Aplikasi Yang Bermanfaat Untuk Karyawan BPJSTKU.

Jika Anda adalah seorang karywan swsta tentu tidak asing lagi dengan BPJS Ketenaga kerjaan. Dalam BPJS Ketenaga kerjaan tersebut meliputi empat program yang saya tahu yaitu, jaminan kecelakaan kerja,jaminan hari tua dan jaminan pensiun....

Jika Anda adalah seorang Karyawan Swasta tentu tidak asing lagi dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dalam BPJS Ketenagakerjaan tersebut meliputi empat program yang saya tahu yaitu, jaminan kecelakaan kerja,jaminan hari tua,jaminan pensiun dan jaminan kematian. Pada artikel kali ini bukan membahas lebih dalam tentang BPJS Ketenagakerjaan melainkan tentang aplikasi untuk mengecek tunjangan hari tua yaitu BPJSTKU. Dengan adanya aplikasi tersebut manfaat yang bisa kita gunakan adalah untuk mengecek informasi saldo jaminan hari tua (JHT).

Kalau dulu untuk melihat saldo jaminan hari tua biasanya dibagikan berupa slip untuk melihatnya,namun akhir-akhir ini tidak kasih lagi mungkin sudah dialihkan ke aplikasi tersebut.

Dan karena sudah lama tidak cek saldo JHT saya pun jadi penasaran,saya coba cari Play Store barulah ketemu aplikasi yang saya maksud yaitu BPJSTKU.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat Anda gunakan untuk mengecek saldo JHT dengan cara daftar terlebih dahulu dengan mempersiapkan alamat email aktif,nomor induk KTP Elektronik ,nomor kartu KPJ.

Silakan daftar terlebih dahulu dengan pilih pendaftaran pengguna BPJSTKU. Lalu ikuti sesuai dengan arahan aplikasi tersebut.

Karena pentingnya akun tersebut Anda sebaiknya jaga kerahasiaan alamat email dan passwordnya karena nanti akan digunakan untuk klaim JHT setelah berhenti bekerja atau sudah memasuki masa pensiun. Yang mana sepengetahuan saya untuk mengklaim JHT sekarang harus lewat aplikasi ini. Tetap nya e-klaim,setelah disetujui,lalu di print,bawa pesyaratannya dan datang ke kantor BPJSTK yang telah ditentukan untuk klaim saldo JHT nya.

Jika sudah berhasil Anda bisa login untuk masuk,lalu pilih “Lihat Saldo”. Dan beberapa saat saldo JHT Anda akan ditampilkan. Jika Anda memiliki lebih dari satu nomor KPJ Anda dapat menambahkannya dengan mengklik tanda plus>.tambahkan segmen PU (Penerima upah) dan masukan nomor KPJ Anda.

Berikut Layanan dalam aplikasi BPJSTKU :

  • Lihat saldo JHT
  • Simulasi
  • E-klaim
  • Kartu digital
  • Lapor!kecelakaan kerja
  • Info program
  • PLKK Mitra pelayanan
  • Informasi Kantor cabang.
  • Pelaporan.
  • Dan menu lainnya seperti notifikasi,berita,kontak dan info akun Anda.

Kendala yang pernah saya alami ketika daftar di aplikasi tersebut alamat email tidak terdaftar terus. Lalu saya coba di komputer baru berhasil daftar. Namun ada kendala lagi waktu itu seingat saya nomor pin aktivasi salah. Setelah di search lewat Google solusinya baru ketemu ialah dengan meng ubah password atau reset password barulah berhasil dibuka baik itu lewat komputer atau lewat aplikasi Android.

OK,sekian dulu postingan saya kali ini semoga berhasil cek saldo JHT dengan aplikasi BPJSTKU ….semoga berhasil.

Baca juga: Cara beli pulsa listrik menggunakan aplikasi BCA Mobile.

Tinggalkan Balasan