Arti C dan D dalam mutasi rekening BTN

Arti C dan D dalam mutasi rekening BTN

Postingan kali ini masih tentang tips dan informasi keuangan. Lebih tepatnya berjudul Arti C dan D dalam mutasi rekening BTN mobile.

Mungkin kamu sedang mencari informasi tentang apa sih artinya kode C dan D tersebut setelah cek mutasi rekening di buku tabungan dan di BTN mobile. Tanpa panjang lebar berikut penjelasannya.

Setelah cek mutasi rekening baik itu lewat buku tabungan atau melalui aplikasi contohnya di aplikasi BTN mobile. Kita bisa melihat transaksi baik itu dana masuk dan dana keluar dengan kode C dan D.

Saya kutip dari pakpahanrini

istilah Debit (D) dan Credit (C) dalam soal keuangan pertama kali ditemukan dalam pelajaran akuntansi dasar di sekolah menengah. Aturan yang paling kita ingat tentang keduanya adalah jika uang bertambah, maka masuk ke Debit, dan sebaliknya, uang berkurang artinya Credit.

Pakpahanrini.wordpress.com

Selanjutnya adalah mengapa di aplikasi atau di buku tabungan kita berlaku sebaliknya?.

Jawabanya adalah karena pembukuan dilihat dari sudut pandang Bank,jadi bukan nasabah. Uang yang kita setorkan atau dana masuk ke rekening kita bukan milik bank tapi milik nasabah. Dengan kata lain seolah bank berhutang kepada nasabah di di beri kode (C) Credit sedangkan jika uang kita keluar atau berkurang di beri kode (D) Debet. Itulah sebabnya juga,seolah- olah berkebalikan dengan pelajaran akuntansi.

Bagaimana apakah bisa memahaminya,jika belum faham coba cek saja di link pakpahanrini di atas.

Sekian postingan singkat saya kali ini tentang Arti C dan D dalam mutasi rekening BTN. Semoga bisa membantu dan Jangan lupa baca postingan saya yang lainnya ya. Salam dan terimakasih.

Baca juga: Cara melihat mutasi rekening di BTN mobile.

Wawan

Adalah Seorang Karyawan Swasta di sebuah Pabrik KIIC Karawang. Selain kegiatan utama bekerja,saya juga suka nulis artikel di blog ini untuk berbagai pengalaman dan informasi.

Tinggalkan Balasan