Bagian Dari Mesin Cuci Dua Tabung Beserta Fungsinya
Photo by Digital Buggu on Pexels.com

Bagian Dari Mesin Cuci Dua Tabung Beserta Fungsinya

Dengan perkembangan jaman yang sangat pesat tentunya berdampak positif dan negatif bagi kita, dan tentunya akan mempengaruhi gaya hidup kita sebelum dan sesudah pembangunan. Termasuk pola aktivitas yang kita lakukan. Dari yang antusias menjadi agak kikuk, dari yang agak loyok hingga loyok, dan dari yang malas menjadi malas dan lebih dari itu, malas menjadi lebih malas. Hidup Anda tidak berguna jika Anda malas.

Memang itulah dampak dari perkembangan teknologi. Yang membuat semua pekerjaan bisa dilakukan lebih mudah dan mudah. Termasuk proses mencuci baju yang awalnya menggunakan tangan, kini ada mesin cuci. Dan perkembangan mesin cuci tidak berhenti sampai di situ.

Saat ini ada dua type mesin cuci, mesin cuci satu tabung dan mesin cuci dua tabung. Dan mungkin nanti akan ada mesin cuci pakaian yang sekaligus menyetrika dan bisa dipakai oleh manusia. Ini tentu akan sangat membantu pekerjaan manusia untuk kesehariannya karna semua akan berjalan secara otomatis tanpa perlu di pantau seklaipun.

Namun saat ini mesin cuci dua tabung lebih banyak diminati, karena selain lebih panjang dan lebih awal dari mesin cuci 1 tabung, mesin cuci dua tabung juga bisa dibandrol dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, menurut ahli listrik, khususnya pekerja servis elektronik seperti saya, mesin cuci 2 tabung lebih mudah diperbaiki daripada mesin cuci satu tabung.

Bagi sobat yang semakin penasaran dengan suku cadang mesin cuci, kita sama-sama akan membahas tentang suku cadang mesin cuci tersebut.

Mesin cuci 2 tabung memiliki 2 bagian penting. Itu cukup. Yakni bagian mencuci, dan bagian pengering pakaian. Dan di bagian itu terbagi menjadi banyak bagian

Bagian dari mesin cuci pakaian di mesin cuci dua tabung:

Tabung cuci

Tabung merupakan bagian mesin cuci yang paling membedakannya dengan peralatan listrik rumah tangga lainnya. Tabung pada mesin cuci berfungsi untuk membalikkan pakaian dan air bolak-balik (mencuci pakaian) sehingga kotoran yang menempel dapat dialirkan keluar.

Di dalam tabung terdapat bagian yang dapat memutar pakaian dan pakaian yaitu kipas angin atau agitator yang langsung dihubungkan ke bOx Gear.

Kotak persneling

Seharusnya, gear box merupakan bagian yang memiliki gigi yang mengatur kecepatan putaran. Begitu juga pada mesin cuci, gearbox digunakan untuk meringankan putaran motor dengan bantuan bell fan (gearbox juga dilengkapi rubber seal yang berfungsi untuk mencegah kebocoran air pada bagian mesin.

Fan bel

Fan bell adalah karet yang berfungsi untuk mengalihkan putaran mesin menuju gearbox, selain itu bell fan juga dapat meringankan tenaga pada motor listrik (dinamo)

Mesin dinamo (motor listrik)

Tentu saja bagian mesin ini adalah bagian yang menghasilkan putaran. Adapun pengertian motor listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yaitu putaran. Satu unit mesin dinamo ini dilengkapi dengan kumparan, rotor dan stator, kapasitor, dan masih banyak lagi.

Sakelar pengatur waktu

Saklar ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan aliran listrik yang menuju ke motor listrik. Selain itu juga dapat berfungsi untuk mengatur aliran listrik sehingga motor dapat berputar maju mundur dan berhenti pada waktu yang ditentukan

Tabung pengering

Tabung pelurus disambungkan langsung ke mesin pengering sehingga tabung bisa berputar selaras dengan kecepatan mesin pengering. Dengan perputaran ini, air pada pakaian bisa lepas dari pakaian. Untuk melindungi air agar tidak mengalir di mesin, tabung dilengkapi dengan segel

Segel

Segel pada pengering berfungsi untuk mencegah air mengalir langsung ke mesin motor listrik.

Mesin dinamo (motor listrik)

Sama seperti pada mesin cuci baju, mesin pelurus berfungsi untuk menghasilkan belokan. Namun putaran mesin pengering tidak diperlambat oleh gearbox, oleh karena itu putaran mesin pengering selaras dengan tabung pengering.

Sakelar (timer)

Saklar disini berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik. Arus listrik secara otomatis akan terputus ketika waktu preset telah tiba.

Selain bagian utama, terdapat beberapa bagian penting lainnya yaitu:

Pompat air

Bagian ini berfungsi untuk mengalirkan air dari dan membuangnya ke selang pembuangan melalui katup pembuangan yang dapat ditutup dan dibuka dengan lotary dibagian atas beserta saklar (timer).

Itulah bagian penting dari mesin cuci dua tabung yang pasti ada jika ingin membeli mesin cuci dua tabung.

Setelah anda mengetahui bagian-bagian dari mesin cuci ini alangkah baiknya jika ilmu yang anda peroleh semakin bertambah, maka saya anjurkan anda membaca ini: cara memperbaiki semua kerusakan mesin cuci dua tabung dengan gambar terlampir

Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu permasalahan anda. Atas ketulusan Anda dalam membaca, saya ucapkan banyak terima kasih

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta di sebuah Pabrik KIIC Karawang. Selain kegiatan utama bekerja,saya juga suka nulis artikel di blog ini untuk berbagai pengalaman dan informasi. Blog ini juga merupakan media saya untuk saya ketertarikan lada duniah teknologi website.

Tinggalkan Balasan