Jika melamar kerja ke perusahaan langsung cukup sulit tidak salahnya mencoba cara ini. Yaitu dengan melamar kerja melalui yayasan penyalur kerja terlebih dahulu. Namun sekali lagi Anda harus berhati-hati melamar kerja via yayasan harus mencari informasi terlebih dahulu yayasan yang akan Anda melamar nya bagus apa tidak. Intinya adalah hati-hati dalam hal mengeluarkan uang ingat Anda mau cari uang buka untuk mencari uang. Yayasan atau penyalur kerja yang baik tidak memotong gaji Anda. Jujur saja saya mendapatkan pekerjaan lewat penyalur kerja dulu,dan alhamdulillah atas rejeki Allah saya bisa di terima di tempat sekarang saya bekerja. Cara Mendapatkan Pekerjaan lewat out sourcing ini yang sampai saat masih berjalan di perusahaan tempat Saya bekerja.

Padahal sebelumnya saya sempat trauma juga karena sebelumnya saya pernah jadi sekuriti di Bandung. Melalui penyalur jasa sekuriti udah mah biaya pendidikan yang mahal eh,gaji yang saya dapatkan kecil. Kerja delapan bulan serasa kerja bakti saja tidak dapat apa-apa. Jangan kan pulang kampung bawa uang malah tekor minta lagi sama orang tua. Itu lah perlunya hati-hati dalam mencari. Tapi itulah pengalaman yang saya alami jadi kedepan nya jadi lebih berhati-hati.

4. Cara Mendapatkan Pekerjaan selanjutnya adalah Kontak Teman atau Saudara Untuk Mendapatkan Informasi.

Jika Anda sekarang masih sekolah atau baru saja lulus namun belum bubar . Tidak salahnya meminta nomor kontak teman-teman Anda karena siapa tahu Anda nanti akan mendapatkan kerja atas informasi lowongan kerja dari teman Anda. Tidak sedikit saya mendengar teman mendapatkan kerja atas dasar lowongan kerja dari teman atau saudara Anda. Mungkin Anda pernah mendengar “silaturahmi meluaskan rezeki dan memperpanjang umur”. Nah oleh karena itu coba Anda kontek teman dan saudara Anda,kalaupun tidak mendapatkan informasi lowongan kerja setidaknya Anda sudah mempererat silaturahmi. Di zaman sekarang mudahkan untuk kontak dengan teman atau soudara jauh bisa lewat smartphone di media sosial.

5.Cara Mendapatkan Pekerjaan Yang realistis adalah Kerja apa saja dulu yang ada di sekitar yang penting halal.

Belum dapat kerja juga?. Mencari kerja memang susah namun tenang saja saya akan bagikan tips buat Anda yang sudah mencari kerja namun belum mendapatkannya juga. Yaitu dengan mengerjakan kerjaan yang ada di sekitar Anda. Sebelum ke tips saya akan menceritakan pengalaman Saya dimana waktu itu sudah melamar dan mencari informasi lowongan kemana-mana namun belum mendapatkan hasilnya.

