Apakah ada Samsat Online Garut untuk Bayar pajak kendaraan?

Mungkin Anda sedang mencari informasi mengenai Samsat online Garut lewat internet. Tujuan untuk mencari informasi tersebut adalah untuk cek pajak kendaraan online dan sekalian bayar pajak online.

Disini saya akan memberikan informasi tentang Samsat online berdasarkan sepengetahuan dan pengalaman saya.

Jadi jika ada yang salah silahkan dikoreksi.

Setahu saya situs atau aplikasi resmi samsat online Garut untuk cek pajak atau bayar pajak online belum ada. Tapi ada juga Samsat Mobile Jawa barat (SAMBARA). Jadi ,karena Garut termasuk wilayah Jawa barat juga, untuk cek pajak kendaraan dan bayar pajak kendaraan secara online bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Caranya bagai mana kang?

Caranya cukup mudah, detail panduan bisa di lihat di sayarat dan mekanisme e Samsat Jabar.

Secara singkatnya berdasarkan pengalaman seperti ini langkah-langkahnya:

  1. Kendaraan kita tidak dalam status blokir.
  2. Pembayaran di samsat mobile jabar ini untuk satu tahunan. Jadi kalau yang lima tahunan yang harus ada cek fisik dan ganti plat tidak bisa.
  3. Download dan buka aplikasi SAMBARA di Playstore.
  4. Cek pajak kendaraan dengan memasukan nomor polisi kendaraan kita.
  5. Dapatkan kode bayar dan simpan kode bayar, mau di sreen shot atau di tulis boleh.
  6. Lakukan pembayaran bisa lewat ATM (lihat bank yang sudah mendukung pembayaran e samsat jabar) kalau saya dulu pakai BCA. Atau bisa juga via tokopedia (namun saya sendiri belum pernah coba). Jika pakai atm nomor induk kependudukan (NIK) harus sama dengan NIK bank yang digunakan pembayanya.
  7. Setelah melakukan pembayaran misalnya lewat ATM ambil tanda bukti stor. yang mana tanda bukti stor teresbut nanti akan di tukar saat pengesahan STNK Baru.
  8. Setelah melakukan pembayaran,segera pergi ke Samsat terdekat atau Polsek yang mendukung pengesahan STNK. Lihat di mekanisme e samsat. Pengalaman saya dulu ada tenggang waktu setelah stor pembayaran jadi pastikan tidak terlewat lihat di bukti stor. Sebelum pergi ke Samsat terdekat atau Polsek yang mendukung pengesahan stnk pastikan bawa tanda pengenal E ktp dan bawa juga STNK yang akan habis masa berlaku(di foto copy).
  9. Saat di samsat terdekat atau Polsek,bilang saja pembayaran via online Sambara. Karena antreannya beda sehingga lebih cepat. Saya dulu tidak lebih dari 10 menit beres loh.
  10. Karena ini menyangkut dengan pembayaran uang jadi pastikan baca secara teliti di mekanisme e samsat.

Kesimpulan manfaat yang saya peroleh dari adanya e samsat mobile Jawa barat (termasuk samsat online Garut).

1.Pembayaran pajak jadi lebih mudah jadi tidak harus pulang kampung ke samsat asal pembuatan Stnk.

2.Cek pajak kendaraan di mudahkan lewat aplikasi sambara.

3. Tidak perlu antre lama karena sudah di data secara online. Dan banyak lagi.

Saya harap bisa menambah informasi untuk Anda yang sedang menacari info samsat online Garut.

Jika ingin tahu cara bayar pajak secara offline atau biasa ,baca postinga saya berikut : Cara bayar pajak kendaraan sepeda motor di Samsat Garut.

Perhatian!!!

Sekali lagi baca dengan teliti di apliaksi sambara,karena menyangkut pembayan jangan sampai ada yang salah. Terimakasih sudah berkunjung.

Sumber gambar: Bapenda Jabar

Tinggalkan Balasan