Seseorang yang telah lulus sekolah SMA dan tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi biasanya adalah mencari pekerjaan. Walaupun ada sebagian orang untuk memutuskan berusaha sendiri. Entah itu berjualan barang atau pun membuka jasa dan sebagainya. Kalau mau usaha sendiri tentu harus punya modal terlebih dahulu. Lalu bagaimana jika kita memutuskan untuk mencari pekerjaan di Pabrik?. dan Bagaimana Gaji Kerja Di Pabrik?

Terutama hanya bermodalkan ijazah SMA atau juga melamar ketempat lain?

Berdasarkan pengalaman saya bisa coba melamar ke perusahaan swasta atau mencoba ikut seleksi pegawai negeri. Melamar untuk menjadi pegawai negeri atau BUMN tidak salahnya juga dicoba walau lowongan terbatas dan saingannya ribuan orang.

Jika melamar ke perusahaan swasta yang cukup favorit untuk melamar pekerjaan adalah ke pabrik.

Biasanya pabrik membutuhkan banyak karyawan dan untuk masa depan juga cukup baik. Lihat juga postingan saya tentang masa depan kerja di pabrik.

Keunggulan kerja di pabrik adalah bisa menjadi karyawan tatap,gaji yang sudah teratur dan kerjaan lebih ringan ,itu menurut saya dulu ketika sebelum mendapat pekerjaan.

Bagaimana Gaji Kerja Di Pabrik?Bisa di Pengaruhi oleh beberapa Faktor

Membicarakan bagaimana gaji kerja di pabrik menurut saya cakupannya cukup luas. Hal itu dikarenakan bisa di pengaruhi oleh beberapa hal.

Walaupun itu tidak menjadi acuan sebenarnya. Berikut hal hal yang akan mempengaruhi gaji kerja di pabrik atau PT.

Jenis sektor Pabrik

Jenis sektor pabrik setahu saya sangat berpengaruh terhadap gaji karyawan. Misalnya saja perusahaan yang memproduksi mobil,sepeda motor tentu akan beda gajinya dengan pabrik yang memproduksi pakaian. Otomatis selain gaji pokok akan berpengaruh terhadap tunjangan tunjangan lainnya. Jadi jika kamu ingin bekerja dengan gaji yang mungkin akan lebih besar bisa melamar ke sektor otomotif . Atau bisa juga kamu searching di google tentang sektor apa saja yang paling gede gajinya.

Lokasi Pabrik

Lokasi pabrik juga berpengaruh terhadap gaji karyawan,hal ini bisa dilihat setiap tahun pengumuman UMK ( umpah minimum kelayakan) provinsi atau kabupaten kota.

Jadi setiap daerah beda-beda gaji standar kelayakanya. Misalnya saja beberapa tahun terakhir UMK paling tinggi di Indonesia adalah di Karawang. Hal itu mungkin karena kawasan-kawasan bertaraf internasional ada di Karawang contohnya Kawasan Indistri KIIC.

Posisi penempatan dan Pendidikan

Posis penempatan dalam perusahaan cukup menentukan posis jabatan. Jika posisi cukup strategis penempatannya maka bukan tidak mungkin jabatan akan cepat naik. Otomatis itu juga akan berpengaruh terhadap gaji. Posisi juga menentukan tekanan dalam bekerja itu juga bisa jadi alasan untuk naik jabatan. Sedangkan posisi yang biasa biasa’ saja apalagi lulusan SMA harus sabar aja. Bekerja di pabrik posisinya tidak sama semua tapi terda6 beberapa departemen. Walaupun secara pendidikan sama, misalnya satu orang di bagian A dan satu lagi bagian B. Yang satu pegang mesin A dan satu pegang mesin B. Gaji pokok sama tapi terkadang dari segi tunjangan dll berbeda, itu sebagai info tambahan saja, belum lagi kalau pendidikan tinggi mereka bisa nego tentang gaji.

Gaji merupakan salah satu yang di rahasiakan dan cukup sensitif. Jadi walaupun bekerja dalam satu perusahaan yang sama dan pendidikan sama bisa berbeda.

Mulai dari penilaian pertahun dan tunjangan keluarga. Hal-hal seperti itu akan menjadikan gaji di pabrik juga berbeda-beda.