  1. Pernah kerja jadi Kuli bangunan, ini adalah pengalaman kerja pertama saya. Setelah sekolah 12 tahun kerja akhirnya terjun kerja menjadi seorang kuli bangunan. Walaupun tenaga dan fisik kurang mendukung yang biasa memegang pena dan buku. Sekarang pegang pacul,manggul semen,angkat kayu balok,ngaduk semen pasir dan angkat barang berat lainnya. Berat memang dan tidak sedikit orang menyayangkan hasil dari sekolah saya selama 12 tahun lalu ujung-ujungnya jadi kuli bangunan juga. Bukannya untuk menjadi seorang kuli bangunan tidak perlu sekolah? saya coba untuk tidak menghiraukan ,saya terus kerja yang penting halal. Saya berharap Anda tidak mengalaminya. Tidak lama juga menjalani profesi ini sekedar untuk mencari modal untuk mencari kerja. Karena tidak di pungkiri mencari kerja butuh modal kan, minimal ongkos kendaraan umum,foto copy dokumen,buat pas foto dll. Semua itu pakai uang dan pas di takdir kan begitu lulus tidak punya uang sama sekali jadi saya setelah lulus mulai dari nol untuk mencari kerja. Jangan pilih-pilih pekerjaan apa lagi posisi sedang menganggur lakukan pekerjaan yang ada di sekitar dulu yang penting ada pemasukan tidak menyusahkan orang tua lagi.
  2. Pernah jualan bakso cuangki keliling meski cuma satu hari. Demi mendapatkan kerja apa saja saya lakukan yang penting halal dan saya akan mencobanya walaupun itu menurut orang diluar kemampuan yang saya miliki. Mungkin Anda pernah melihat di sekitar atau lewat di depan rumah tukang cuangki yang di tanggung. Kelihatannya ringan namun bagi yang terbiasa semakin lama, beban di pundak akan semakin berat.
  3. Pernah bekerja di pabrik kampas rem. Pengalaman kerja disini tidak lama hanya dua minggu saja,dikarenakan sistem borongan dan saya selalu dapat barang yang OK cuma sedikit. Tidak cukup buat biaya sehari-hari dan akhirnya saya putuskan untuk berhenti saja.
  4. Pernah jadi Sekuriti atau SATPAM( Satuan Pengaman). Pengamalan ini yang boleh dibilang ijasah SMA saya mulai di gunakan lowongan kerja itu bermula ketika mencari informasi lewat radio dan ada lowongan untuk pembukaan pendidikan sekutiri baru. Saya datang ke kantornya dan di jelaskan biaya pendidikan sekitar 3,5 juta. Pada waktu itu uang segitu cukup besar tepatnya kurang lebih tahun 2008 atau 2007 saya lupa lagi tepatnya. Di jelaskan juga gaji yang saya akan di dapatkan adalah Rp800 ribu rupiah penempatan di Bandung -jawa barat. Uang tidak cukup hanya ada setengahnya, sisanya bisa di cicil setelah kerja. Jadi setelah kerja gaji saya di potong sekitar Rp200 ribu rupiah. Ke bayang ga saya harus hidup di kota bandung dengan biaya 600 ribu. Pastinya kurang kerja serasa kerja bakti saja. Disitu saya berfikir memang saya salah mengambil jalan. Sekitar delapan bulan saya putuskan untuk berhenti bekerja dari situ dengan hati yang masih kesal. Ini adalah keputusan yang sangat di sayangkan saya merasa buang buang waktu,tenaga dan uang kerja disitu. Tapi hikmahnya adalah saya bisa mendapatkan pengalaman kerja dan pengalaman hidup yang sangat berarti dari pengalaman tersebut. Dan setelah saya berhenti menjadi sekuriti kembali lagi nol,kembali lagi menjadi seorang kuli bangunan untuk mendapatkan modal untuk cari kerja lagi.
  5. Pernah menjadi seorang sales regulator LPG meski hanya satu hari. Setelah dapat modal saya berangkat lagi ke Bekasi tepatnya di daerah Cibarusah. Seperti biasa saya nge bolang lagi untuk mencari kerja. Akhirya saya mencoba lowongan dari selebaran posisi lowongan kerjanya adalah sebagai staf marketing. Namun setelah saya mencobanya,kerjnya adalah sebagai sales regulator. Hari pertama saya dibawa-bawa keliling perumahan di area bekasi saya tidak ingat nama perumahan nya apa. setelah dicoba sepertinya saya kurang cocok jadi hari pertama dan terakhir kerja sebagai sales. Perhah kena setengah penipuan juga lewat informasi lowongan kerja lewat selebaran. Jadi ketika saya cari kerja di jalan ada yang ngasih selebaran dan datang ketemu dengan orang yang tertera di selebaran. Sampainnya di sebuah ruko di alamat tersebut salah satu syarat untuk di terima di perusahaannya harus beli salah satu produk. Di berikan beberapa pilihan misalnya setrika,dispenser dll. Dan karena saya butuh kerjaan saya beli setrika. Tak beberapa lama saya diberitahu cara kerjanya yaitu saya di suruh untuk menyebarkan selebaran atau pamplet tersebut jika ada yang datang nantinya saya harus melobi untuk bisa menjual produk yang tadi. Memang ini bukan penipuan tapi memanfaatkan lowongan kerja sebagai modus untuk berjualan. jadi buat Anda yang akan mencari kerja hati-hati saja.
  6. Bekerja di Pabrik cokelat dari 2010 hingga sekarang 2019 Setelah mencari kerja kesana kemari dan mencoba beberapa pekerjaan. Akhirnya dapat juga pekerjaan yang cukup bagus. Alhamduillah hampir sepuluh tahun bekerja disitu. Mendapatkan pekerjaan seperti ini bagi saya merupakan perjalanan yang panjang. Dan efek dari pengalaman-pengalaman yang sulit Saya jadi bersyukur dengan pekerjaan sekarang ini. Jadi menghargai pekerjaan dan profesi. Walaupun posisi saya sebagai operator dan belum sukses tapi ini adalah hasil perjuangan, jadi saya sangat menjaga dan menghargai hasil kerja keras saya. Saya bisa masuk ke pabrik cokelat ini dulu lewat out sourching dan atas izin Allah ,doa dan kerja keras akhirnya setelah 2,5 tahun baru diangkat jadi karyawan tetap.

