7 Tips Persiapan Ayah Menyambut Kelahiran

Alhamdulillah masih bisa update untuk postingan Saya kali ini yaitu tentang ” 7 Tips persiapan ayah menyambut kelahiran”. Postingan ini merupakan pengalaman Saya yang Alhamdulilah telah lahir dengan selamat anak pertama pada bulan Januari 2019. Lega rasanya telah lahir dengan selamat dan lancar kelahiran anak pertama karena sudah di tunggu-tunggu hampir sembilan bulan lamanya. Karena ini adalah pengalaman pertama Saya.

Baru tahu ternyata untuk menjaga calon bayi dan calon ibu sebelum lahiran dengan selamat merupakan perjuangan yang luar biasa. Tiba sampai hari H kelahiran yang membuat deg-degan dan nunggu lahiran itu sungguh menegangkan.

Apakah Anda juga sekarang juga akan menjadi calon Ayah? Dan mungkin sedang mencari-cari hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengawal calon Ibu beserta sang calon bayi lahir dengan selamat?. Berikut ini saya akan bagikan tips berdasarkan pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda atau sekedar info tambahan saja berikut.

7 Tips persiapan ayah menyambut kelahiran.

1.Segera cek kehamilan Setelah Menikah.

Tips Pertama jika Anda baru saja menikah dan berhubungan atau masih dalam proses, alangkah baiknya setelah dua minggu cek kehamilan menggunakan tes pack apakah sudah di kasih calon bayi atau belum. Mengetahui lebih awal kehamilan adalah lebih baik. Dan jika iya sudah positif segeralah untuk cek ke bidan terdekat. Pengalaman Saya tidak semua bidan aktif memberikan informasi hasil cek. Jadi saran saya sih kita harus aktif menanyakan setiap cek kehamilan Ibu dan calon bayi apakah baik-baik saja. Atau tindakan selanjutnya misalnya kapan harus di USG DLL. Pastikan juga cek kandungan secara teratur.

2.Berian makanan yang Sehat buat calon Ibu.

Kedua yang harus di lakukan oleh seorang calon ayah adalah asupan makanan untuk calon ibu berikan makanan yang sehat makan yang disarankan bisa bertanya ke Bidan saat cek up. Karena sedang hamil tentu butuh asupan Gizi yang bagus untuk calon bayi tenaga ekstra buat calon ibu nantinya. Dengan tujuan mudah-mudahan melahirkan dengan normal anak selamat ibu juga selamat. Ini dilakukan konsisten selama bulan-bulan kehamilan.

3.Persiapkan Perlengkapan Bayi.

Ketiga adalah persiapkan perlengkapan lahiran dan perlengkapan calon bayi hal ini dilakukan kalau sudah mendekati HPL atau hari perkiraan lahir calon bayi seperti baju-bajunya,handuk,kain dll. Walau pun yang belanja dan yang mempersiapkan sang Istri tidak salahnya Calon ayah juga tahu jadi nanti ketika dibutuhkan sudah tahu apa saja benda-benda tersebut. Masukan perlengkapan lahiran dan bayi tersebut ke dalam satu tas agak gede,agar nanti sudah mendekati HPL kalau urgent tinggal bawa tas tersebut.

4.Persiapkan Nama Bayi.

Ke empat ini tidak kalah penting yaitu mempersiapkan nama bayi mau di kasih nama apa. Hal ini dilakukan agar memberikan nama kepada calon bayi dengan tenang dan mungkin agar menghasilkan kesepakatan dari calon Ayah dan Ibu. Jangan sampai nanti terkesan terburu-buru memberikan nama kepada anak karena tidak di persiapkan dari awal.

5.Persiapkan atau rencanakan lahiran di mana.

Ke lima persiapkan juga nanti mau lahiran dimana cari yang terdekat atau sesuai dengan rujukan kartu BPJSNYA jika akan menggunakan layanan BPJS.

Baca juga: Cara menambahkan anggota keluarga (anak) ke dalam BPJS.

6.Persiapkan dana untuk lahiran.

Mungkin ini yang utama kali ya,melahirkan juga membutuhkan biaya sedikit atau banyak. Walaupun akan menggunakan layanan BPJS tetap kita harus mempersiapkan tabungan untuk perlengkapan dan biaya lahiran anak dan lainnya.

7.Kenali kondisi emergensi.

Hal ini bisa ditanyakan ketika cek rutin misalnya dalam kondisi genting atau emergensi misalnya tiba-tiba air ketuban pecah apa ciri-cirinya dan apa yang harus dilakukan. Dan lainnya bisa ditanyakan kepada ahlinya. Hal ini dilakukan jangan sampai sesuatu yang butuh penanganan cepat dan tepat malam kurang tepat tentu ini bukan hal yang di inginkan.

Itu tadi persiapan ayah menyambut kelahiran yang mungkin bisa menambah informasi untuk Anda. Selebihnya Anda bisa bertanya langsung kepada petugas kesehatan ketika Anda dan istri Anda cek kandungan. Jadi pada intinya adalah tidak hanya calon ibunya saja yang harus bersiap diri tapi calon ayah juga sama harus bersiap siaga. Agar nanti bayi lahir selamat dan ibu juga selamat.

Lihat juga tips lain di hallosehat yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan