Bayar Pajak Kendaraan Lima Tahunan di Karawang Dengan KTP Beda Domisili

Baiklah kali ini saya akan berbagi pengalaman yang mungkin bermanfaat untuk Anda karena sedang mengalamai hal yang sama. Ketika itu sepeda motor saya sudah saatnya untuk membayar pajak lima tahunan. Tidak seperti biasanya cara memebayar pajak kendaraan tahunan cukup bayar di samsat outlet terdekat selesai. Namun yang pajak lima tahunan ada pengecekan fisik kendaraan dan pergantian masa berlaku di plat nomor kendaraan. Jadi di haruskan ke Kantor Samsat asal pendaftaran untuk memperpanjangnya.

Lagi-lagi karena lain suatu hal saya tidak bisa pulang mudik. Lalu saya searching solusinya bagaimana bayar pajak lima tahunan tanpa harus mudik yaitu dengan pembayaran melalui samsat outlet. Saya coba sendiri dan berikut cerita pengamalan saya bayar pajak kedaraan (sepeda motor) lima tahunan tanpa harus pulang kampung.

Bayar pajak lima tahunan seperti di awal di disinggung di atas ada perbedaanya yaitu adanya cek fisik kendaraan beserta pergantian plat nomor kendaraan. Jika tidak memungkinkan untuk pulang kampung ialah dengan cara cek fisik di samsat terdekat. Lalu setelah cek fisik kendaraan bawa dokumen tersebut ke samsat di kampung halaman atau bisa juga kirim lewat pos (cara ini belum pernah saya coba). Di samsat daerah saya di legalisir lagi dan STNK Beserta plat nomor yang masa berlakunya baru selesai di buat.

Persyaratan dan langkah-langkahnya

Persyaratan yang diperlukan fotocopy masing-masing dua lembar atau lebih dan jangan lupa bawa pulpen buat isi formulir. Foto copy KTP Elektronik bawa juga yang aslinya. BPKB kendaraan di fotocopy bawa juga yang asli.

Siapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk cek fisik di Samsat terdekat. Pergi ke samsat terdekat di jam kerja dengan kendaraan sepeda motor yang akan dicek fisik,langsung ke bagian cek fisik kendaraan. Katakan ke petugas bahwa untuk cek fisik bantuan .

Ambil formulir lalu isi dan diberikan kepetugs lagi,untuk di cap nanti dipanggil dan akan diberikan 2 lembar stiker untuk menggesek nomor mesin. Jika cek fisik sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah pergi kebagian pengesahan untuk di cap dokumen hasil cek fisik tersebut.

Cek fisik kendaraan sudah selesai selanjutnya adalah bawa dokumen tersebut ke samsat di daerah asal Anda (foto copy jika perlu). Bisa dengan mudik atau kirim via pos (cara ini belum pernah saya coba) yang memproses bisa orang tua Anda atau kerabat terdekat. Kalau saya dulu pulang kampung sendiri tanpa bawa sepeda motor.

Di daerah asal,pergi ke samsat begitu sampai disana ,ambil nomor antrian untuk bayar pajak lima tahunan. Tunggu nanti dipanggil persiapkan persyaratan jangan lupa di fotocpy dan yang asli dibawa juga. Setelah dipanggil waktu itu saya diminta untuk dicap ke bagian pengesahan lagi hasil dari cek fisik bantuan tadi. Barulah setelah itu diproses bayar pajak tahunanan dan pergantian plat nomor. Beberapa lama STNK-pun selesai dan Alhamdulillah plat nomor juga selesai dengan masa beraku lima tahun.

Dengan menggukan fasiliatas cek fisik bantuan di samsat terdeka bayar pajak kendaraan lima tahunan lebih mudah dan lebih aman. Demikian artikel ini saya buat semoga bisa membantu, jika ada yang salah atau kurang bisa disampaikan lewat kolom komentar,terimakasih.

Tinggalkan Balasan