Itu tadi pengalaman-pengalaman kerja saya dan Cara Mendapatkan Pekerjaan tersebut semoga bisa diambil hikmah terutama buat Anda yang sekarang ini sedang mengalami kesulitan cari kerja. Kerjakan pekerjaan yang ada saja dulu sambil berdoa dan beriktiar untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Dan beruntung bagi Anda yang sudah bekerja dan Anda sudah merasa nyaman di tempat kerja sekarang,jaga baik-baik pekerjaan Anda karena diluar sana masih banyak orang yang belum mendapatkan pekerjaan.

Berikut ini tips dari saya yang mungkin bisa menjadi ide bagaimana Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan melihat potensi di sekitar:

  1. Bekerja menjadi pengemudi ojek oflline atau online. Jika Anda mempunyai sepeda motor tidak salahnya mencoba menjadi seorang tukang ojek baik online atau offline. Walaupun sudah banyak yang sudah mempunyai sepeda motor tapi yang namanya usaha tetap harus di coba dari pada nganggur. Dan Mungkin untuk menjadi seorang driver online tidak semudah yang di fikirkan. Kita harus mempunyai kendaraan dan surat-surat lengkap terus mungkin juga banyak saingan untuk bisa diterima.
  2. Berjualan offline atau online dengan cara menjadi seorang Reseller atau drop shipper . Tips yang kedua yang bisa di coba adalah berjualan offline atau online. Produk yang dijual adalah milik orang lain terlebih dahulu atau lebih dikenal dengan menjadi seorang Reseller atau Dropshipper. Dengan berjualan cara ini resiko kerugian lebih kecil tapi keuntungan yang di dapat lebih kecil juga. Bisa berjualan secara offline atau offline misalnya secara online buka website toko online sendiri atau jualan di Marketplace.
  3. Lihat bakat dan potensi diri sendiri. Setiap orang mempunyai ketertarikan dan bakat tersendiri yang berbeda-beda. Lihat potensi yang ada pada diri Anda. Kira-kira potensi bakat diri apa yang bisa dibutuhkan oleh orang lain. Apakah suka menulis artikel,melukis,tenaga, olahraga dan lainnya yang bisa Anda tawarkan sehingga bisa memperoleh penghasilan.
  4. Menjadi seorang penulis artikel atau Youtubber. Jika Anda mempunyai komputer atau laptop dan kamera. Tidak salahnya untuk Membuat blog sendiri dan buat Channel Youtube jika memang serius bisa menghasilkan pendapatan juga. Namun dibutuhkan konsistensi dan kesabaran yang ekstra. Bagusnya mungkin cara ini untuk menghasilkan penghasilan tambahan. Atau memulai karir dengan cara ini semenjak dari sekolah. Karena dari pengalaman Saya menulis blog ini tidak langsung bisa menghasilkan butuh kesabaran. Baca juga : Persyaratan untuk menjadi seorang Youtuber.
  5. Menjadi Perkerjaan musiman dan menjadi penjual musiman. Cara ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghasilan dengan melihat potensi yang ada di sekitar

Ingin dapat pekerjaan!

Lakukan apa saja yang ada terlebih dahulu jangan melihat gaji kecil atau besar yang terpenting adalah halal dan bisa buat makan untuk sendiri. Hal itu adalah yang realistis untuk dilakukan jangan gengsi dan mudah menyerah. Jalan kesuksesan setiap orang berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan